7 Cara Mudah Membuat Motor Kita Menjadi Motor Drag (Balap)

Cara membuat motor biasa menjadi motor drag~Sangat banyak orang yang telah melihat serta menyaksikan balapan motor drag, namun tidak dapat dipungkiri bahwa hanya sedikit orang yang mengetahui apa itu drag bike.

Drag racing merupakan balapan yang terdiri atas 2 peserta. Dimana dua peserta tersebut start bersebelahan tapat di belakang garis start. Peserta akan memacu motor melewati lintasan lurus ketika lampu start warna hijau telah ddinyalakan.Drag bike ini hampir sama dengan balap motoGP akan tetapi memiliki lintasan yang lebih pendek dibandingkan dengan balam motoGP. Di Indonesia telah banyak balapan drag bike yang dilaksanakan pada trek 201 M dimana dalam hal ini mengalami keterbatasan lahan.

Dengan adanya drag racing ini, maka sangat banyak orang yang ingin ikut serta dalam perlombaan tersebut. Berbagai cara telah dilakukan untuk memenangkan drag racing mulai dari berlatih, sampai memodifikasi motor biasa menjadi motor drag.

Banyak orang yang keliru mengenai balap motor drag, balapan ini tidaklah segampang dengan apa yang dipikirkan. hal ini membutuhkan jam terbang tinggi serta teknik yang baik agar dapat melaju kencang di arena balapan.

Hal yang suli dalam balapan ini adalah melakukan start. Keseimbangan berat motor yang ringan perlu dijaga dengan keahlian khusus. Serta teknik dalam menaikkan /menurunkan gigi sangat tidak mudah dilakukan.

Balapan ini merupakan wadah bagi pecinta motor cepat. Bahkan kecepatan motor drag yang terbaik mampu mengalahkan top speed yang berasal dari motor tercepat Moto GP.

F1 dan MotoGP akan mudah dikalahkan jika adu kecepatan dengan motor drag. Baru- baru ini telah tercatat bahwa motor drag tercepat di cetak oleh Dodge Tomahawk dengan kecepatan mencapai 560 km/jam.

Telah banyak masyarakat Indonesia yang terjun langsung untuk mengikuti drag bike bahkan banyak pula yang memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam kejuaraan resmi. Akan tetapi, anak muda sekarang banyak yang memilih untuk balapan liar dan hal itu merupakan sebuah pelanggaran.

Jika ingin memiliki motor drag, kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membelinya akan tetapi kita dapat memodifikasi motor pribadi kita menjadi motor drag. Ketika motor pribadi sudah di ubah menjadi motor drag, maka kita juga bisa menggunakannya sebagai motor sehari-hari. Akan lebih keren jika digunakan untuk jalan-jalan.

Banyak anak muda jaman sekarang yang ingin menyulap motor yang biasa menjadi motor drag. Akan tetapi, sebagian dari mereka tidak mengetahui bagaimana mengubah motor biasa menjadi motor drag.

Sederhananya, jika ingin membuat motor standar menjadi motor drag, diperlukan pengetahuan khusus dalam hal racing motor. Jika tidak memiliki dasar, sembelumnya kita perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa langkah yang mendasar. Silahkan simak langkah-langkah membuat motor drag dibawah ini.

cara bikin motor drag harian, cara membuat motor drag vega, cara membuat motor drag supra, cara membuat motor drag mainan, cara membuat motor drag mio, cara membuat motor drag rx king, settingan motor drag, harga motor drag paling murah,

Cara Membuat Motor Biasa Menjadi Motor Balapk

Cara membuat Motor Biasa menjadi Motor Drag untuk balapan

1.Mengganti Sasis khusus drag

Pertama yang kita lakukan dalam mengubah motor drag menjadi motor biasa yaitu dengan mengganti sasis. Sasis merupakan kerangka dalam yang menjadi dasar dalam pembuatan motor drag. Untuk motor drag, sasis harus benar-benar ringan. Jika kurang ringan, maka sebaiknya ganti dengan yang baru. Dalam hal ini, sasis dapat menghabiskan banyak biaya.

Dalam hal rangka, sekarang sudah banyak yang beredar produk aftermarketnya. Juga banyak varian bahan, ada yang terbuat dari aluminium, bahkan berbahan titanium sudah banyak yang dipasarkan. Tentu saja akan menambah keamanan serta mendapatkan bobot ringan yang baik.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk sasis berbahan besi dengan berat 7 kg ditawarkan dengan harga murah yaitu Rp 2,5 juta. Untuk sasis berbahan aluminium, memiliki berat atau bobot rangka 2,9 kg ditawarkan harga Rp 6 juta. Sedangkan sasih yang berbahan titanium dengan bobot 1,8 kg ditawarkan dengan harga Rp 12 juta.

Untuk versi impor yang berasal dari jepang, sasis motor drag berkisar antara 10-25 juta rupiah. Jangan khawatir, karena harga sasis standar di Indonesia hanya berkisar 2 jutaan.

