Berapa Sih Biaya Asuransi Motor Itu? Ini Manfaatnya!

Berapa Sih Biaya Asuransi Motor Itu? Ini Manfaatnya – Banyak orang sering bingung ketik disuruh bayar biaya asuransi motor. Karena mereka tidak pernah berpikir bila asuransi motor itu sebenarnya sangat penting sekali. Jadi, ini bukan masalah bisa menghabiskan uang atau lebih baik untuk makan dan menabung saja, namun memiliki asuransi motor ini sangat bermanfaat sekali untuk Anda. Terlebih setiap orang tidak pernah tahu akan ada musibah atau hal buruk yang bisa saja teradi kapan saja. Maka dari itulah, mencegah itu lebih baik lo dari pada harus mengobati.

Baca Juga: Perawatan Ban Motor Seperti Ini akan Membuat Banmu Begini..

Karena, biaya untuk membayar pengobatan saat terjadi kecelakaan atau kehilangan motor itu sudah pasti besar! Beruntungnya, asuransi motor ini siap menanggulangi kerugian yang besar di masa yang akan datang. Terlebih saat ini banyak sekali pengendara motor dimana-mana. Sehingga, hal ini makin penting sekali untuk Anda semua agar mengikuti asuransi motor sebelum hal-hal buruk terjadi. Jadi, berapakah biayanya?

Biaya Asuransi Motor

Biayanya ini bisa terlihat dari contoh sebuah kasus yang dialami seorang nasabah, bernama Andi. Dimana saat itu dia ingin membeli motor secara kredit senilai 13 juta rupiah. Awalnya, dia ingin kredit motor tanpa memakai asuransi. karena pasti akan ada biaya tambahan yang besar. Namun, sesudah dijelaskan tentang asuransi motor ini secara jelas, kemudian dirinya langsung luluh dan bisa memahami bahwa pemabyaran asuransi total loss only itu otomatis harus dibayar bila ingin mengajukan kredit motor. Karena sudah pasti keuntungan yang didapatkan juga banyak. Ilustrasi untuk rincian biaya asuransi motor ini umumnya diberikan seperti di bawah ini:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

biaya asuransi motor

Misalnya saja, harga motor yang dibeli secara kredit adalah 13 juta rupiah. Sehingga, biaya asuransi yang awjib dibayar adalah senilai 2,5% dari total harga motor tersebut ditambah dengan biaya admin asuransi. Sehingga, ilustrasinya adalah sebagai berikut ini: 2,5% x 13 juta rupiah adalah senilai 350 ribu rupiah. Meskipun mungkin Anda akan kecewa dan tidak ingin membayar biaya untuk asuransinya, namun tetap saja harus dibayarkan karena harus disertakan juga dengan asuransi TLO.

Lalu, suatu hari sesudah beberapa bulan kredit motor tinggal 1 bulan lagi, ternyata Andi mengalami musibah. Dia dibegal oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab sehingga hal ini membuat motornya langsung dirampas. Sehingga, langsung saja dia menghubungi polisi dan menghubungi pihak kantor leasing di tempat dirinya kredit motor.

Sesudah berhasil menyelesaikan perkara dan menyerahkan semua berkas yang ditentukan, sehingga Andi berhasil mengajukan klaim asuransi tersebut. Dari sinilah, Andi kemudian mendapat ganti rugi dari kehilangan motor yang masih dikredit senilai harga beli motor tersebut. Hanya saja, tetap ada pengurangan nilai penyusutan per tahunnya senilai 10% dari harga belinya.

Anda mendapat 13 juta rupiah dikurangi 1,3 juta rupiah. Jadi, bila dijumlah secara keseluruhan, maka Andi mendapat ganti rugi motor yang hilang dari biaya asuransi motor yang sudah dibayar ini sebesar 11,7 jutaan rupiah. Anda bisa membayangkan sendiri bila Andi menolak mengikuti asuransi motor itu. Otomatis kerugian yang ditanggung akan menjadi sangat besar.

Jadi, seperti itulah manfaat yang bisa didapatkan bila Anda mengikuti asuransi motor dan membayar biaya asuransi motor secara teratur. Maka dari itulah, tidak ada salahnya bila Anda mengikuti asuransi motor. karena manfaat yang didapatkan sangat banyak.

Berapa Sih Biaya Asuransi Motor Itu? Ini Manfaatnya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5