Salah Tambal Ban Tubeless Bisa Bikin Rusak!

Salah Tambal Ban Tubeless Bisa Bikin Rusak – Memang benar bila untuk sekarang ini lebih nyaman bila menggunakan ban tubeless dibandingkan menggunakan ban yang biasa. Selain lebih tahan lama, ban ini juga bisa membuat Anda semakin terasa lebih nyaman lagi. Bahkan, ketika ban motor Anda tersebut tertusuk oleh benda tajam yang lainnya dan tertusuk oleh paku, kini Anda tidak perlu khawatir ketika ban terkena benda tajam tersebut.

Mau tahu kenapa?

Karena ban tubeless ini umumnya tidak mempunyai lapisan ban dalam. Sehingga, hal ini membuat ban yang tertusuk oelh paku dan benda tajam yang lainnya ini menjadi tidak langsung kempis secara langsung. Namun, meskipun begitu, ternyata meski ban tersebut tidak langsung kempis, tetap saja benda tajam yang telah tertancap pada ban Anda tersebut harus segera dikeluarkan secara langsung di waktu itu juga.

Baca juga: Efek Elektroda Busi Standard yang Dipotong terhadap Kinerja Busi

Hal ini harus dilakukan supaya nantinya lapisan ban tersebut bsia segera kembali saat ditambal. Namun sayangnya, meskipun demikian, masih ada banyak tindakan yang salah ketika sedang menambal ban tubeless yang telah bocor. Khususnya bila penambalan ban dan perbaikan ban tersebut dilakukan di bengkel yang seadanya. Biasanya proses dan praktik yang dilakukannya tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang seharusnya.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Sehingga, karena hal inilah membuat ban ini justru menjadi cepat rusak. Mau tahu alasannya? Karena proses untuk menambal permukaan dari ban ini sebernya ada metodenya tersendiri. Anda tidak boleh asal saat sedang menambal bagian permukaan ban yang rusak tersebut. Entah itu dengan cara langsung menusukkan bannya atau bahkan menyumpal ban tersebut menggunakan karet ban di area yang bocor tersebut.

Justru dengan melakukan cara tersebut akan membuat struktur dan komponen ban tubeless tersebut menjadi cepat rusak. Kebanyakan bengkel dan orang-orang sering kali menggunakan cara string dan menusuknya juga menyumpalnya. Dalam kondisi yang darurat, hal yang seperti ini adalah cara yang umum. Namun, bila Anda sedang sial, jsutru hal ini bisa membuat ban Anda tersebut langsung rusak sekaligus. Hal ini dikarenakan ada bagian komponen ban yang telah tertusuk.

Memang benar bila cara string untuk menambal ban yang telah bocor ini sangat mudah dilakukan dan cepat sekali. Namun, efek buruk bila Anda melakukan cara menusuk yang salah, hal ini bisa menyebabkan kerusakan ban yang semakin parah saja. Kerusakan ini bisa terjadi di bagian lapisan kawat ban. Sehingga, bila dibiarkan begitu saja, hal ini akan menjadikan struktur bannya menjadi rusak.

Kerusakan ini bisa terjadi seperti tidak ratanya ban dan bahkan bisa menyebabkan terjadinya benjolan pada ban tubeless Anda tersebut. Karena itulah, supaya tidak terjadi hal yang seperti itu, umumnya bannya tersebut dibuka lebih dulu dari peleknya. Jadi, cara untuk menambal ban ini sama seperti saat sedang menambal ban reguler pada umumnya. Lubang tersebut ditambal dari area dalam. Jadi, bukan dengan cara menusuknya dari luar ban.

Meskipun cara yang seperti ini jauh lebih lama dan memakan waktu yang sangat lama dari pada menggunakan cara string. Namun, cara ini jauh  lebih aman bila Anda lakukan untuk menambal ban tubeless Anda yang telah rusak karena terkena paku dan benda yang tajam lainnya. Dengan cara inilah nantinya ban Anda akan tetap awet ketika digunakan di jalanan dan akan tetap bisa membuat Anda merasa nyaman.

Salah Tambal Ban Tubeless Bisa Bikin Rusak! | Sinta Rizki Fadila | 4.5