Cara Balik Nama BPKB Kendaraan Bermotor

Cara Balik Nama BPKB Kendaraan Bermotor – Saat ini banyak orang kadang bingung bagaimana proses balik nama BPKB kendaraan bermotor setelah melakukan pembelian motor bekas.  Padahal, balik nama ini penting sekali agar nanti prosesnya lebih lancar untuk perawatannya. Maka dari itulah, setelah pembelian motor bekas, sudah saatnya Anda untuk segera melakukan proses balik nama ini. Sehingga, saat pembayaran pajak, Anda tidak perlu menghubungi pihak pemilik yang lama. Tapi bagaimanakah caranya?

balik nama BPKB

Panduan Balik Nama BPKB

Di bawah ini adalah beberapa tahapan untuk balik nama BPKB paling mudah, tanpa harus lewat calo, antara lain:

Datang ke Polda

Untuk melakukan proses balik nama, maka langsung saja Anda datang menuju ke POLDA di daerah setempat. Bila Anda belum tahu tempatnya, maka tanyakan hal ini pada pihak Samsat. Saat datang ke tempat tersebut, sebaiknya jangan lupa untuk membawa dokumen penting agar persyaratan untuk pengajuan balik nama kendaraan segera di ACC dan divalidasi. Beberapa berkas dokumen yang harus dibawa dalam proses balik nama ini adalah sebagai berikut ini:

  • FC KTP.
  • FC STNK yang sudah dibalik nama.
  • FC BPKB.
  • FC hasil dari pengesahan cek fisik.
  • FC kwitansi atas pembelian motor.
  • BPKB yang asli.

Pembayaran Menuju ke Loket Bank

Bila semua berkas sudah disiapkan dan telah memenuhi persyaratannya, maka selanjutnya langsung saja serahkan dokumen itu pada pihak yang bertugas di loket kantor POLDA. Sehingga, sesudah semua dokumen tersebut diberikan, Anda akan diberikan beberapa tanda pembayaran ke bank. Sehingga, Anda bisa langsung melakukan proses pembayaran tersebut menuju loket bank yang ada agar dapat melakukan proses pembayaran yang berlangsung.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk besaran dari pembayaran tersebut bisa berbeda-beda. Setelah Anda melakukan sebuah proses pembayaran, maka Anda akan mendapat salinan slip untuk bukti setoran dan juga sebuah stiker khusus yang telah ditempelkan pada sebuah formulir pendaftaran yang telah disiapkan tadi.

Isilah Formulir Pendaftaran berupa BBN BPKB

Setelah itu, Anda nanti akan mendapat formulir untuk proses pendaftaran BBN BPKB yang telah diberi di loket. Isilah formulir itu dengan benar. Namun, sebaiknya jangan sampai mengisinya dengan salah. Bilasudah, taruh stiker beserta bukti yang sudah dikeluarkan oleh pihak bank, dimana Anda telah melakukan proses pembayaran tadi. Bila sudah, langsung berikan lagi pada pihak petugas yang ada di dalam loket. Biasanya, Anda nanti harus mengantri terlebih dahulu. Setelah itu, barulah nantinya Anda akan mendapat tanda bukti berkas yang telah diurus, beserta kapan waktu untuk pengambilan BPKB itu.

Proses Pengambilan BPKB

Bila Anda sudah menyerahkan semua berkas yang terakhir di loket yang telah ditetapkan, maka Anda akan diberi bukti bahwa berkas itu masih dalam proses. Sehingga, dibutuhkan waktu sampai beberapa hari untuk melewati prosesnya tersebut. Dari sinilah nantinya Anda akan diberi tahu kapan waktu untuk pengambilan BPKB atas nama Anda. Namun, proses untuk pengambilannya tersebut harus antri dulu sampai beberapa saat bergantung dari antreannya.

Proses untuk balik nama BPKB kendaraan bermotor itu memang cukup memakan waktu yang lama. Belum lagi untuk ongkosnya sendiri juga tidak sedikit. Namun, bila prosesnya sudah selesai, tentu saja ini akan sangat melegakan dan menguntungkan Anda. karena kini Anda tidak perlu lagi meminjam KTP pemilik lama saat ingin membayar pajaknya. Di samping itu, masih ada proses pembayaran untuk memenuhi administrasi itu. Jadi, sebaiknya Anda harus teliti lagi dan jangan lupa untuk membawa alat tulis sendiri dari rumah agar Anda dapat mengisi semua dokumennya dengan mudah dan cepat.

Cara Balik Nama BPKB Kendaraan Bermotor | Sinta Rizki Fadila | 4.5