Kotoran Kerap Menempel di Bagian Injeksi yang Ini

Kotoran Kerap Menempel di Bagian Injeksi yang Ini – Pada dasarnya, yang namanya sistem bagian injeksi motor ini dapat bekerja dengan baik berdasarkan dari segi bantuan sensor yang telah diatur dengan cara elektronik. Ini berbeda sekali bila Anda menggunakan karburator yang masih sederhana. Karena, mesin motor karburator itu bekerja dengan cara mekanis tanpa menggunakan bantuan dari perangkat yang canggih.

bagian injeksi

Jadi, setelah digunakan, kedua sistem motor ini bisa menjadi kotor. Sehingga, dua bagian ini harus segera dibersihkan secara rutin agar motor nanti bisa bekerja dengan baik dan normal tanpa kendala. Bila sudah kotor, maka biasanya dibagian sistem injeksi motor ini akan ada kotoran yang hinggap ke bagian dasar tangki motor dan pada bagian injeksinya sendiri. Hal ini telah disampaikan oleh Misto, sebagai pemilik bengkel di kawasan Jaksel.

Baca Juga : Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur

Sebenarnya, masalah ini hampir sama dengan motor yang masih menggunakan mesin karburator. Hanya saja, untuk motor injeksi itu membutuhkan sebuah penangangan dan perawatan yang sedikit berbeda. Bila untuk mesin motor karburator, maka Anda bisa membongkar bagian mangkuk karbunya dan juga dibagian pelampungnya agar bisa segera dibersihkan dengan baik. Sedangkan, untuk motor injeksi itu tidak dapat dibongkar.

Untuk motor injeksi itu umumnya kotorannya akan ada dibagian lubang penyemprotan bahan bakar yang ada di bagian injector motor. Nah, dari sinilah, seiring dengan berjalannya waktu dan proses pemakaiannya, hal ini membuat bagian kotorannya dapat menyumbat dibagian lubang injector yang ada.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Sehingga, cara untuk membersihkannya sangat mudah! Anda hanya perlu menggunakan bantuan dari sebuah alat khusus saja yang telah diisi dengan cairan agar dapat menghempas semua kotoran yang ada dan hinggap di bagian injector motor. Dengan cara inilah diharapkan bisa membantu motor injeksi Anda menjadi lebih awet dan lebih bertenaga meskipun Anda sudah menggunakannya dalam waktu yang lama.

Jadi, jangan malu jika sampai pada saat ini Anda ternyata tidak begitu paham dengan cara kerja dari sistem injeksi motor. Meskipun Anda mungkin sedikit bingung dengan jumlah sensor dan bagian elektronik yang cukup banyak dan ribet, namun sebenarnya tidak semuanya susah untuk dipahami. Ada juga beberapa komponen dan juga sensor yang mudah untuk dipelajari. Misalnya saja, seperti yang ada di bawah ini:

Komponen yang ada di dalam motor injesi adalah, selang bahan bakar, pompa bahan bakar, throttle body, dan juga injector. Komponen inilah yang nantinya akan memberi suplai bahan bakar berdasarkan sensor yang telah dibaca oleh ECU. Saat kunci kontak sedang dalam posisi On, maka dibagian pompa bahan bakarnya akan bekerja hingga 2 detik. Sehingga, dibagian ini nanti akan memberikan tekanan dibagian selang bahan bakarnya yang berguna untuk memberi tekanan bahan bakar ke bagian injectornya.

Disamping itu, masih ada juga bagian komponen yang lainnya. Yaitu sensor yang berperan penting dalam mendukung kinerja mesinnya. Sensor yang digunakannya itu, adalah sensor untuk suhu panas mesin, sensor tekanan udara, sensor suhu udara, sensor oksigen, sensor posisi bukaan gas, dan juga sensor putaran untuk crank shaft.

Seperti namanya, beberapa sensor ini memiliki tugasnya sendiri yang tidak sama berdasarkan dari segi namanya. Nah, dari sinilah, diharapkan dengan memahami beberapa hal di atas, akan membantu Anda untuk lebih memahami tentang motor injeksi Anda dengan baik, supaua bisa lebih berperforma sepanjang hari.

Kotoran Kerap Menempel di Bagian Injeksi yang Ini | Sinta Rizki Fadila | 4.5