Resiko Membuka Boks Filter Motor Itu Seperti Ini

Resiko Membuka Boks Filter Motor Itu Seperti Ini – Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja dan tenaga motor yang sering dilakukan adalah dengan cara membuka bagian boks filter motor. Cara ini bukan lagi hal yang asing bagi sebagian besar orang. Bahkan, banyak orang sering kali menganggap bahwa membuka bagina filter udara adalah salah satu cara paling ampuh untuk membuat tenaga motor semakin lebih meningkat.

boks filter motor

Mau tahu alasannya?

Karena alasannya adalah dapat membuat debit udara yang masuk ke bagian ruang bakar menjadi semakin lebih besar. sehingga, dengan banyaknya tekanna udara yang masuk ke dalamnya, hal ini bisa membuat bagian debit bensin menjadi menyesuaikan. Mau tahu dampaknya? Sudah pasti dijamin dampaknya memang bisa membuat mesin semakin lebih bertenaga. Hal ini telah disampaikan oleh Ergus Oei, sang pemilik bengkel R59 Racing, di Tangerang Selatan.

Baca Juga : Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur

Yang jadi permasalahan adalah, apakah meskipun bisa membuat tenaga mesin lebih responsif ini namun tetap bisa menjamin keamanan digunakan untuk motor Anda? Karena pertanyaan ini memang sering kali dipertanyakan bagi sebagian besar orang. Dimana banyak orang sering kali dibuat bingung tentang amankah atau tidak jika bagian boks filter ini dibuka atau dilubangi?

Karena ada beberapa orang bilang itu bisa membuat motor semakin lebih bertenaga. Namun, disisi lain, cara ini ternyata tidak disarankan untuk dilakukan. Mana yang benar?



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Jawabannya adalah, bila dipakai untuk pemakaian harian, cara ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan sama sekali. Karena, membuka boks filter motor ini bisa beresiko buruk sekali terhadap motor itu sendiri. Bahkan, resiko yang didapatkan bisa sampai tidak sebanding dengan kelebihan dari yang dihasilkan. Karena, dengan membuka bagian boks ini, hal ini bisa membuat kotoran dan debu yang datang menjadi tidak dapat tersaring dengan baik.

Otomatis bila hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka ini bisa membuat komponen mesin motor menjadi cepat berkerak dan cepat kotor. Tak hanya itu saja, lagipula dengna membuka bagian ini, sebenarnya peningkatan tenaga yang dihasilkan juga tidak akan drastis bila tidak diimbangi dengan perubahan dibagian mesin yang lain. maka dari itulah, sebaiknya pikirkan kembali sebelum melakukannya.

Dari pada Anda mengganti bagian filter bawaannya yang memiliki sekat longgar, maka melepas boks ataupun melubangi secara keseluruhan itu sebenarnya jauh lebih beresiko sekali dampak buruknya. Bila motor melintasi jalanan yang dipenuhi dengna genangan air, jalanan yang berkerikil, dan juga lumpur, hal ini bisa membuat kotoran semakin mudah masuk ke dalam ruang bakar.

Bila sudah begitu, mesin motor bisa menjadi mogok. Tentu saja hal ini nantinya juga akan menyebabkan terjadinya permasalahan yang lebih besar lagi. Karena, dijamin dengan masalah ini nanti akan membuat biaya perbaikan yang harus dikeluarkan menjadi tidak sedikit lagi nominalnya. Bahkan, bisa menjadi semakin lebih banyak lagi. Maka dari itulah, bila Anda ingin melubanginya karena ingin tarikannya lebih enteng, sebaiknya bagian boks filter motor ini harus sering lagi dibersihkan dan diperiksa dengan baik dan harus rutin.

Karena, bila Anda tidak melakukan pengecekan secara rutin, maka bukannya bisa lancar semuanya, yang ada pengeluaran Anda bisa menjadi semakin lebih membengkak lagi. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan bagian ini dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi permasalahan yang lebih besar, dimana Anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi.

Resiko Membuka Boks Filter Motor Itu Seperti Ini | Sinta Rizki Fadila | 4.5