Ban Motor Gede Itu Tak Masalah, tapi Perhatikan Tingkatannya!

Ban Motor Gede Itu Tak Masalah, tapi Perhatikan Tingkatannya – Saat ini ada banyak orang mulai menggunakan ban motor gede untuk motor mereka agar motornya terlihat lebih garang dan lebih tinggi. Sebenarnya, bila Anda ingin melakukannya pun juga tidak jadi masalah. Namun, tetap saja Anda harus memperhatikan dari segi ambang batasan maksimalnya juga. Tidak boleh asal dalam membesarkannya.

Mau tahu alasannya?

Baca Juga : Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur

Karena, bila Anda terlalu menggunakan ukuran ban yang terlalu besar melebihi dari kapasitasnya, hal ini bisa berdampak buruk dan berbahaya bagi pengendara motor itu sendiri. Bahkan, bahanya itu sama dengan ketika Anda menggunakan roda yang ukurannya terlalu kecil atau menggunakan ban cacing ini. Nyawa Anda, sebagai seorang bikers bisa berada tepat di bagian ujung saat tapak bannya menyentuh aspal jalanan.

ban motor gede

Bahkan, dalam beberapa kasus dari ban motor gede yang kelewatan besarnya ini ternyata bisa menyebabkan rodanya bisa menjadi seperti mendonat. Nah, bila roda Anda sudah mulai mendonat, itu artinya akan membuat tampilannya saja yang terlihat lebar. Namun, tapak ban yang mulai bersentuhan dengan bagian aspal jalanan ini menjadi lebih sedikit. Sama persis ketika Anda menggunakan roda cacing.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Cuma sedikit saja bagian permukaan ban yang akan menempel di jalanan aspal. Itu artinya, bila hal ini terjadi pada kendaraan bermotor Anda, maka ini bisa berdampak buruk dan berbahaya untuk Anda. Terlebih ketika Anda sedang bermanuver di jalanan. Karena bila hal ini terjadi, hal ini bisa membuat bannya menjadi mudah kehilangan pengereman cengkraman ke bagian aspal. Namun meskipun begitu, sebenarnya mengupgrade ukuran bannya tersebut tidak berarti haram lo hukumnya!

Sebenarnya, bila Anda ingin menyulap roda motor Anda menjadi ban motor gede itu tidak jadi masalah. Asalkan, Anda memperhitungkan dengan baik tentang spesifikasi pelek Anda dengan kondisi mesin motor, maka memperbesar ukuran roda motor Anda ini masih halal. Makin besar ukuran dari ban motor Anda, hal ini secara otomatis bisa membuat diameter totalnya juga menjadi bertambah banyak.

Hal ini bisa mempengaruhi terhadap moment putarannya ketika sedang memulai tarikan awalnya. Karena hal ini bisa membuat tarikannya menjadi semakin lebih berat. Maka dari itulah, sebaiknya Anda perhatikan dengan baik bahwa idealnya bila Anda ingin memperbesar ukuran dari ban motor Anda, maka hanya perbesar lebih dari 1 tingkat atau 2 tingkat saja. Jangan lebih dari itu. Karena dampaknya bisa berbahaya untuk keselamatan dan keamanan dari diri Anda sendiri.

Saat ini ada beberapa pabrikan motor yang mulai menawarkan ukuran ban minimun. Maka dari itulah, upgrade terhadap ukuran ban dari 1 hingga 2 ukuran itu tidak jadi masalah. Misalnya saja, bila peleknya selebar 3,5 inch, seperti dari milik motor Kawasaki Ninja Mono kemudian diberikan ukuran roda sebesar 130/ 70, sementara untuk motor V-xion diberikan ukuran roda sebesar 120/ 70. Maka itu karena kemampuan dan kebutuhan motornya juga berbeda.

Nah, dari sinilah perlu disimpulkan bahwa sebaiknya jangan hanya mengejar tampilannya saja. perhitungkan juga dari segi kemampuan dan keselamatan mesin motor Anda juga saat ingin mengubah ukuran roda motor menjadi ban motor gede ini. Karena tampilan motor saja itu tidak cukup bila harus membuat keselamatan dan keamanan pengendara menjadi bermasalah. Maka dari itulah, sebaiknya jangan sampai melakukan upgrade ukuran ban yang membuat tenaga mesin menjadi tambah loyo dan bisa membuat riding motor menjadi lebih berbahaya.

Ban Motor Gede Itu Tak Masalah, tapi Perhatikan Tingkatannya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5