Akibat Jika Tangki Bensin Motor selalu Kosong

Akibat Jika Tangki Bensin Motor selalu Kosong – Setiap kendaraan bermotor pasti butuh bahan bakar untuk menggerakkan mesin, dimana tempat untuk mengisi bahan bakar motor tersebut dinamakan sebagai tangki bensin motor. Bila tidak ada bahan bakar, maka motor tidak bisa bergerak. Namun sayangnya, banyak orang sering lalai dengan kebutuhan utama dari sebuah motor.

Akibat Jika Tangki Bensin Motor selalu Kosong

Entah dikarenakan lupa mengisi tangki bensin motor ini atau memang karena tidak ada dana yang tersisa untuk membeli bahan bakar, sehingga tangki motor menjadi sering kosong. Padahal, kebiasaan yang seperti ini tenryata bisa berakibat fatal sekali untuk motor Anda tersebut. yaitu, bisa terancam karatan, bisa membuat tangki bensin menjadi kotor, dan menjadikan komponen motor lebih cepat rusak.

Baca juga: Tips Membeli Motor di Olx Motor Bekas Malang

Di bawah ini adalah dampak bila Anda sering membiarkan tangki bensin motor Anda dalam kondisi yang selalu kosong, antara lain:

Pertama, bila Anda kerap sekali membiarkan tangki bensin Anda koosng, hal ini membuatnya lebih mudah karatan dan mudah sekali bocor. Umumnya, setiap komponen motor itu berasal dari besi, sekalipun di bagian tangkinya. Nah, kuda besi ini secara harafiah memang memiliki besi yang banyak. Terlebih bila motor Anda merupakan keluaran di bawah tahun 1985, dimana secara keseluruhan adalah berasal dari besi.

Padahal, secara alamiah, besi itu rentan sekali mengalami karatan. Maka dari itulah, bila tangki bensin motor ini selalu kosong, akibatnya bensin menjadi menguap ke dalam tangki bensin tersebut saat terkena paparan sinar matahari yang panas. Sehingga, hal ini membuat tangki bensin tersebut menjadi mudah sekali karatan. Nah, bila sudah berkarat seperti ini, hal ini membuat isi tangki tersebut menjadi mudah sekali bocor. Jadi, bila ini sudah terjadi, siap-saiap Anda harus selalu membawa sabun kemana-mana.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, perlu Anda ketahui pula bahwa tangki yang kosong itu bisa jadi sebagai rumah endapan kotoran yang ada. Maka dari itulah, jangan pernah kaget bila hal ini sering kali terjadi, mesin motor menjadi mudah sekali rusak dan gampang sekali macet. Uap yang berasal dari tangki bensin motor yang kosong ini nanti saat dingin akan mengumpulkan banyak sekali kotoran yang terdapat dalam tangki. Sehingga, hal ini akan membuat kotoran tersebut menjadi mengendap dan berpotensi menyebabkan kinerja motor menjadi terganggu.

Ketiga, lebih parahnya lagi adalah, kadang kala bila sering membiarkan tangki bensin motor ini kosong adalah bisa terjadi fuel pump yang rusak. Jadi, alat yang bertugas untuk mendistribusikan bensin ke semua mesin menjadi berisiko mengalami kerusakan.

Bila nanti indicator bensin Anda telah rusak, hal ini akan membuat tangki motor Anda menjadi berisi endapan kotoran tangki saja. Selain itu, di bawah dari tangki bensin Anda nanti akan ada seperti alat untuk mendistribusikan bensin ke dalam mesin yang namanya adalah fuel pump. Bila alat ini dipenuhi dengan endapan yang berasal dari tangki itu, hal ini membuat fuel pump menjadi ngadat dan rusak.

Ke-empat, hamper sama sepert penyakit kanker. Kerusakan yang terjadi ini bisa juga menjalar hingga ke injector dan karburator. Yaitu ke bagian system pengapian motor. Jadi, bila fuel pump telah rusak, hal ini akan berdampak buruk sekali bagi kondisi motor Anda tersebut. karena hal tersebut nanti akan menjalar sampai dengan ke pengapian, yaitu di bagian injector dan karburator.

System pengapian itulah yang nantinya bertugas untuk membakar uap bahan bakar minyak tersebut menjadi sebuah tenaga, dimana nantinya bisa digunakan untuk menggerakkan mesin motor.

Kelima, lebih parahnya lagi adalah bila Anda sering membiarkan tangki bensin motor kosong, bensin motor menjadi lebih boros dari biasanya. Karena motor harus bisa mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk membakar mesin motor.

Akibat Jika Tangki Bensin Motor selalu Kosong | Sinta Rizki Fadila | 4.5