Alasan Harus Memilih Pertamax daripada Premium

Alasan Harus Memilih Pertamax daripada Premium – Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemakai kendaraan adalah adanya kenaikan dari harga bahan bakar premium. Karena kenaikannya inilah membuat kebanyakan kendaraan beroda 2 semuanya menjadi beralih menggunakan pertamax. Padahal, dulu mereka lebih suka memakai premium. Namun meskipun begitu, tetap saja ada banyak alasan harus memilih pertamax daripada premium bagi pengendara kendaraan bermotor.

Alasan Harus Memilih Pertamax daripada Premium

Nah, kali ini, kami akan berikan sedikit informasi tentang alasan harus memilih pertamax daripada premium bagi kendaraan bermotor, antara lain:

Baca juga: Akibat Jika Tangki Bensin Motor selalu Kosong

Sebelum kita bahas tentang alasan harus memilih pertamax daripada premium, maka sebelumnya kita pahami dulu tentang apa itu yang dimaksud dengan premium dan juga pertamax.

Premium adalah salah satu bahan bakar minyak yang berjenis distilat dan warnanya kekuningan yang jernih. Di dalam bahan bakar yang satu ini terkandung oktan sebesar 88. Selain itu, premium ini juga memakai pewarna dye dan bisa menghasilkan NOx dan Cox yang lebih banyak jumlahnya. Umumnya, bahan bakar yang satu ini kerap sekali dipakai untuk kendaraaan beroda dua. Hal ini dikarenakan harga jualnya sangat terjangkau.

Tak heran bila ada banyak orang memilih bahan bakar yang satu ini. Karena harganya sangat pas di kantong semua orang.

Pertamax merupakan bahan bakar yang berasal dari penambahan zat aditif ke dalam proses pengolahannya. Zat aditif ini nanti yang akan membuat pembakaran menjadi jauh lebih sempurna. Dengan begitu, proses pencampuran untuk bahan bakar dan udara yang telah masuk ke dalam ruang bakar menjadi jauh lebih sempurna.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Di dalam kandungan pertamax ini terdapat oktan sebesar 92 dan itupun tanpa adanya timbal. Dengan begitu, bahan bakar pertamax ini mampu menghasilkan gas buang yang jauh lebih ramah lingkungan dari premium.

Anda bisa melihat sendiri tentang letak perbedaan di antara keduanya. Sehingga, Anda akan tahu seperti apakah alasan harus memilih pertamax daripada premium yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam memilih salah satu di antara bahan bakar minyak yang dijual sekarang ini.

Pertama, bila dilihat dari harga jualnya, premium memang lebih unggul. Karena harga jualnya jauh lebih terjangkau. Sedangkan pertamax memiliki harga jual yang lebih mahal dari premium.

Kedua, premium memiliki kadar oktan sebesar 88. Sedangkan pertamax memiliki kadar oktan sebesar 92.

Ketiga, premium sayangnya masih memiliki kandungan timbal. Sedangkan pertamax sudah tidak ada timbalnya. Sehingga lebih unggul pertamax.

Ke-empat, premium ini masih memiliki kandungan gas karbondioksida disaat pembuangan. Sedangkan pertamax memiliki gas pembuangan yang lebih rendah dan juga lebih ramah lingkungan. Ini juga yang menjadikan salah satu alasan harus memilih pertamax daripada premium.

Lebih lengkapnya akan kami jelaskan tentang kelebihan memakai bahan bakar pertamax dibandingkan menggunakan premium, antara lain:

  1. Proses pembakaran pertamax jauh lebih bagus dan sempurna. Sehingga, bila digunakan bisa menciptakan tenaga yang jauh lebih besar untuk kendaraan bermotor Anda.
  2. Bisa membuat ruang bakar kendaraan bermotor bisa menjadi lebih bersih.
  3. Bagi pemakai mesin injeksi, maka proses perawatannya menjadi jauh lebih mudah. Hal ini dikarenakan lubang intake nya sekarang ini sudah menjadi jauh lebih bersih dari pada memakai bahan bakar premium.
  4. System kompresinya menjadi jauh lebih sempurna, sehingga bisa membuat suara mesin terasa lebih halus.
  5. Gas buangnya lebih ramah terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan tidak ada timbalnya.

Intinya, sekalipun premium aman digunakan, namun lebih baik bila Anda menggunakan pertamax.

Alasan Harus Memilih Pertamax daripada Premium | Sinta Rizki Fadila | 4.5