Aki Kering Ngambek Karena Hutang? Ini Solusinya!

Aki Kering Ngambek Karena Hutang? Ini Solusinya – Sebenarnya bukan karena apa-apa, tentang persoalan dari aki kering yang bermasalah dan tekor karena hutang. Hutang disini bisa menjadi masalah ketika Anda meminjam uang terlalu banyak untuk hal-hal yang tidak penting, sehingga Anda sampai lupa tidak merawat aki motor Anda secara rutin. Akibatnya, aki motor bisa tekor, meskipun Anda menggunakan aki kering yang digadang-gadang tidak bisa rusak ini.

Baca Juga: Ini Jadinya Bila Kemunculan Motor Listrik Yamaha Waktunya Belum Pas

Aki kering

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak dan Bermasalah

Maka dari itulah, bila aki  kering Anda tekor dan bermasalah, kini kami punya solusinya! Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan dan peralatan penting untuk memperbaiki aki yang bermasalah ini. Beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk ini adalah sebagai berikut ini:

  1. Air aki atau zuur. Dalam hal ini, Anda harus membeli barang yang benar. Yaitu, air yang memang dipakai untuk mengisi air aki yang baru. Jangan membeli air yang biasa digunakan untuk menambah cairan pada aki motor.
  2. Obeng negatif atau pencukil. Sehingga, Anda bisa menggunakannya untuk membuka cover atas pada aki ini.
  3. Kain lap agar bila ada cairan yang telah tumpah dan menetes, maka Anda bisa membersihkannya dengan mudah!
  4. Suntikan tinta printer atau berupa jarum suntik agar Anda semakin mudah memasukkan air zuur ke box aki.

Cara Mengisi Ulang dan Memperbaiki Aki Tekor



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Siapkan dulu aki yang akan dibenahi, namun bersihkan dulu aki ini dari kotoran dan debu yang telah menempel dibagian body aki memakai air hangat. Sehingga, kotorannya bisa terlepas dengan mudah.
  2. Buka penutup atasnya dengan obeng negatif dan harus hati-hati. Jangan sampai pecah ataupun robek.
  3. Temukan tutup kecil yang berasal dari karet bulat, dan simpan.
  4. Suntikkan air zuur ke dalam setiap lubang aki yang ada dengan hati-hati. Setidaknya harus 1 cm dari lubang. Jangan sampai penuh proses pengisiannya.
  5. Bila sudah, langsung tutup lagi dengan rapat. Jangan sampai ada yang bocor.
  6. Posisikan penutup bodynya dengan tepat dan rapat.
  7. Kini aki Anda sudah siap untuk diisi daya.

Cara untuk pengisian aki ini bisa dilakukan dengan menghubungkannya dengan mobil atau motor yang telah menyala. Sehingga, aki baru ini bisa mendapatkan tegangan inject dari awal untuk proses starternya. Sedangkan, cara lainnya bisa dilakukan dengan cara mengecas memakai trafo cas dalam pengisian awalnya. Agar prosesnya lebih cepat.

Saat proses pengisiannya cukup, langsung pasang saja ke dalam motor Anda. setelah itu, lakukan starter motor agar mesinnya menyala. Bila sudah berhasil, maka diamkan saja dalam posisi stationer selama 15 menit. Sehingga, tegangan pengisian aki bisa lebih disesuaikan dengan baik.

Sebagai tips tambahan, sebaiknya saat membeli unit aki yang kering itu lihat dulu kode angka yang ada dalam stemper penutup aki atau dibagian atas body akinya. Kode ini adalah catatan dari pabrik yang sudah melakukan pengisian tegangan untuk pertama kalinya dari proses produksi. Misalnya saja dengan nomor 15.9.16, itu artinya aki ini diisi daya pertama kali dari pabrik di tanggal 15 September 2016.

Dari sinilah Anda bisa mengetahui berapakah usia dari aki itu dengan mudah. Sehingga, Anda tahu apakah aki itu tepat untuk Anda atau tidak.

Aki Kering Ngambek Karena Hutang? Ini Solusinya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5