Cara Membuat Motor Drag Yang Cocok Untuk Balapan Liar Dan Lomba

Seperti yang kita ketahui pada umumnya anak anak di usia muda yang masih menginjakkan kakinya di bangku sekolah sangat gemar mengendarai sepeda motor dengan laju tinggi. Apakah anda pernah mendengar tentang balap liar atau sejenisnya yang kini marak terjadi di berbagai wilayah? Lomba balap motor ini terkadang diadakan secra resmi atau liar dengan menggunakan jalan raya yang sangat yang bentuknya lurus tanpa ada tikungannya, selain itu mereka juga memmilih jalan yang intensitas pengguna jalannya tidak ramai dan mereka biasanya ajang balapan tersebut dilakukan larut malam.

Lain halnya dengan balapan resmi, segala sesuatunya telah diperhitungkan sperti sirkuitnya yang sudah dipastikan layak untuk digunakan sebagai arena balap supaya para pembalapnya sangat aman saatmemacu kendaraannya dan para penonton juga bisa melihat aksi ridernya dengan nyaman dan aman pastinya.
Para pembalap motor tentunya memiliki satu tujuan yaitu bisa menjadi jawara di setiap ajang balap motor. Untuk hal itu mereka jelas sudah menyiapkan beberapa hal mulai dari motor yang akan digunakan dan tehniknya saat di sirkuit. Para pembalap biasanya memilih bengkel yang sangat terpercaya untuk membuat motornya lebih kuat dengan kecepatan laju yang sangat cepat. Mereka mempercayakan motornya kepada mekanik mekanik handal. Meskipun harus menunggu karena gak jadi problema yang paling motor balapnya bisa disetting dengan sempurna.


Salah satu bengkel yang biasanya sering dipantengin sama para pembalap motor tersebut yaitu bengkel Satelit Jaya Motor. Bengkel tersebut letaknya di jalan raya parung kota Kembang RT/RW 03/04 Depok loh guys..jadi bengkel ini menjadi salah satu bengkel favorit para pembalap motor, dalam artian bengkel ini sangat terkenal karena bisa menyeting motor motor yang akan mengikuti lomba balap menjadi sangat cepat dibanding dengan motor biasa pada umumnya, sehingga sebagian besaar motor yang di setting di bengkel ini selalu menjadi juara pada ajang balap motor.
Bengkel Satelit Jaya Motor ini sudah terkenal loh,,tidah hanya di Depok saja tapi sudah terkenal sampai wilayah Jabotabek, kota kembang Bandung, pulau Jawa dan bahkan sampai Sulawesi. Kalian tau nggak kalau salah satu motor yang diTuneUp olehnya telah ditulis oleh media otomotif nasional karena terus menerus menjadi jawara disetip ajang balap motor.
Berbeda dengan bengkel pada umumnya, bengkel tersebut hanya berukuran tiga kali tujuh meter saja dan bentuknya seperti rumah kontrakan. Jika dilihat sekilas dari luar hanya tampak seperti bengkel bias yah..akan tetapi jika kita meninjaunya ke dalam bengkel ersebut maka kalian akan melihat beberapa pajangan motor drag race yang sudah diTuneUp oleh mekanik mekanik handal dan siap untuk terjun ke arena balap.
Pemilik bengkel Satelit Jaya Motor yakni Eko Aryanto yang merupakan salah satu mekanik handal di bengkel tersebut menjelaskan bahwa jika ingin motor dapat berlari kencang sampai menjadi jawara dalam ajang drag race maka motor tersebut harus dirubah dari ukuran standard menjadi ukuran yang memiliki kesuaian dengan kelas motor drag race. Nah penasaran kan apa saja yang mesti diubah diaantaranya adalah Gear ratio, Noken as, saher, pen struk kenalpot dan cc motornya dinaikin. Akan tetapi semua ukuran yang tidak standar itu harus disesuaikan dan seimbang dalam penempatan atau pemasangannya, jika pemasangannya tidak tetap dan tidak sesuai maka jangan berharap lebih deh motor tersebut akan melaju kencang, sekalipun bisa melaju kencang tapi lajunya tidak maksimal bahkan bisa jadi macet pada motor tersebut disaat sedang assyik balapan. Untuk itu sebelunya harus pandai pandai memilih mekanik, karena motor balap anda bergantung pada tangan sang mekanik karena Cuma mekanik handal yang memiliki peran penting dalam merubah atau menyetting motormu menjadi motor balap yang keren dan cepat.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Sekarang pasti kalian penasarankan berapakah budget yang mesti disiapkan jika ingin membuat motor seperti motor drag race? Menurut mas Eko sang pemilik bengkel ternama itu dana yang harus dikeluarkan berkisar antara lima sampai tujuh jutaan jika ingin merubah motor yang mulanya biasa aja menjadi motor drag race. Akan tetapi sebelumnya motor yang akan disetting harus dicek terlebih dahulu apakah mesin motornya masih layak atau tidak, jika sudah tidak layak maka budgetnya yang aan dikeluarkan lebih besar, bisa juga motor tersebut tidak bisa disetting menjadi motor drag race karena ada alasan alasan tertentu. Jika kalian punya budget hanya lima juta kalian bisamemilih menggunakan motor drag matic saja, selain pembiayaannya murah motor matic sekrang menjadi motor yang banyak digunakan dalam event balap motor loh karena para pecinta balap tersebut tidak perlu ambil pusing mengeluarkan dana besar untuk membeli Gear Rationya. Jika ingin mengubah motor maticmu menjadi motor drag race cukup andalkan pada peningkata strukenya atau langkah dan mengerjakan Bore Up.kedua hal tersebut kira kira menghabiskan dana sekitar tiga jutaan, sedangkan sisanya bisa kalian gunakan untuk mengganti Noken As nya sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu bagian pengapian dan juga bagin cvt juga harus diubah sesuai dengan kebutuhannya. Selebihnya kembali lagi ke mekaniknya karena biasanya mekaniknya memanfaatkan bagian bagian yang tersedia.

Untuk motor dua tak ternyata biayanya lebih banyak loh dibandingkan dengan motor matic dan bahkan sampai 2 kali lipat, kenapa demikian? Sebab bagian bagian motor ( spare part) yang mesinnya 2 tak itu lebih mahal. Contoh spare part yang mesti di ubah ataupun diganti yaitu Piston, gear dan lain sebagainya. Nah jika kamu ingin mengubah seperti hal tersebut maka kamu harus menyiapkan budget yang lebih besar yaitu sekitar sembilan jutaan. Gimana menurut kalian? Memang sekarang ini semuanya serba mahal yah guys.

Mungkin cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan tentang Cara Membuat Motor Drag, mudah mudahan berguna dan bermanfaat buat kalian semua terutama bagi pecinta motor drag. Jangan lupa untuk like, komen dan share yah!

Cara Membuat Motor Drag Yang Cocok Untuk Balapan Liar Dan Lomba | iyhan | 4.5