Apa itu Motovlog atau Motovlogger dan Bagaimana Memulainya

Baru baru ini kurang lebihnya pada awal tahun 2016 kemunculan para motovlogger indonesia mulai cukup banyak  , walaupun tidak terlalu banyak namun cukup lah ,bagaimana dapat tahu dari perkembangan motovlog atau motovlogger di indonesia semakin bertambah . Sebenarnya cukup simple yaitu dari melihat group di social media seperti facebook Motovlog Community Indonesia, di dalam group tersebut kurang lebih sekitar ada dua ratysan motovlogger di indonesia.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Motovlog Community Indonesia merupakan salah satu dari komunitas para rider atau pengendara moto yang menyukai kegiatan dari motovlog yaitu merekam video dengan camera action yang diletakan diatas sepeda motornya.  Di dalam komunitas tersebut anda dapat membagikan url da rivideo hasil rekaman url video anda atau channel youtube motovlog anda kepada kawan – kawan lainnya di dalam komunitas tersebut. Harapan dari komunitas motovlogger sendiri yaitu dapat menjadi tempat untuk saling berbagi serta saling mendukung antara satu sama lain.

Apa itu Motovlog atau Motovlogger…?

Seperti yang sebelumnya telah saya jelaskan yaitu motovlogger adalah video yang telah direkam dengan menggunakan kamera khusus atau kamera action seperti salah satunya kamera go pro, kamera drift , kamera xiaomi yi dan lain sebagainya. Dimana orang yang sedang berkendara atau mengendarai motor tersebut dan merekam segala aktifitasnya ketika berkendara maka disebut dengan motovlogger.

Singkatan motovlogger atau motovlog adalah Moto = sepeda motor, vlogger = orang yang merekan kegiatannya  , kegiatan bisa menceritakan segala hal hal yang dilakukan diatas motor, atau mungkin membuat tutorial cara memperbaiki atau modifikasi motor, tips tips dalam berkendara , intinya membicarakan segala sesuatu yang memiliki hubungan dengan motor.

Untuk motovlogger terbagi menjadi dua jenis yaitu motovlog yang berbicara diatas motor dan melakukan vlogging namun ada juga yang tanpa berbicara , jadi hanya aktifitas ridingnya saja yang direkam seperti Royal Jordania dimana si Royal Jordania yang hanya mereka daily rider activity, namun ada juga motovlogger yang melakukan kedua duanya.

Apa sih dan Tujuan Dari Membuat Motovlog dan Mengapa Harus Menjadi Motovlogger..?

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa point , sehingga akan memudahkan anda dalam mendapatkan gambaran sebelum mengambil keputusan untuk menjadi seorang motovlogger. Berikut ini hanyalah opini saya pribadi dan alasan saya mengapa saya ingin menjadi seorang motovlogger. .

1. Pengguna Motor Indonesia Ada Banyak

Dapat dilihat melalui pertumbuhan sepeda motor di indonesia setiap tahunnya atau para pengguna motor di indonesia selalu mengalami peningkatan ,hal ini pastinya jika saja kita membuat sebuah channel youtube yang membahas sepeda motor tertentu atau mungkin kita paham mengenai masalah masalah pada motor maka kita dapat sharing melalui atau menggunakan channel video motovlogger youtube yang miliki masing – masing atau chanel yang akan kita buat dengan begitu akan membantu para pengguna motor yang baru , umumnya para pengguna sepeda motor baru belum terlalu memahami atau tahu mengenai masalah masalah yang sering dialami pada sepeda motor baru maka dengan melihat atau menonton channel youtube motovlogger maka pastinya akan lebih mudah untuk memahaminya dan juga menambah wawasan yang sekaligus ilmu pengetahuan tentang otomotif, makanik, dan lain lain

2. Melampiaskan Hobbi

Melampiaskan hobby merupakan alasan paling kuat bagi saya pribadi untuk menjadi seorang motovlogger yakni ingin melampiaskan hobi pada motor , ibaratkan motor sudah kayak teman hidup, kemanapun kita pergi dan dalam kondisi apapun baik siang atau malam, sore atau pagi ,hujan atau panas ,mendung dan aneka cuaca lainnya yang selalu menemani . Melakukan hal apapun yang berdasarkan hobi dan mampu mendatangkan duit pastinya sangat indah, begitulah tekat dan niat mengapa saya ingin sekali menjadi motovlogger , dengan menjadi seorang motovlogger harapannya dapat membuat sebuah video yang dapat membantu orang serta bermanfaat untuk banyak orang dan mendapatkan dollar dari youtube adsense.