Nah disini tergantung dari selera kita, jika kita memiliki uang lebih maka sebaiknya pilih berbahan titanium dimana memiliki ketahanan serta bobot ringan.

2.Kaki-kaki motor drag yang sesuai

Untuk kaki-kaki motor drag, pilihlah shockbreaker yang cocok dengan ukuran sepeda motor yang kalian miliki. Selain itu, ukuran ban juga perlu disesuaikan, yakni 50/90 untuk ban bagian depan dan bagian belakang berukuran 60/80.

Diameter pelek juga perlu diperkecil mengikuti ukuran ban, karena hal ini berhubungan dengan mesin yang nantinya akan di-bore up.

Yang perlu diketahui, semakin kecil kaki-kaki motor drag, semakin kecil pula ban yang akan digunakan, maka akan mengurangi keamanan dalam berkendara. Jika menggunakan kaki-kaki kecil, sebaiknya hati hati serta tidak ugal ugalan dalam mengendarai motor.

3.Modifikasi Mesin motor drag bertenaga besar

Hal terpenting dalam drag race jarak jauh merupakan tenaga. Dalam hal ini dibutuhkan modifikasi mesin sehigga bertenaga besar. Mengganti mesin biasanya dilakukan pada asklep atau noken as, karburator, kabel busi, piston, dan beberapa komponen lain yang dibutuhkan dalam balap.

Perbesaran langkah, diameter piston, serta perbandingan transmisi termasuk penting. Faktor penting dalam meningkatkan performa motor yaitu perbandingan gigi akhir.

Dalam drag race banyak orang yang mengandalkan jenis mesin Mitsubishi 4G63T, karena soal harga mesin ini lebih murah dibandingkan dengan membeli mesin Lancer CK4. Selain itu, ada juga yang menggunakan mesin Honda B keluaran 1989 untuk kelas All Motor. Di tanah air, bisa dibilang mesin B series telah mendominasi kelas tersebut. Yang banyak diburu sekarang ini yaitu tipe B20 Frankenstein dimana kelebihannya bisa di distroke up hingga 2.200 cc. Kalian juga tidak perlu khawatir, soal part racing telah banyak disediakan part Jepang maupun part Amrik

4.Menyesuaikan motor drag dengan Gaya dan Tubuh

Jika bodi/sasis sudah ringan, kaki kaki juga sudah bagus, serta mesin sudah memadai, maka langkah selanjutnya yaitu pengaturan motor drag agar sesuai dan pas dengan tubuh dan gaya kaki anda.

Yang perlu diperhatikan yaitu pada pegangan tangan, jok atau tempat duduk, serta pijakan kak. Semua harus nyaman digunakan. kenyamanan dalam berkendara pastilah sangat berpengaruh dimana dalam drag racing dibutuhkan keseimbangan. jika tidak nyaman dengan motor drag sendiri, tentu saja akan mempengaruhi keseimbangan.

5.Tampilan menarik motor drag

Pada bagian tampilan, kita dapat menyesuaikannya dengan selera. Dalam hal ini, kalian dapat menghias serta mengkreasikan motor drag sesuai dengan keinginan kita. Disinlah kita diberi kesempatan untuk berkreasi, kita pasti menginginkan desain motor drag yang keren. Tampilan motor drag versi rumahan sama sekali tidak masalah, yang terpenting adalah digunakan dengan benar dan mengutamakan keselamatan.

6.Biaya Modifikasi untuk motor drag

Biaya yang dikeluarkan dalam mengubah motor biasa menjadi motor drag berkisar antara 3-5 juta rupiah. Jika menginginkan motor drag yang wow, diperlukan biaya sekitar 10-20 juta rupiah.

Jika ingin modifikasi motor drag yang murah, sebaiknya menggunakan motor matik saja, mengapa? Karena kalian tidak perlu repot-repot untuk mengganti gigi transmisi yang mahal. Cukup dengan memperbesar diameter silinder serta memperpanjang langkah.

Kesimpulan

Untuk membuat motor biasa menjadi motor drag terdapat 6 hal dasar yang perlu diketahui yakni sasis drag, kaki-kaki motor drag, modifikasi mesin, penyesuaian gaya serta tubuh, tampilan motor drag, serta biaya yang perlu dipersiapkan. Pada bagian tampilan, tidak ada hal khusus yang perlu di terapkan karena hal ini tergantung pada kreasi kita terhadap tampilan motor drag yang dibuat.

Nah, dari penjelasan di atas kalian telah mengerti sekilas tentang motor drag serta bagaimana cara mudah mengubah motor biasa menjadi motor drag. Sangat praktis bukan? Hal yang paling utama kalian siapkan adalah uang.

Baca Juga : Ternyata Air Hujan Bisa Memasuki Tangki Motor Anda, Ini Dia Infonya

Terima kasih, jika kalian ingin mencoba jangan lupa share dan digunakan dalam hal kebaikan.Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

7 Cara Mudah Membuat Motor Kita Menjadi Motor Drag (Balap) | Dedy | 4.5