Seperti Inilah Cara Mengecek Busi Motor, Milikmu Seperti Apa?

Seperti Inilah Cara Mengecek Busi Motor, Milikmu Seperti Apa – Meskipun yang namanya busi motor itu bentuknya kecil, namun ternyata busi ini bisa menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kinerja dari sepeda motor. Bila busi ini mati dan sampai tidak menyala, hal ini bisa membuat mesin motor menjadi tidak bisa hidup.

busi motor

Karena, fungsi utama busi ini adalah sebagai pemantik api yang ada dalam ruangan pembakaran motor. Untuk posisinya sendiri terletak di bagian silinder head. Supaya motor bisa berjalan dengan baik, maka campuran daru udara dan bensin ini nanti akan dibakar menggunakan percikan api yang berasal dari busi. Ledakan dari percikan api inilah yang nantinya akan membuat piston menajdi bergerak dengan cara naik turun.

Baca Juga: Mengendari Motor Gigi Manual Memang Sulit, Tapi Tidak Untuk Yang Ini..

Namun meskipun begitu, posisi dari busi itu tidak sama untuk setiap motor. Untuk motor yang berbentuk motor sport atau motor bebek, biasanya terletak dibagian kanan silinder head. Sementara itu, untuk motor matic justru bisa menjadi lebih merepotkan lagi karena harus segera dilepaskan bagian body-nya.

Untuk melepas busi motor ini sebenarnya sangat mudah! Cukup kenakan kunci busi yang ada dalam toolkit. Yaitu, cabut saja kop bagian kabel businya. Setelah itu, putar dengan cara berlawanan dari arah jarum jam supaya dapat melepaskannya. Bila bagian busi ini sudah terbuka, maka Anda tinggal mengecek saja bagian kondisi elektroda businya, yaitu tepat dibagian ujung busi yang telah menancap ke dalam ruang pembakaran.

Cara Mengecek Busi Motor Sehat atau Tidak



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Sebenarnya untuk mengecek apakah busi sepeda motor itu dalam kondisi baik atau tidak itu bisa dilihat dari segi warnanya. Dimana untuk lebih lengkapnya bisa Anda lihat dari beberapa hal berikut ini untuk mengecek busi yang sehat dan tidak sehat di bawah ini, antara lain:

  1. Warna elektroda yang berwarna merah bata atau kecoklatan, ini pertanda bahwa pembakarannya sedang tidak optimal. Sehingga, saat ini terjadi, Anda tak perlu mersa khawatir lagi.
  2. Sedangkan bila warna elektrodanya menghitam, hal ini menandakan bahwa campuran di antara bensin dan udara sedang tidak seimbang. Karena yang lebih banyak adalah bensin. Akibatnya, konsumsi bahan bakar semakin meningkat, dan menjadi boros.
  3. Jika warna elektrodanya memutih, maka itu berarti bahwa campuran dari bensin dan udaranya lebih banyak berisi udara. Akibatnya, motor cepat sekali panas. Sehingga, saat ini terjadi pada motor Anda, maka daya tahan komponen yang ada di dalam mesin menjadi mudah rusak.
  4. Namun, keadaan semakin lebih parah saat warna elektrodanya menghitam dan telah dipenuhi oleh oli, maka hal ini juga tidak baik. Karena hal ini merupakan sebuah pertanda bahwa oli telah masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini bisa saja terjadi karena ring piston sudah mulai jelek atau bagian liner pistonnya juga mulai baret. Sehingga, hal ini membuat oli menjadi ikut terbakar dan mengakibatkan terjadinya asap putih di dalam knalpot.

Maka dari itulah, bila yang terjadi pada busi motor Anda sudah seperti ini, maka sebaiknya gantilah bagian komponennya tersebut secara menyeluruh atau dengan menggantinya secara sebagian. Karena itulah, sebaiknya jangan lupa untuk selalu mengganti busi tepat waktu. Tak perlu harus menunggu hingga kendaran bermotor Anda berhenti beroperasi atau sampai mogok, karena bila sudah terjadi hal yang seperti itu, hal ini bisa membuat biaya service komponen yang lainnya menjadi semakin lebih mahal.

Artikel Terkait:

  • cara mengecek busi motor (1)
Seperti Inilah Cara Mengecek Busi Motor, Milikmu Seperti Apa? | Sinta Rizki Fadila | 4.5