3. Membangun Kepercayaan di dalam dunia internet

Ketika anda dapat membantu orang lain , video yang anda buat biasanya akan diangap akurat dan terpercaya karena dapat memberikan sebuah informasi yang berguna bagi para penonton chanel youtube anda. Selain itu dengan anda harus konsisten dalam membuat video motovlog yang berisikan informasi yang dapat bermanfaat maka chanel anda akan di anggap sebagai ahlinya , dengan begitu anda semakin terkenal dan pastinya dipercaya oleh banyak orang. Contoh chanelnya “Gondes motovlog” dll

4. Jaringan atau Teman Akan Bertambah Banyak

Manfaat yang lainnya jika anda dapat menjadi seorang motovlogger atau motovlog yakni memperoleh jaringan teman yang lumayan banyak. Jika anda dapat membangun channel youtube dengan konsisten dan dapat memberikan atau membuat sebuah video motovlog yang berkualitas, unik dan juga bermanfaat pastinya akan semakin banyaknya viewers yang akan anda peroleh dan juga subscripe channel youtube anda akan meningkat , jadi buatlah sebuah chanel youtube yang tergolong unik dan berbeda dengan beberapa channel youtube motovlogger lainnya.

5. masih banyak lagi yang lainnya.

Dari Mana Anda Harus Memulai Untuk Menjadi Motovlog atau Motovlogger?

Untuk awal awalnya memulai menjadi motovlogger mamang membutuhkan banyak biaya, hobi motor itu sama saja dengan hobi orang kaya dan bagi anda yang baru saja memulainya atau ingin menjadi motovlog atau motovlogger berikut ini akan saya jelaskan sekilas panduannya.

1. Tentukan Kemana Tujuannya

Sebelum membuat motovlog pastinya tentukan tujuan apa dalam membuat motovlog tersebut..? Hal ini pastinya begitu penting ,jika anda tidak mempunyai tujuan yang jelas pastinya video motovlog anda akan jelek, tidak mempunyai arah dan akan bingung mau bikin video motovlog seperti apa ditambah lagi tidak akan konsisten upload video motovlognya.

Bukan hanya jadi bloger saja yang membutuhkan waktu yang banyak  , namun ngevlog juga membutuhkan waktu yang panjang, biaya,tenaga dan juga pikiran, jadi jangan sampai semuanya kandas di tengah jalan karena anda tidak mempunyai tujuan yang jelas. Kalau saya pribadi tujuanya yakni ingin menjadi motovlogger karena saya ingin berbagi sebuah pengalaman dibidang otomotif ,ngeblog,dan pastinya adalah dapat menghasilkan uang dari hobi saya sendiri atau dari menjadi motovlogger.

2. Pilih Nama Channel Youtube

Pemilihan nama untuk channel youtube ini memiliki tujuan agar pengunjung yang menonton atau  melihat video anda menjadi langsung ingat pada pandangan pertama yang apa bila video anda dianggap bagus maka para pengunjung tersebut akan melakukan share ke beberapa akun sosial media mereka seperti salah satunya facebook,twitter atau google plus. Pemilihan nama untuk channel ini bebas , asalkan terlihat unik dan pastinya mudah untuk dihapalkan. Jika saya pribadi pemilihan menggunakan nama yaitu gondes motovlog  dikarenakan ada saran dari teman komunitas ,dalam pemilihan  nama channel motovlog tersebut menurut saya pribadi cukup unik dan saya memutuskan untuk menggunakan nama tersebut.

3. Pilih Jenis Camera Action

Selanjutnya setelah anda selesai memilih nama channel youtube anda  , maka untuk langkah selanjutnya yaitu memilih jenis camera action yang akan anda pergunakan untuk proses menjadi vlogging ,beberapa pilihan dari sekian banyak yang digunakan untuk motovlogging atau motovlogger yakni go pro hero 4 silver, camera drift, xiaomi yi,dan lain lain. Untuk aksesoris tambahannya seperti waterfroot,kemudian microphone, dan moutingnya

