6 Tips Mengganti Sebuah Filter Udara Motor Yamaha New Vixion Lengkap

Apakah anda pernah memikirkan untuk mengganti sebuah filter udara kendaraan bermotor yang anda miliki.? Aakah anda tahu apa efek dari tidak pernah melakukan pergantian dan berapa puluh ribu km dalam penggantian filter berkala agar mesin dari motor anda selalu awet saat digunakan.? Dan kali ini saya akan membahas hal tentang tips dalam mengganti sebuah filter udara untuk jenis motor yamaha new fixion lighning dengan yamaha new vixion advance yang dapat anda simak di bawah.

Di bawah ini saya akan  membahas alasan mengapa kita musti mengganti filter udara pada kendaraan bernotor pada umumnya..? Baiklah saya akan membahas tahap demi tahap.

Filter udara atau saringan udara pada motor dapat kita umpamakan dengan alat pernafasan pada tubuh manusia yang biasa disebut paru – paru yang misalkan kita terkena penyakit asma maka pastinya hidup kita tidak akan merasa nyaman terutama ketika bernafas yang bahkan yang akut dapat menyebabkan suatu kematian. Apakah anda merasa seram.? Begitu juga pada sebuah motor yang memang filter udara pada kendaraan biasanya hanya dianggap benda yang spele namun sangat berperan penting.

Segala jenis merek baik honda, Sizuki, Kawasaki, Yamaha atau lain sebagainya memiliki desain yang berbeda – beda namun pastinya fungsinya tetap sama yaitu sebagai alat penyaringan sebuah kotoran atau debu agar tidak masuk ke dalam bagian pembakaran dengan tujuan menjaga tenaga yang dihasilkan sebuah kendaraan.

Segala jenis merek baik honda, Sizuki, Kawasaki, Yamaha atau lain sebagainya memiliki desain yang berbeda – beda namun pastinya fungsinya tetap sama yaitu sebagai alat penyaringan sebuah kotoran atau debu agar tidak masuk ke dalam bagian pembakaran dengan tujuan menjaga tenaga yang dihasilkan sebuah kendaraan.

Filter atau saringan udara pada kendaraan kurang atau lebihnya memiliki kerja untuk meloloskan sekitar 60 hingga 70% udara yang masuk menuju ruang bakar dengan menyaring kotoran atau debu hingga 5 sampai 10 mikron. Untuk detail lebih jelasnya anda dapat memperhatikan gambar berikut ini:

Dalam pergantin Saringan Udara sendiri dari beberapa nara sumber yang saya ketahui dan saya baca menjelaskan bahwa setiap 20.000km semestinya sudah diganti dengan yang baru agar saringan udara pada motor tetap bekerja secara maksimal sehingga debu atau kotoran tidak akan dapat masuk ke bagian pembakaran namun faktor lingkungan dapat berpengaruh besar yang misalkan anda bertempat tinggalkan di daerah yang berdebu itu dapat memungkinkan anda untuk mengganti saringan udara di 10.000 km namun jika lingkungan tempat anda tinggal tidak berdebu maka gunakan sisstem sekali ganti di 20.000km

Tahukah anda pa efek jika anda tidak melakukan pergantian filter udara.?

Jika anda tidak melakukan pergantian maka motor anda dapat mengalami beberaoa masalah seperti keluarnya asap, pada ring piston serta silendernya akan terasa berat yang dikarenakan oleh kotoran atau debu yang masuk ke dalam bagian pembakaran dan dari beberapa informasi yang saya peroleh dari beberapa mekanik mengatakan bahwa debu yang masuk ke dalam ruang pembakaran sebesar 5 sampai 10% dan hal tersebut dapat membuat motor anda tidak dapat hidup.

Kesimpulanya :



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Pastinya anda sekarang lebih paham mengapa saringan udara penting untuk diganti apda kendaraan.? Tujuan dari pergantian saringan udara yaitu untuk menghambat sebuah kotoran atau debu yang akan masuk ke dalam bagian bakar dan hal tersebut dapat membuat motor anda tidak dapat hidup yang dikarenakan oli yang rembes dan masuk ke ruang bakar dapat menyebabkan piston serta silendernya menjadi berat dan tahukah anda penyakit kecil pada sebuah kendaraan yang jika tidak di tangani akan berpengaruh kepada bagian yang lainnya yang pastinya akan membuat anda mengeluarkan biaya lebih banyak untuk memperbaikinya.

Berikut saya akan membagikan toritoriak mengenai cara penggantian saringan udara pada motor new vixion.

Tips Memasang Filter Udara New Vixion

Sebelum anda mengganti saringan udara maka sebaiknya anda membelinya di deler resmi yamaha demi mendapatkan produk asli yang didesain khusus untuk motor  yamaha untuk produk orginal yamaha biasanya di jual dengan harga Rp.36.000 namun tergantung di daerah tempat anda tinggal.

Tahap ke dua lepas baut baut yang menghalangi tangki agara anda dapat mengangkatnya, baut yang berada di sayap kanan dan kiri beserta baut yang berada di tangki.

Setelah melakukan tahap kedua maka selanjutnya ke tahap ketiga dengan melepas sebuah kabel beserta saluran bahan bakar, agar lebih jelasnya anda dapat perhatikan gambar berikut ini:

Setelah kabel dan saluran anda lepas maka akan terlihat beberapa baut yang berada di box saringan udara dan lepas baut tersebut agar saringan dapat dilepas dan baut tersebut menggunakan obek Plus (+).

Setelah semua taghap tersebut sudah selesai maka kini langkah terakhir yaitu ganti saringan udaranya dan apabila semuanya selesai maka pasang kembali seperti semula.

Tahap terakhir pastikan anda memasang penutup box dan baut dan saluran serta kebel serta baut pada sayap dna jika anda masih merasa bingung dalam tahap – tahapnya maka saya menyertakan video toritorial yang dapat anda tonton sebelum mempraktekannya.[youtube https://www.youtube.com/watch?v=LUS8vzSEbZM]
Bagaimana.? Apa sekarang anda sudah dapat menggantinya.? Semoga apa y ang sudah saya tuiliskan dapat berguna bagi anda.

Artikel Terkait:

  • cara pasang filter udaara recing pada vixion (1)
6 Tips Mengganti Sebuah Filter Udara Motor Yamaha New Vixion Lengkap | iyhan | 4.5