Cara Mengecek BPKB Kendaraan yang Asli dan Benar

Cara Mengecek BPKB Kendaraan yang Asli dan Benar – Beberapa tahun yang lalu memang sempat beredar adanya seorang wanita yang telah tergabung ke dalam sebuah sindikat pemalsu untuk surat kendaraan bermotor. Dimana karena alasan inilah membuat seorang wanita tersebut harus merelakan diri untuk ditangkap oleh pihak yang berwajib. Bagaimana tidak?

BPKB kendaraan yang asli

Jika wanita tersebut telah memalsukan BPKB kendaraan yang asli dan juga memalsukan STNK. Tentu saja karena yang sudah diperbuatnya inilah membuat kerugian yang telah didalami para konsumen menjadi cukup banyak. Bahkan, kerugiannya itu bisa mencapai hingga 100 juta rupiah selama 2 bualan. Tidak hanya disitu saja, di beberapa daerah yang ada di Indonesia itu ternyata masih ada banyak kasus pemalsuan terhadap BPKB yang dapat merugikan para konsumen dan juga para pemilik kendaraan bermotor.

Meskipun Anda mungkin sebelumnya tidak pernah mengira bila ada juga seorang wanita yang berbuat nekat seperti itu. Namun justru kenyataannya telah membuktikan bahwa yang namanya penjahat itu tidak dibatasi oleh genre dan usia. Maka dari itulah, Anda harus lebih waspada dan harus lebih pandai agar bisa terhindar dari hal-hal yang merugikan seperti itu.

Maka dari itulah, agar bisa terhindar dari aksi pemalsuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tentang pemalsuan surat dan juga potensi kerugian yang buruk karena sindikat para pemalsu surat, kali ini akan kami berikan bagaiamana cara paling mudah untuk mengetahui apakah BPKB kendaraan yang asli atau bukan yang sedang Anda terima itu. Dimana untuk beberapa penjelasan tentang ciri-ciri BPKB kendaraan yang asli adalah sebagai berikut ini:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Umumnya cover untuk BPKB kendaraan yang asli itu lebih mengkilap bila dibandingkan cover yang palsu. Bahkan, hologram untuk yang berasal dari BPKB asli itu umumnya tidak akan pernah berubah warna dan akan selalu tetap terlihat memiliki warna silver ketika sedang disorotkan oleh sinar.
  2. Untuk BPKB yang palsu itu biasanya akan langsung memancar berwarna kuning saat sedang disorotkan oleh sinar. Maka dari itulah, ketika Anda baru saja membeli motor bekas, sebaiknya perhatikan bagaimana cara mengecek surat BPKB ini terlebih dahulu agar kepercayaan Anda tidak disalahguanakn.
  3. Untuk melihat apakah surat itu asli atau palsu, maka Anda bisa meliaht dari nomor yang terdapat dibagian bawah hologramnya. Sehingga, Anda dapat melihat kategori dari pemilik kendaraan tersebut dilihat dari segi domisilinya. Namun meskipun begitu, ternyata ada juga beberapa motor yang tidak bisa dideteksi karena memang sifatnya adalah rahasia dan merupakan milik dari Korlantas.
  4. Anda juga bisa melihat asli tidaknya itu dari identitas san gpemiliknya itu sendiri. Surat yang palsu itu umumnya ditemukan layaknya baru saja dicetak ulang sesudah sebelumnya telah dihapus.
  5. Surat yang asli adalah adanya logo Korlantas di halaman ke-14 yang akan muncul saat sedang disinari memakai sinar ultra violet. Umumnya, kertas yang digunakan disini memiliki tekstur yang kasar seperti pola yang terdapat dalam logo surat ini.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara untuk melihat apakah surat tersebut termasuk BPKB kendaraan yang asli atau tidak. Dengan begitu, kini Anda tidak perlu takut lagi saat baru saja membeli sebuah sepeda motor. Karena kali ini Anda bisa mengetahui semuanya itu dari ciri-ciri BPKB yang asli dan palsu seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya di atas.

Cara Mengecek BPKB Kendaraan yang Asli dan Benar | Sinta Rizki Fadila | 4.5