Panduan Balik Nama Kendaraan Bermotor Terupdate

Panduan Balik Nama Kendaraan Bermotor Terupdate – Bila Anda baru saja membeli sebuah motor bekas, sudah pasti Anda akan melihat adanya nama pemilik yang lama di dalam STNK dan juga BPKB. Tentu saja ini akan cukup merepotkan sekali bila Anda melakukan pembayaran pajak memakai BPKB dan STNK dari sang pemilik lama. Karena Anda jadi kerepotan untuk meminjam KTP dari sang pemilik lama.

balik nama kendaraan bermotor

Parahnya lagi adalah, bila sang pemilik lama itu tinggal di tempat yang jauh, atau bahkan Anda lupa dengan dimana dia tinggal dan ternyata dia bukanlah pemakai pertama. Sudah pasti ini akan menjadi masalah tersendiri untuk Anda. Maka dari itulah, salah satu langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan balik nama kendaraan bermotor secepatnya.

Panduan Balik Nama Kendaraan Bermotor

Persyaratan Balik Nama STNK

Beberapa dokumen yang harus Anda siapkan dalam melakukan balik nama STNK adalah sebagai berikut ini:

  • STNK asli dan juga STNK fotokopi.
  • KTP dari pemilik baru, KTP asli, dan juga KTP fotokopi.
  • BPKB yang asli dengan BPKB fotokopi
  • Kwitansi atas pembelian motor yang telah ditandatangani tepat di atas materai oleh si penjual dan juga sang pembeli.

Bila sudah disiapkan semuanya, maka tugas Anda adalah langsung datang ke kantor samsat. Namun, jangan lupa untuk membawa uang. Karena Anda masih harus membayar pajak, beserta biaya yang lainnya. Untuk biayanya bisa bervariasi. Tergantung dari jenis motor Anda dan tahun pembuatannya.

Prosedur Balik Nama STNK



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Datang ke Samsat

Datanglah ke samsat dan serahkan semua dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya. Namun, sebelumnya jangan lupa untuk memasukkan semua dokumen itu ke dalam blangko yang telah Anda siapkan sebelumnya. Agar lebih rapi dan lebih formal.

Lakukan Tes Fisik untuk Kendaraan Bermotor

Bila sudah, Anda akan diminta untuk melakukan cek fisik untuk kendaraan motor itu. Anda akan diberi hasil cek fisik, yang dimasukkan ke dalam blangko berisi semua dokumen yang telah Anda siapkan tadi sebelumnya. Selanjutnya, Anda bisa menyimpannya untuk datang ke POLDA untuk mengurus itu semua.

Pendaftaran Balik Nama

Bila sudah melakukan cek fisik untuk kendaraan bermotor Anda, sekarang lakukan pendaftaran untuk balik nama kendaraan bermotor Anda. serahkan semua dokumen yang sudah Anda siapkan, bersamaan dengan bukti dari cek fisik. Setelah itu, siapkan STNK yang asli dan foto kopinya, KTP asli dan fotokopinya, BPKB yang asli dan fotokopinya, beserta hasil cek fisik kendaraan yang telah divalidasi, dan kwitansi pembelian motor, beserta materai 6 ribu rupiah.

Setelah itu, Anda akan diberi formulir yang harus diisi, kemudian diserahkan pada petugas loket yang lain. Nanti, Anda akan diminta membayar uang untuk biaya proses balik nama kendaraan bermotor. Tanyakan lagi sesudah 6 hari dokumen itu diberikan.

Pengambilan Notice & Bayar

Bila sudah, serahkan tanda terimanya ke loket pendaftaran balik nama. Perlihatkan BPKB yang asli, dan serahkan juga semua berkas itu untuk dijadikan sebagai arsip oleh samsat. Anda nanti akan mendapat notice untuk melakukan sebuah pembayaran pada loket yang ada di kantor samsat tersebut.

Proses Pengambilan STNK

Bila sudah, maka tunggu sampai STNK Anda siap untuk dicetak. Umumnye beda daerah, prosesnya juga berbeda. Bahkan bisa sampai berhari-hari atau bisa juga langsung. Setelah proses balik nama STNK selesai, kini saatnya Anda mengurus proses balik nama BPKB Anda.

Panduan Balik Nama Kendaraan Bermotor Terupdate | Sinta Rizki Fadila | 4.5