Alasan Mengapa Motor Gede Harga Mahal Banget di Indonesia

Motor Gede atau biasa juga disebut dengan Moge kini sedang ramainya di Indonesia yang pastinya kren, gagah, maco, futuristik dan yang paling utama memiliki kesan yang berkendara berbeda dengan motor pada umumnya. Para pengendara atau pemilik moge pada umumnya di pandang orang bahwa pemilik hanyalah orang – orang yang sukses karena sudah mampu membeli motor gede yang tergolong sangat mahal.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Ketika diperlakukan hal mengenai kenaikan pajank atas penjualan suatu barang mewah (PPnBN) yang pada awalnya 75% meningkat menjadi 125% pada tahun 2014 silam. Dengan adanya hal tersebut tentu saja mengakibatkan harga moge yang masuk ke Indonesia menjadi sangat mahal.

Harga Motor Gede mengalami peningkatan hingga 3 sampai 4 kali lipat dari negara asalnya sejak kenaikan tersebut, sebagai contoh misalkan motor jenis harley davidson sportster iron 883 di Amerika Serikat memiliki bandrol 115jt namun di Indonesia menjadi 400jt, namun sebelum kenaikan pajak berlangsung harganya hanya 200jtan.

Saat ini sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai harga jual moge di Indonesia memang tegolong sangat mahal namun beberapa pengguna yang sangat menginginkan jenis motor yang memiliki kubikasi mesin besar. Dan artikel kali ini saya akan membahas alasan mengapa motor gede memiliki haraga yang mahal

Nilai Pajak

Pajak merupakan penghasilan suatu negara terutama negara Indonesia. Pada saat ini Moge di Indonesia belum terlalu banyak dibuat yang mungki dikarenakan oleh belum adanya CMIIW. Pada saat ini ada banyak APTM yang harus mengimport dari beberapa negara tetangga sehingga menyebabkan harga dari motor Gede mengalami kena pajak hingga tiga lapis. Dan apa saja yang termasuk dari pajak tiga lapis tersebut.? Yang pertama merupakan pajak bea masuk negara selanjutnya pajak penjualan dan yang terakhir pajak penjualan dari barang mewah. Dan besarnya pajak tersebut telah disetujui oleh pihak pemerintah yang diantaranya di bawah ini:

Peraturan dari pemerintah (PP) nomor 22 tahun 2014 menyerupai pajak dari penjualan suatu barang mewah atau PPnBM sebesar 125%

Peraturan Menteri Keuangan pada no. 90/PMK.03 2015 mengenai hasil dari penjualan barang yang mewah sebesar 5%.

Dan peraturan Menteri Keuangan no.132/PMK. 10 2015 mengenai bea masuk barang jenis import. Kendaraan motor roda 2 yang tergolong ke jenis mewah sebesar 50%

Seperti yang anda baca di atas mengenai 3 peraturan yang jika dijumlahkan 125%+5%+50% maka menjado 180%. Dan total pajak tersebut menjadi lebih besar dari harga motor tersebut bahakan melebihi harga hampir tiga kali lipat dari harga motor aslinya. Itupun masih kurang dan belum ditambahkan dengan pajak daerah atau bea pajak masuk daerah dan biaya distributor serta bea pengurusan surat surat kendaraan.

Contohnya misalkan anda ingin membeli sebuah kendaraan Moge yang memiliki harga 100jt dan selanjutnya ditambahkan dengan pajak bea barang mewah 125% maka totalnya menjadi 235jt dan ditambah lagi dengan bea cukai senilai 50% menjadi 285jt dan pajak penjualan yang nilainya 5% maka harganya menjadi 290jt yang pada awalnya hany 100jt dan bea tersebut belum ditambahkan dengan bea urus surat – surat kendaraan anda.

Biaya Risetpun Memakan Banyak Dana

Riset dilakukan dengan tujuan mencari produk yang benar – benar anda inginkan selaku konsumen, sehingga jenis kendaraan merupakan jenis yang benar – benar diinginkan oleh pembeli dengan indikasi seperti desain bentuk atau motif body serta kecepatan ada mesin  yang kencang yang memerlukan biaya mahal. Dalam menciptakan suatu barang tentunya ATPM perlu melakukan sebuah proses riset di lapangan langsung dan pastinya membutuhkan biaya yang besar.

Barang kirim/Import

Saat ini mungkin belum adanya produk Motor Gede yang murni dibuat di dalam indonesia dan kebanyakan dari Motor Gede dikirim dari CBU atau yang biasa dikenal dengan sebutan Complete Buit Up yang pada akhirnya ketika motor tersebut masuk ke Indonesia dikenakan dengan pajak yang lumayan besar terlebih apabila jenis barang tersebut tergolong ke dalam jenis barnag yang mewah. Jika saja produk Moge dibuat di dalam negeri pastinya akan memakan biaya yang tidak begitu besar dan pastinya akan membuat konsumen lebih gampang dengan kualitas menyerupai produk dari luar negeri.

Sparepart Yang digunakan Tidaklah part Sembarangan

Pastinya buat pemilik Motor Gede tau bahwa jenis onderdil yang digunakan bukanlah onderdil yang sembarang yang sangat gampang ditemukan di bengkel – bekel dengan cara yang mudah apalagi jenis onderdil yang menyangkut dengan keamanan berkendara yang misalkan Rem, Velg, Sok atau onderdil  penunjang yang lainnya, Ditambah lagi Moge yang sudah disertai dengan pralatan elektronik yang canggih contoh traction control dll. Bagi anda yang ingin membeli Motor Besar tersebut sebaiknya dipertimbangkan lagi bagaimana jika motor anda mengalami kerusakan.?

Banyaknya Produksi

Jumlah dari produksi dapat menyebabkan meningkatnya harga jual, karena moge yang beredar jumlahnya sedikit di bandingkan dengan jenis motor pada umumnya seperti bebek, Motor Sport dan Matic. Moge memang sengaja diproduksi dalam jumlah yang sedikit karena sengaja dibuat hanya untuk kelas atas.

Gengsi atau Hobbi

Gengsi dan Hoby dapat membuat sesorang berambisi dalam menginginkan suatu produk seperti Motor Besar demi mendapatkan kepuasan tersendiri lebihnya lagi ketika seseorang yang ingin merasakan memiliki Moge. Sehingga untuk menjaga Gengsi tersebut maka pabrik membatasi jumlah produksi barang tersebut yang hanya di produksi dalam jumlah beberapa saja di seluruh dunia. Sehingga ketika seseorang yang dapat memiliki jenis motor terebut akan merasakan gengsi yang cukup besar dikarenakan jumlah atau jenis barang (Motor) yang tergolong langka.

Kurs Nilai Mata Uang

Yang terakhir nalai kurs mata uang dapat menyebabkan meningkatnya harga dari Moge yang misalkan produsen dari Thailand, Itali atau jepang memiliki nilai kurs mata uang maka pastinya harga moge akan mahal dikarenakan nilai Kursnya lebih besar dari Rupiah namun akan tetapi jika Rupiah berada di atas atau nilainya lebih besar maka moge tidaklah menjadi mahal.

Itulah alasan mengapa nilai haraga Moge atau motor besar begitu tinggi dan untuk anda yang ingin membeli moge sebaiknya berfikirlah terlebih dahulu namun tidaklah masalah bagi anda yang memiliki uang yang cukup banyak dan sangup dalam merawatnya. Sekian dari artikel kali ini dan apabila ada kekurangan anda dapat menambahkannya di bagian komentar dari Website ini

motor trail yang enak
Alasan Mengapa Motor Gede Harga Mahal Banget di Indonesia | iyhan | 4.5