Xiaomi Yi harga 3.000.000

Action Camera Drift HD Ghost harga 1.000.000

Go Pro Hero 4 Silver harga 5.000.000

4. Untuk kelebihan dan juga kekurangan dari masing masingnya nanti akan saya akan bahas pada artikel berikutnya

5. Pilih Jenis Motor

Bagi anda yang belum mempunyai motor pastinya anda harus membelinya  dahulu, motor baru ataupun motor bekas juga bisa. Tidak diharuskan mempunyai motor baru yang paling penting adalah konten di dalam rekaman video yang anda sajikan itu harus bersifat unik, menarik dan juga bermanfaat. Dalam penggunaan motor untuk motovlog ini bebas ,mau motor bebek , matic, sport, moge dan lain sebagainya , jika anda mempunyai uang banyak anda dapat membeli motor dua silinder seperti ninja 250  atau yamaha r25,atau lain sebagainya namun jika uang minim maka anda dapat membeli motor bebek yang menggunakan satu silinder atau motor sport yang satu silinder,semuanya tergantung dari pilihan dan juga selera anda.

6. Memilih Jneis Helm

Selanjutnya dalam proses pemilihan helm yang akan anda gunakan juga sangat penting, tujuan dari membeli helm tersebut yaitu agar lebih safety dan dapat dipasangkan camera action , untuk jenis helm supermoto biasanya agak sulit untuk pemasangannya khususnya pada bagian depan atau moncongnya. Anda dapat bebas memilih helm , helm jenis motorcross, half face, full face atau mungkin helm supermoto seperti jenis helm yang saya gunakan .

7. Editan Video

Dalam proses pembuatan video untuk motovlog, hasil akhirnya yaitu sebuah video yang telah digabungkan dalam bentuk satu video saja , orang biasanya menyebutnya dengan istilah rendering. Rendering ini merupakan proses menggabungkan dari banyak video mejadi 1 video yang sudah diedit. Dalam proses pengeditan video motovlog yang biasanya cukup memakan waktu lama . Beberapa software yang dapat anda gunakan untunk melakukan editan video ada banyak sekali dan salah satunya seperti adobe premiere, sony vegas , wondershare filmora , dan lain sebagainya.

8. Mulailah Membuat Video Untuk menjadi Motovlogger

Jika anda telah mempunyai channel youtube , maka hal yang paling utama uaitu membuat atau mulai mengisi channel youtube tersebut dengan video yang anda buat sendiri diatas motor , merekam aktifitas ,dan lain sebagainya yang sesuai dengan topik atau tema yang anda rencanakan sebelumnya.

9. Membuat playlist Youtube atau daftar topik pembahasan.

Hal ini juga sangat penting,di channel youtube anda dapat membuat sebuah playlist channel untuk mengelompokan jenis video video yang akan anda buat dan masuk dalam kategori apa, jadi playlist tersebut hampir sama dengan kategori.

10. Audio Microphone

Untuk anda yang menggunakan camera action seperti go pro atau drift ghost mungkin tidak akan bingung lagi karena ada colokan untuk microphonenya yakni jack 3.5 mm. Namun untuk kamera action xiaomi yi dan SJCam maka anda harus memodifikasi external micrphonenya terlebih dahulu , untuk tutorialnya anda dapat mencarinya di youtube ,karena ada banyak yang telah membuat tutorialnya. Audio dalam sebuah rekaman atau buatan video motovlogger sangatlah penting, yang berfungsi untuk berinteraksi dengan para pemirsa ,menyampaikan yang ingin di bahas yang sesuai dengan topik pilihan.

11. Monetize

Mau tidak mau seorang motovlogger harus dapat menghasilkan uang, soalnya untuk menunjang agar produksi videonya semakin lancar pastinya membutuhkan uang, pada untuk awal awalnya mungkin akan sedikit kesulitan untuk seorang motovlogger dapat menghasilkan uang namun jika channel youtube yang anda bangun sudah memiliki banyak subcripenya dan juga viewersnya kemungkinan anda akan memperoleh penghasilan melalui akun youtube yang di monetize google adsense. channel yang baru baru ini saya bangun sudah mendapatkan 3$, berikut ini sebagai gambarnya.

Bagaimana..? Apakah anda sekarang sudah memiliki ide untuk mengikuti langkah saya.? Hehee…

Sekian dulu ya dari artikel saya kali ini dan semoga dapat bermanfaat.

apa itu motovlog?, apa itu motovlog, motor moge yang bagus buat bikin motovlog, motovlog community indonesia
Apa itu Motovlog atau Motovlogger dan Bagaimana Memulainya | iyhan | 4.5