Battle Honda Sonic vs Suzuki Satria FU 150

Battle Honda Sonic vs Suzuki Satria FU 150

Honda Sonic vs Suzuki Satria FU – Sobat otorider, dominasi Suzuki Satria F150 selama lebih dari 1 dekade terakhir bakal terganggu, Produsen otomotif Honda telah menelurkan motor Honda New Sonic 150R terbarunya yang digadang – gadang akan menjadi pesaing berat Satria F150, nah kira – kira mana yang lebih unggul brader Honda New Sonic 150R atau Suzuki Satria F150? Guna menjawab rasa penasaran brader tim otorider sudah mengumpulkan data – data mengenai kedua tunggangan motor bebek sport DOHC  ini, untuk pembahasan brader bisa lihat dibawah ini.

Pertarungan Honda Sonic 150cc VS Satria FU 150 tak akan lepas dari dua nama besar pabrikan motor Honda dan Suzuki yang keduanya memang telah bertarung baik secara performa maupun harga, sudah sejak lama di kelas motor bebek sport ini bersaing ketat, Honda dengan Sonic yang notabene awalnya adalah motor CBU dari Thailand yang telah lebih dulu dilahirkan, akan kembali berhadapan dengan ‘Titisan’ Suzuki Raider yakni Satria FU 150, bagaimana perbandingan kedua motor bebek yang mempunyai performa super ini mari kita simak.

All New Honda Sonic 150 mempunyai kapasitas dapur pacu sebesar 149,66 CC dengan rasio kompresi yang tinggi 11,3:1 dengan mesin tersebut Honda Sonic sangup memberikan daya sebesar 11,8Kw atau 16ps pada putaran mesin 9000 RPM, tenaga sebesar itu di salurkan dengan sempurna lewat transmisi 6 percepatan dan itu sangat mengindikasikan bahwa Honda Sonic memang mengincar pasar dari Satria FU 150 yang lebih dulu melenggang di pasaran,

Tak mau tinggal diam Suzuki juga tengah menyiapkan penantang serius untuk Honda Sonic yakni Satria FU 150 Injeksi yang paling kentara dari perubahan itu adalah bergantinya sistem pendingan dari Satria FU 150 baru yang tadinya Oil Cooled menjadi Liquid Cooled yang sudah pasti tentunya bisa mendinginkan mesin dari Suzuki satria itu sendiri menjadi lebih baik lagi di tambah dengan sistem suplai bahan bakar yang tadinya karburator menjadi injeksi yang tentu saja itu bisa menjadikan konsumsi bahan bakar dari Satria FU 150 Injeksi menjadi lebih efisien.

Head to Head New Honda New Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150

  • Panjang dan Lebar Motor

Panjang body Suzuki Satria F150 lebih panjang 4 mm dibanding Honda Sonic 150R, sedangkan lebar motor body Honda Sonic 150R lebih ramping 11 mm dibandingkan Suzuki Satria F150, dari kedua point diatas Honda Sonic 150R akan lebih lincah bermanuver dijalan raya dibandingkan Suzuki Satria F150 karena bodynya yang lebih ramping.

  • Jarak Sumbu

Satria F150 lebih stabil dikendarai karena jarak sumbunya lebih panjang 5mm dibanding Sonic 150R.

  • Tinggi Jok

Sonic 150R mempunyai tinggi jok lebih rendah 10 mm dibanding Satria F150.

  • Berat Motor

Bobot Satria F150 lebih ringan 6,2 kg dari Sonic 150R sehingga akan lebih ringan dikendarai atau diparkir.

New Honda Sonic 150R

Suzuki Satria FU

Simak juga ulasan: Motor Klasik di Indonesia Yang Sudah Tidak di Produksi

Mesin

  • Sistem Bahan Bakar

Honda Sonic 150R menggunakan teknologi injeksi terbaru sedangkan untuk Suzuki Satria F150 masih menggunakan karburator.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  • Kelebihan Injeksi

Sistem injeksi akan lebih irit dan akurat dalam pengaturan bahan bakar dibanding karburator sehingga penggunaan bahan bakar bisa lebih efisien dan ramah lingkungan, selain itu teknologi injeksi jelas lebih canggih karena sudah terkomputerisasi.

