Ini Jadinya Bila Busi Sepeda Motor Tidak Dibersihkan, Ini Solusinya!

Ini Jadinya Bila Busi Sepeda Motor Tidak Dibersihkan, Ini Solusinya – Di beberapa kota besar, misalnya saja seperti di Jakarta memang sangat rawan sekali bila sedang musim hujan. Mau tahu alasannya? Karena jalanannya padat, hal ini membuat air hujan mudah sekali meluap bahkan sampai tidak tertampung lagi dan mengakibatkan terjadinya banjir.

Baca Juga: Seperti Inilah Penampakan Motor Listrik Terbaru Milik Harley Davidson Setengah Miliar

Maka dari itulah, bagi pengguna motor yang lewat di jalanan yang sedang banjir harus hati-hati. Karena bisa-bisa mesinnya mogok. Disamping itu, busi yang tidak pernah dibersihkan itu bisa membuat performa mesin ketika berkendara menjadi terganggu. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya motor mogok adalah karena busi sepeda motor yang basah karena melewati jalan raya yang dipenuhi oleh genangan air.

Cara Membersihkan Busi Sepeda Motor Sendiri

Busi basah karena air itu bisa mengganggu terjadinya pembakaran pada mesin. Tak heran bila saat itu terjadi, motor menjadi sulit dinyalakan. Namun, kini Anda tak perlu khawatir lagi dengan keadaan itu. Karena busi yang basah atau kotor ternyata dapat dibersihkan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel.

busi sepeda motor

Caranya juga sangat mudah, bahkan untuk Anda yang tidak begitu mengerti tentang mesin motor. Penasaran seperti apakah caranya? Simak saja solusinya berikut ini!



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Lepaskan saja busi dari tempatnya. Pada beberapa varian motor memang melepas busi itu terkadang sulit untuk dilakukan. Harus diingat juga bahwa melepas busi itu tidak boleh sambil menarik kabel. Karena hal ini bisa menyebabkan bagian kop businya terputus.
  2. Untuk pengendara motor yang melintasi jjalanan basah juga jangan lupa untuk ditutup bagian lubang besinya menggunakan kain kering yang bersih. Umumnya setiap motor itu punya kunci busi yang dapat dibawa kemana saja supaya bisa mempermudah penggunanya dalam mengganti businya. Fungsi dari kunci busi ini adalah supaya Anda bisa lebih mudah dalam melepaskan businya.
  3. Rendam saja businya dalam sebuah tempat yang diisi dengan bensin dulu. Hal ini bisa membuat kotoran yang telah menempel pada busi lebih mudah untuk dibersihkan.
  4. Pakailah sikat kawat untuk membersihkan kotoran yang telah menempel pada bagian busi. Jangan lupa juga untuk menggosok memakai sikat kawat dibagian yang terlihat kotor saja, karena bila Anda menggosok dibagian yang tidak kotor, hal ini bisa membuatnya menjadi lecet. Selain itu, Anda juga dapat membersihkannya dengan sikat gigi dan lap kering, namun waktu yang dibutuhkan semakin lebih banyak dari pada memakai sikat kawat.
  5. Saat Anda merasa bahwa businya cukup bersih, langsung saja keringkan menggunakan lap yang bersih sampai kering. Bila dirasa perlu, pakai saja compressor yang bertekanan tinggi supaya semua sisa kotoran kecil yang tidak terlihat bisa tertiup.
  6. Sebelum memasang busi sepeda motor ini pada tempatnya, lakukan saja pembuangan uap air yang bisa saja masih tersisa dibagian lubang besi atau lubang mesinnya. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak mencabut kain yang dipakai untuk menutup lubang besi, setelah itu nyalakan saja motornya dengan cara manual menggunakan kick starter saat kondisinya sedang off kuncinya. Lakukan pengulangan ini sampai semua sisa air keluar hingga bersih.

Bila semuanya sudah dilakukan, maka selanjutnya pasang lagi businya. Namun, saat ingin memasangkan businya kembali, sebaiknya janganmasukkan businya dengan paksa. Karena bila letaknya sesuai, busi langsung terpasang. Bila Anda kesulitan untuk memasang businya kembali, Anda dapat mencari posisi yang lain yang lebih tepat ketika memasukkan busi. Barulah langkah terakhirnya adalah segera tutup kop busi sepeda motor dengan sesuai.

Ini Jadinya Bila Busi Sepeda Motor Tidak Dibersihkan, Ini Solusinya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5