Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur

Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur – Motor yang lama tidak dipakai atau lama tidak dipanaskan itu sudah pasti bisa mengakibatkan banyak masalah. Maka dari itulah, sebaiknya Anda harus tahu bagaimana cara memanasan motor yang benar, agar aki motor tidak sampai soak dan rusak. Karena, sebenarnya salah satu permasalahan pada motor yang jarang digunakan adalah sudah pasti dibagian akinya. Aki bisa menjadi soak atau tekor bisa terjadi karena motor tidak dirawat dengan baik.

cara memanasan motor

Tentu saja dengan rusaknya aki motor ini bisa berlanjut pada permasalahan yang lainnya. Maka dari itulah, bagian yang satu ini harus dijaga dengan baik. Karena hal ini bisa berdampak buruk pada motor Anda nantinya. Yang jadi pertanyaannya adalah apakah permasalhaan ini bisa dihindari sebelumnya?

Baca Juga : Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur

Namun meskipun begitu, sebenarnya permasalahan itu masih dapat dihindari dengan cara yang paling mudah. Yaitu, dengan cara memanasan motor yang benar sesekali mungkin. Karena memanaskan motor itu tidak boleh sembarangan begitu saja. Terlebih bila Anda sering kali membiarkan motor Anda menyala dalam kondisi langsam ataupun stasioner tanpa menjalankannya. Dijamin, aki motor bisa menjadi cepat rusak.

Mau tahu alasannya?



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Karena, ketika motor langsam, hal ini membuat pasokan arus listrik yang nantinya dihasilkan menjadi lebih kecil. Hal ini disampaikan oleh seorang senior Manager dari PT Motobatt Indonesia, yaitu Rommy Sukmadjaja. Maka dari itulah, sebaiknya tetap jalankan motor untuk memanaskannya meskipun Anda hanya mengelilingi komplek saja. Setidaknya, gunakan 1 minggu sekali ataupun 1 minggu 2x untuk membuat aki motor tetap terjaga dan tidak sampai soak.

Minimal harus digunakan untuk mengelilingi komplek. Atau khusus untuk motor gede yang jarang sekali digunakan, maka Anda bisa mencegah permasalahan aki tekor ini karena motor jarang digunakan, dengan cara melakukan keliling komplek atau Sunday morning ride, yang disingkat juga dengan sebutan Sunmori. Otomatis dengan cara inilah bisa membantu motor gede Anda bisa menjadi tetap terawat.

Karena, dengan tidak lupa untuk memanaskan motor inilah akan membuat pasokan arus listrik yang masuk ke dalam aki motor juga menjadi lebih besar. Hal ini jauh lebih baik dari pada dipanaskan dalam keadaan statis atau hanya berdiam saja di tempatnya. Maka dari itulah, bila sebelumnya Anda mungkin merasa bahwa memanaskan motor itu tidak harus selalu keluar rumah, maka Anda salah!

Yang namanya memanaskan motor itu adalah seharusnya Anda tetap menggunakannya di jalanan. Meskipun hanya 5 menit atau 10 menit saja, itu penting sekali untuk membuat arus listrik tetap terjaga. Jadi, salah satu cara terbaik agar dapat mengembalikan kapasitas dari aki adalah masih dengan cara di charge.

Di charge disini maksudnya adalah dengan cara melakukan charge aki motor memakai sebuah alat khusus. Untuk cara yang satu ini, Anda tak perlu memanaskan motor Anda lagi. Anda juga tidak perlu takut akan tekor akinya. Karena, dengan cara  charge aliran listrik inilah maka pengisian aki murni ini menjadi semakin lebih stabil.

Karena, bila motor mengalami masalah pada bebannya untuk injeksi, kemudian lampu klakson, dan masih banyak lagi masalahnya. Seperti yang telah diketahui, bahwa aki motor itu bisa mempengaruhi kinerja motor secara keseluruhan. Maka dari itulah, aki motor itu harus benar-benar dijaga dengan baik. Jika tidak, maka akan ada banyak permasalahan pada motor Anda nantinya.

Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur | Sinta Rizki Fadila | 4.5