Amankah Mengisi Bensin dengan Jerigen?

Amankah Mengisi Bensin dengan Jerigen – Meskipun proses untuk pengisian bahan bakar lewat jerigen ini dilarang, namun ternyata ketentuan yang seperti ini tidak dipukul sampai rata. Bahkan, ada sejumlah jenis bahan bakar yang masih diperbolehkan untuk menggunkan jerigen. Hanya saja masih ada ketentuannya tersendiri. Berdasarkan Manager Communication dan juga Realtion JJB MOR III dari Pertamina, yaitu Yudy Nugraga menyatakan bahwa pengisian bensin menggunakan jerigen ini sebenarnya diperbolehkan.

bensin

Namun pengisian tersebut diperbolehkan hanya untuk varian bahan bakar yang khusus saja. Misalnya saja seperti pengisian bahan bakar berupa pertalite, pertamax, pertamax turbo, pertamax racing, dan juga pertamax dex. Itu artinya pemakaian jerigen ini sebenarnya diperbolehkan. Asalkan ini tidak digunakan untuk jenis bahan bakar premium. Untuk jerigennya sendiripun juga tidak boleh asal pemilihannya.

Baca juga: Efek Elektroda Busi Standard yang Dipotong terhadap Kinerja Busi

Jadi untuk proses pengisian bensin ini harus benar-benar diperhatikan. Karena memang masih ada ketentuan yang harus diperhatikan dalam hal ini. Berdasarkan Yudy, pemakaian terhadap jerigen plastik ini bisa berbahaya sekali. Hal ini dikarenakan jerigen ini bisa mengandung listrik yang statis. Belum lagi masih ada faktor yang lainnya juga. Misalnya saja seperti adanya uap panas yang telah tersimpan dan tertampung ke dalam jerigen ini.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Selain itu, cara untuk mengisi bensin menggunakan jerigen ini juga harus benar-benar diperhatikan. Umumnya banyak orang salah dalam melakukan pengisian bensin ini menggunakan jerigen. Harusnya tidak boleh ditenteng atau bahkan diletakkan tepat di atas motor. Akan lebih baik bila sebelum mengisi jerigen tersebut harus diletakkan di bawah lebih dulu dan bila perlu harus bersentuhan secara langsung dengan tanah.

Dengan cara inilah sehingga ada groundnya yang bisa mencegah munculnya listrik statis yang berbahaya. Jadi, ketika Anda melakukan proses pengisian besin, pihak petugas SPBU harus memiliki SOP yang akan mengarahkan pompa ke bagian yang tidak ramai. Ada baiknya bila jerigen yang dipilih ini tidak boleh mudah dalam menghantarkan arus lsitrik. Misalnya saja dengan memakai bahan yang berasal dari alumunium, dan sejenisnya.

Perlu Anda ketahui pula, bahwa SPBU adalah tempat yang rentan sekali muncul sebuah fire triangle atau segitiga api. Dimana nantinya akan terjadi proses reaksi berantai yang berasal dari 3 elemen dari proses pembentukan api. Sehingga, pembetukan apinya ini bisa muncul dan berjalan dengan sangat cepat sekali. Bahkan, inipun bisa semakin berkelanjutan. Karena itulah sebaiknya Anda perhatikan baik-baik ketika Anda melakukan pengisian bensin menggunakan jerigen ini.

Agar tidak sampai terjadi kebakaran yang disebabkan oleh listrik statis tersebut, maka Anda harus memperhatikan proses pengisian bahan bakar tersebut dengan benar. Ini harus benar-benar Anda perhatikan dengan baik, supaya nantinya, hal ini akan membuat Anda bisa lebih merasa aman saat Anda sedang melakukan pengisian bensin tersebut. Setidaknya, dengan cara inilah nantinya Anda bisa lebih nyaman ketika melakukan proses pengisian bahan bakar tersebut dengan benar.

Akan lebih baik lagi bila Anda memahami hal ini sejak dini. Dengan cara inilah nantinya semua proses transaksinya bisa berjalan dengan sempurna. Karena itulah, sebelum Anda melakukan proses pengisian bahan bakar memakai jerigen, sebaiknya Anda perhatikan baik-baik tentang bagaimana mengisi bahan bakar dengan benar tepat ke dalam bagian motor dan tabung bensin motor Anda tersebut. Sehingga, dengan cara inilah nantinya akan bisa membantu proses pengisian bahan bakar tersebut menjadi semakin lebih cepat lagi.

Amankah Mengisi Bensin dengan Jerigen? | Sinta Rizki Fadila | 4.5