Cara Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel

Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel – Mungkin bagi sahabat Otorider yang hobinya otak – atik sepeda motor atau yang berprofesi sebagai mekanik sepeda motor, karburator bukanlah sesuatu yang asing lagi, karburator merupakan salah atau komponen penting pada sepeda motor, karburator memegang peranan dalam proses pembakaran dengan fungsinya yaitu mencampurkan bahan bakar dengan udara (pengkabutan bahan bakar) yang kemudian nantinya akan langsung disalurkan ke dalam ruang pembakaran.

Dalam perkembangan jaman saat ini, motor – motor keluaran terbaru pun sudah mulai meninggalkan pemakaian karburator dan diganti dengan sitem injeksi atau lebih dikenal dengan istilah Electric Fuel Injection (ECU) atau bahan bakar terkomputerisasi, maka dari itu, ditakutkan di masa depan akan makin sulit untuk menemukan mekanik karburator, oleh karena itu sangatlah penting bagi Sahabat Otorider untuk bisa belajar Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel, mulai dari sekarang agar lebih paham membersihkan karburator motor tanpa membongkar yaitu dengan membersihkan karburator dengan carb cleaner yang lebih efisien.

Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel

Karena itu bagi sahabat otorider yang masih menggunakan motor bebek atau pecinta motor bebek dianjurkan untuk selalu merawat karburator agar motor bisa selalu dalam kondisi baik, biasanya gangguan pada karburator terjadi karena kemasukan air dan kotoran lainnya sehingga nyala motor jadi tersendat atau bahkan mogok, jadi salah satu cara perawatan karburator yang efektif adalah dengan melakukan pembersihan pada karburator secara rutin agar pembakaran bensin dan udara tidak tercampur air, kotoran dan zat lainnya.

Sebenarnya ada 2 cara untuk membersihkan karburator yang bisa Sahabat Otorider lakukan sendiri. Yang pertama bisa dilakukan secara manual dan yang kedua dengan menggunakan cairan Carb Cleaner khusus motor yang bisa didapatkan  di toko onderdil/ bengkel motor terdekat, untuk Membersihkan Karburator Tanpa ke bengkel, seperti cara membersihkan karburator Honda, cara membersihkan karburator Vespa, dan membersihkan karburator satria FU, sobat Otorider bisa menggunakan cara manual yang ulasannya telah disiapkan oleh tim otorider.net dibawah ini.

Simak juga Ulasan : Tips Servis Injektor Motor Injeksi

Tips Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel

  • Melepaskan bagian Karburator dari tempatnya/ dudukannya

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mencari tempat yang rata, lalu gunakan standar tengah agar motor dalam keadaan tegak. Kemudian mulailah untuk melepaskan bagian yang menghalangi karburator, dan setelah itu Sahabat Otorider bisa melepaskan karbu dari manifoldnya (dudukannya).

Cara Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel Melepaskan Karbu



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  • Membuka bagian mangkuk karburator dan membersihkannya

Selanjutnya setelah melepas karburator dari tempatnya, selanjutnya bukalah mangkuk karburator motor Anda, periksa apakah terdapat endapan, kotoran atau kontaminasi air di dalam mangkuk tersebut, jika ada, lakukan pembersihan mangkuk karbu dengan mengguunakan kuas dan bilasan bensin, pembilasan menggunakan bensin akan lebih efektif dalam membersihkan kotoran – kotoran.

  • Membersihkan bagian Pilot Jet karburator

Jika sudah membersihkan mangkuk karburator, lanjutkan ke bagian pilot jet, lepaskan bagian pilot jet terlebih dahulu, setelah itu bersihkan dengan cara meniup lubang pilot jet kuat – kuat atau jika Sahabat Otorider memiliki kompresor, tiuplah dengan kompresor bertekanan tinggi agar lebih maksimal.

  • Membersihkan bagian Main Jet

Selanjutnya lepaskan bagian main jet karburator dan lakukan pembersihan yang sama dengan pilot jet. Bisa coba Anda tiup kuat – kuat atau menggunakan tiupan kompresor bertekanan tinggi jika Sahabat Otorider punya, bisa juga dengan cara membersihkan karburator dengan carburator cleaner.Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel Melepas Spuyer Bensin

  • Membersihkan bagian Needle Jet

Jika pilot dan main jet sudah bersih, lanjutkan dengan melepaskan bagian needle jet dari karburator. Tiup sekuatnya atau pakai kompresor. Jangan lupa juga untuk membersihkan badan karburator dan meniup lubang –lubang moncong karburator agar tidak ada kotoran yang bisa menyumbat aliran udara di karburator.

Cara Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel Membersihkan Spuyer

  • Merangkai kembali bagian – bagian Karburator dan memasangnya kembali ke sepeda motor

Sebagai langkah terakhir, jika Sahabat Otorider sudah membersihkan seluruh bagian dari karburator, Anda bisa mulai merakit komponen – komponen karburator kembali, jangan sampai salah dalam merangkai, setelah itu pasang kembali karburator ke sepeda motor sobat Otorider.

Nah itu tadi langkah – langkah dalam Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel sepeda motor dengan baik dan mudah, jangan lupa untuk menyetel ulang karburator sesuai kenyamanan dan selera sahabat Otorider masing – masing setelah melakukan pemasangan karburator ke motor, panasi mesin dan tes dahulu agar performa motor kembali maksimal dan nyaman digunakan berkendara di jalanan.

Demikian ulasan mengenai tahapan dan cara Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • cara membersihkan karburator satria fu (57)
  • cara membersihkan karburator vespa (55)
  • cara membersihkan karburator motor (38)
  • cara membersihkan karbu vespa (26)
  • cara membersihkan karbu satria fu (23)
  • cara membersihkan karbu (22)
  • cara membersihkan karbu Fu (19)
  • cara servis karbu fu (19)
  • cara servis karburator satria fu (18)
  • cara servis karburator fu (17)
Cara Membersihkan Karburator Tanpa Ke Bengkel | Sabian | 4.5