  • Kekurangan Injeksi

Teknologi injeksi masih jarang dikuasai mekanik Indonesia sehingga lebih susah dalam hal perawatan, teknologi injeksi sangat bergantung pada kelistrikan motor, sehingga jika terjadi konsleting maka sistem injeksi juga terpengaruh.

  • Kelebihan Karburator

Sistem karbu tidak terlalu kompleks sehingga lebih mudah dalam perawatan, kekurangan Injeksi, harga komponen ini lebih murah dibanding injeksi.

  • Kekurangan karburator

Sistem karbu kurang akurat dalam peenggunaan bahan bakar sehingga perlu di korek sedikit agar bisa hampir menyamai efisiensi sistem injeksi.

  • Sistem Pendinginan

Pendingin Sonic 150R menggunakan sistem radiator (cairan) sedangkan untuk Satria F150 masih menggunakan pendingin oli (oil cooled).

  • Radiator

Pendingin cairan yang menggunakan air akan lebih efektif dalam cooling system karena air pendingin bisa masuk ke setiap rongga motor dengan bantuan pompa, namun sistem radiator membutuhkan perhatian lebih karena jika cairan kurang beberapa cc saja maka motor akan mudah overheat.

  • Oil Cooler

Pendingin oli biasanya kurang begitu efektif dalam meredam panasnya suhu motor karena sifatnya yang hanya sebagai pendingin tambahan.

  • Kompresi

Perbandingan kompresi Honda Sonic 150R adalah 11,3 : 1 sedangkan Suzuki Satria F150 adalah 10,2 : 1, semakin tinggi perbandingannya maka nilai oktan yang dihasilkan semakin tinggi, maksudnya penggunaan bahan bakar Sonic 150R harus beroktan 95, semenara Satria F150 masih bisa menggunakan bahan bakar beroktan 92.

  • Tenaga Maksimum

Jika dibandingkan, power yang dikeluarkan Suzuki Satria F150 lebih tinggi 0,4 Ps dibanding Honda Sonic 150R, dengan kata lain top speed dari Satria lebih tinggi dibandingkan Honda Sonic, perhitungan ini tidak termasuk setingan yang lain seperti final gear atau lainnya.

  • Torsi Maksimum

Sementara untuk torsi Honda Sonic 150R lebih besar 1,1 Nm jika dibandingkan Suzuki Satria F150, kemampuan torsi ini berhubungan dengan akselerasi motor, jadi semakin besar torsi yang dihasilkan maka semakin cepat pula akselerasi dari motor, dengan kata lain Honda Sonic 150R lebih unggul akselerasinya dibanding Suzuki Satria F150.

  • Tangki Bahan Bakar

Dari segi kapasitas tangki bensin, Honda Sonic 150R mempunyai tangki sedikit lebih besar kira – kira 0,1 liter dibanding Suzuki Satria F150, perbedaan yang tidak terlalu mencolok.

Suzuki Satria FU Modif

New Honda Sonic 150R ModifNah dari penjelasan diatas yang bisa disimpulkan adalah Honda Sonic 150R lebih unggul dalam akselerasi, sementara dalam hal top speed Suzuki Satria F150 masih lebih cepat, selain itu Honda Sonic 150R jelas lebih irit bahan bakar dikarenakan teknologi injeksi yang diterapkan dan teknologinya lebih modern dibanding Suzuki Satria F150, sementara Suzuki Satria F150 akan lebih mudah dalam hal perawatan, untuk masalah mana yang lebih baik, pilihan tentu saja ada di tangan brader karena masing –masing orang mempunyai selera yang berbeda.

Demikian ulasan mengenai Honda Sonic vs Suzuki Satria FU semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • sonic karbu (2)
  • satria fu karbu (2)
  • lebih ramping sonic atau satria fu (2)
  • head to head satria fu vs sonic (1)
  • satria fu (1)
  • satria f150 fi vs f150 karbu (1)
  • rasio kompresi vs bahan bakar sonic karburator (1)
  • perbeadaan asupan bbm satria fu dan sonic (1)
  • honda sonic vs satria karbu (1)
  • honda sonic vs satria fu karbu (1)
Battle Honda Sonic vs Suzuki Satria FU 150 | Sabian | 4.5