Tips Aman Berkendara Motor untuk Boncenger

Tips Aman Berkendara Motor untuk Boncenger – Seperti yang diketahui, bahwa sepeda motor itu dari awal memang didesain secara khusus untuk dinaiki 2 orang saja. Yaitu, sang pengemudi dan juga boncenger. Namun sayangnya, saat ini banyak sekali pengendara yang mulai mengabaikan keselamatan mereka. Padahal, bila mereka mengabaikannya, maka nyawa yang akan menjadi taruhannya.

Boncenger

Banyak sekali nyawa melayang karena beberapa di antara pengendara sepeda motor tidak memperhatikan keselamatan mereka dengan baik. Entah itu untuk mereka yang mengalami kecelakaan dengan orang yang ada di sekitarnya, bahkan untuk mereka yang mengalami kecelakaan sendiri. Hal yang seperti ini sangat mungkin terjadi untuk mereka yang enggan untuk memperhatikan faktor keselamatan dalam berkendara motor dengan baik dan benar.

Maka dari itulah, bila dari awal Anda suka mengendarai sepeda motor dan suka sekali nebeng dengan teman menggunakan sepeda motor, sebaiknya patuhi semua peraturan yang berlaku demi menjaga keamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara. Di bawah ini adalah beberapa peraturan penting bagi para boncenger agar selamat di jalan, antara lain:

Pertama, pastikan Anda memakai safety riding yang lengkap. Yaitu, helm, sarung tangan, jaket, sepatu, dan celana panjang. Beberapa hal ini tidak sekedar harus dipatuhi oleh pengendara saja. Namun penumpang juga harus mempersiapkan ini juga demi kebaikan mereka sendiri. Untuk mereka yang membawa motor itu juga harus sadar diri dengan tanggung jawab keselamatan ketika sedang membawa penumpang.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, sebaiknya patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan mengebut. Sepeda motor itu dari awal didesain untuk membawa 2 orang saja. Yaitu, penumpang dan pengemudi. Anda harus memperhatikan dari segi kekuatan struktur motor dan ketersediaan terhadap kenyamanan dan keamanan motor ketika sedang dikendalikan di jalan. Namun sayangnya saat ini banyak orang berkendara motor sampai membawa 3 penumpang. Akibatnya kontrol kemudi menjadi tidak seimbang dan bisa berakhir fatal. Yaitu, mengalami kecelakaan.

Ketiga, bila Anda sebagai penumpang, maka pastikan bahwa yang menjadi pengendara nanti adalah orang yang memang mampu mengendalikan motor dengan baik. Bila masih belajar naik sepeda motor, sebaiknya jangan membonceng teman atau adik. Karena pengemudi yang masih newbie itu biasanya masih kaku. Apalagi bila mereka masih harus membawa tambahan beban ekstra ketika sedang berkendara.

Keempat, ketika Anda sedang membonceng para boncenger, sebaiknya aturlah pergerakan antara titik berat keduanya dengan baik supaya seirama dengan pergerakan dari laju motor Anda. jangan sampai saat melewati tikungan kiri, namun yang dibonceng malah miring kanan. Otomatis hal ini bisa mengganggu keseimbangan motor dan berakibat fatal.

Maka dari itulah, agar berkendara makin aman, sebaiknya yang menjadi penumpang harus duduk menghadap ke depan. Yaitu, searah dengan sang pengemudi. Bila perlu, berpeganglah dengan sang pengemudi agar pergerakan pembonceng dapat mengikuti pergerakan dari sang pengemudi.

Kelima, jangan lupa utnuk memperhatikan tekanan angin ban motor Anda ketika sedang berkendara. Karena, ketika ban motor sedang kempes, hal ini bisa membuat tarikan motor lebih berkurang dari biasanya dan berdampak buruk untuk kesalamatan dan keamanan Anda. Maka dari itulah, sebaiknya lakukan pengecekan terhadap tekanan angin ban motor Anda agar performa motor tetap seimbang ketika ada beban di belakang motor.

Keenam, sebaiknya penumpang harus memegang pinggang sang pengendara. Sementara dibagian lututnya menjepit ringan supaya dapat mengikuti pergerakan dari pengendara agar kontrol motor makin mudah.

 

Tips Aman Berkendara Motor untuk Boncenger | Sinta Rizki Fadila | 4.5