Cara Proses Balik Nama Kendaraan Bermotor Terbaru

Cara Proses Balik Nama Kendaraan Bermotor Terbaru – Bagi Anda yang baru membeli sebuah motor bekas, otomatis nama BPKB dan STNK nya adalah masih dari pemilik yang lama. Susahnya bila Anda ingin membayar pajak untuk STNK dan BBKB yan gmasih memakai nama pemilik nama, sehingga Anda harus selalu meminjam KTP nya tersebut hanya untuk membayar pajak motor saja.

Cara Proses Balik Nama Kendaraan Bermotor Terbaru

Bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana bila pemilik lama berada dalam posisi yang jauh. Sehingga, mau tidak mau Anda harus segera melakukan balik nama kendaraan bermotor dengan cara berikut ini!

Persyaratan Balik Nama Stnk

Sebelum Anda melakukan balik nama kendaraan bermotor, sebaiknya persiapkan lebih dulu apa saja yang harus disiapkan sebelum Anda datang kepada kantor Samsat. Beberapa dokumen itu meliputi:

  • STNK yang asli beserta fotokopinya.
  • KTP dari pemilik baru yang asli dan fotokopinya.
  • BPKB yang asli dan juga fotokopinya.
  • Kwitansi terhadap pembelian motor yang sudah ditandatangai tepat di atas materai dari penjual dan juga pembeli.

Setelah semuanya disiapkan, segera saja lakukan beberapa hal di bawah ini untuk melakukan proses balik nama kendaraan bermotor Anda:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Segera datang ke Samsat untuk memberikan semua dokumen yang dibutuhkan.
  2. Segera lakukan tes fisik terhadap kendaraan Anda. Anda nanti akan diarahkan petugas untuk cek fisik dari kendaraan itu. Anda akan mendapat hasil dari cek fisik itu ke dalam dokumen yang sudah Anda bawa dari rumah. Hasil dari cek fisik dan kwitansi pembelian motor ini harus difotokopi dan disimpan agar bisa melakukan pengurusan ini ke POLDA. Tentunya ini dilakukan sesudah kepengerusah STNK selesai diurus di kantor SAMSAT.
  3. Lakukan pendaftaran untuk balik nama. Siapkan materai sebesar 5 ribu rupiah. Sehingga, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang nanti diserahkan pada petugas untuk membayar proses dari balik nama ini.
  4. Sesudah Anda melewati proses pendaftaran, maka kini Anda tinggal kumpulkan saja tanda terima And ake loket pendaftaran balik nama ini sekaligus bPKB aslinya. Kemudian serahkan FC kwitansi dan hasil cek fisik tadi pada petugas. Sehingga, berkas itu akan dibuatkan sebuah arsip yang akan diberikan notice agar segera melakukan pembayaran pada loket yang disediakan.
  5. Sesudah Anda membayaranya, maka tunggu sampai STNK sudah dicetak.

Persyaratan Balik Nama BPKB

Untuk proses yang Anda tempuh agar bisa melakukan proses balik nama kendaraan bermotoruntuk BPKB ini adalah dengan datang ke POLDA dan siapkan beberapa hal di bawah ini:

  • FC KTP
  • FC STNK yang sudah dibalik nama.
  • FC BPKB.
  • FC hasil cek fisik.
  • FC kwitansi pembelian kendaraan bermotor.
  • BPKB yang asli.

Sesudah Anda datang ke polda sambil membawa perlengkapnnya, maka segera saja serahkan dokumen itu pad aloket bank yang ada di kantor POLDA. Kemudian Anda nanti akan diberi sebuah salinan slip bukti untuk setoran dan juga striker khusus yang diletakkan dalam form pendaftaran yang telah Anda siapkan.

Selanjutnya, lengkapi form pendaftaran untuk BBN BPKB. Kemudian, sesudah semua ebrkas diserahkan, maka Anda btuuh beberapa hari agar nanti Anda bisa tahu kapan BPKB Anda telah siap  untuk diambil. Yang pasti, Anda  harus bersabar karnea sudah pasti akan memakan waktu yang cukup lama untuk melakukannya. Selamat mencoba!

 

Cara Proses Balik Nama Kendaraan Bermotor Terbaru | Sinta Rizki Fadila | 4.5