Tips Merawat Ban Motor agar Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Ban Motor agar Tidak Mudah Rusak – Salah satu bagian paling penting untuk kendaraan bermotor adalah ban motor. Tanpa ban, maka motor tidak bisa bergerak. Maka dari itulah, bagian komponen ini tidak boleh diabaikan. Karena keberadaannya itu sama pentingnya dengan komponen yang lain. Selain itu, perlu Anda ketahui juga yang namanya ban itu juga harus diganti dalam periode tertentu. Jangan sampai ban Anda bermasalah, karena bisa berakibat buruk.

ban motor

Berdasarkan Eka Satria, seorang Deputy General Manager dari PT YHI Indonesia, mengatakan bahwa ban itu dapat mengalami masalah ketika tidak diperlakukan dengan baik oleh sang pemilik kendaran  bermotor itu sendiri. Jadi, masalah pada ban itu bisa saja timbul bukan karena bahan baku dan juga proses produksinya yang bermasalah. Namun, masalah bisa datang karena Anda tidak merawatnya dengan baik.

Maka dari itulah, agar ban motor Anda tetap awet, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini supaya kaki-kaki yang berasal dari karet yang satu ini tetap nyaman dan aman saat dipakai, antara lain:

Pertama, sebaiknya periksalah angin yang ada di dalam ban ini secara rutin. Setidaknya, periksa anginnya setiap 10 hari sekali atau setiap 2 minggu sekali. Bila memang dibutuhkan, maka isilah angin ban ini kembali sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar bannya tidak sampai kempes dan akan menyusahkan Anda nantinya saat akan berkendara. Karena salah satu permasalahan utama yang sering terjadi pada ban itu adalah karena ban jarang dicek anginnya.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, masalah lain juga bisa timbul pada ban Anda bila Anda suka ngebut di jalan kemudian mengerem secara mendadak dengan kekutan penuh. Dengan terus melakukan hal ini, ini bisa membuat ketebalan bannya menjadi bermasalah dan cepat tipis. Tak heran bila mereka yang sering melakukan aksi kebut di jalan itu akan lebih sering mengganti bannya dibandingkan mereka yang tidak pernah kebut di jalan.

Ketiga, sebaiknya perhatikan kondisi jalanan yang Anda lewati. Bila Anda sering melintasi jalanan yang bebatuan dan kerap melewati lubang di jalan, hal ini bisa membuat ban motor Anda menjadi bermasalah. Bahkan, bukannya tidak mungkin pula bila bagian kawat benang yang ada dalam ban Anda bisa bermasalah dan berakibat pecahnya ban Anda ketika Anda sering melintasi jalanan ini. Maka dari itulah, sebisa mungkin sebaiknya carilah jalan yang baik dan lewati jalanan yang bagus saja agar ban Anda lebih awet dan tahan lama.

Keempat, sebaiknya jaga kondisi ban Anda agar tidak sampai kekurangan angin. Bila hal ini terjadi, maka Anda harus siap mengalami masalah pada ban Anda. Namun sebaliknya, bila Anda mengisi ban Anda ini terlalu kencang, ini juga bisa menjadi masalah tersendiri pada ban Anda. Maka dari itulah, sebaiknya isi sesuai dengan ketentuannya. Jangan sampai kurang dan jangan sampai lebih. Agar ban Anda lebih awet nantinya.

Kelima, Anda harus lebih rajin dalam merolling ban motor Anda. Akan lebih baik bila Anda sering memindahkan ban ini dari depan menuju ke belakang. Begitu juga sebaliknya. Yaitu, ban depan dipindah menuju ke belakang. Karena biasanya kondisi ban ini sering tidak rata. Maka dari itulah, dengan merollingnya, diharapkan ban tersebut dapat menempati posisi yang tepat dan rata. Sehingga, kondisinya menjadi lebih awet dan lebih tahan lama.

Tips Merawat Ban Motor agar Tidak Mudah Rusak | Sinta Rizki Fadila | 4.5