15 Cara Memilih Motor Bekas Berkualitas Secara Detail

15 Cara Memilih Motor Bekas Berkualitas Dengan Detail

Cara Memilih Motor Bekas Berkualitas – Sobat Otorider, ada yang ingin punya motor, namun budget terbatas buat beli baru? brader tidak perlu khawatir, sepeda motor bekas pun bisa jadi pilihan, bagi brader yang ragu akan kualitas motor bekas, ada Tips memilih motor bekas yang sudah crew otorider.net rangkum khusus buat sobat, asal kita pandai memilih beli motor bekas murah dan motor bekas berkualitas pun bisa diraih.

Oleh karena itu pilihan yang tepat adalah hal terbaik untuk mencari motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang brader miliki, nah apabila sobat juga berminat untuk membeli motor bekas? ada hal hal yang harus sobat ketahui jadi biar gak ketipu nantinya, walaupun terlihat body mulus tapi kita gak tahu dalamnya kan sama saja nanti kita melakukan perawatan malah bisa menghabiskan uang kita, memilih motor bekas itu seperti memilih pasang hidup, karena nantinya motor tersebut akan selalu mendampingi kita dimanapun kita berada dan dalam keadaan apapun.

Sebelum memilih dan membeli motor bekas di showroom hal terpenting yang harus dilakukan adalah budgeting, maksudnya brader harus menyesuaikan kemampuan financial sobat dengan harga dari motor bekas, jadi brader harus bijak dalam memilih motor yang harganya tidak memberatkan keuangan, kemudian sebelum membeli, jangan lupa akan kebutuhan brader, jadi motor yang akan brader beli akan dipergunakan untuk keperluan apa, misalnya apakah untuk transportasi, koleksi, mengangkut barang berat atau lainnya, jika sudah tahu kemampuan financial dan kebutuhannya untuk apa, baru brader bisa melihat Cara Memilih Motor Bekas Berkualitas dibawah ini:

Tips Membeli Motor Bekas yang Bagus

  1. Jangan Terpaku Pada 1 Merk / Jenis Motor

Merk dan jenis motor sangatlah banyak, oleh karena itu brader sebaiknya memiliki daftar motor yang akan dibeli, gunanya untuk berjaga – jaga jika motor incaran stoknya kosong, jadi bisa mencari list motor yang lain.

  1. Spesifikasi Motor

Yang pertama brader harus mencari tahu spesifikasi lengkap dari motor pilihan brader, cari info sedetil – detilnya tentang kelebihan dan kekurangan motor bisa dari internet atau bertanya kepada teman.

  1. Cek Harga Pasaran

Brader juga harus mencari tahu range harga dari motor bekas yang jadi incaran, jangan mencari hanya 1 referensi saja, carilah referensi harga sebanyak – banyaknya karena pastinya setiap penjual motor memiliki harga jual berbeda – beda, tidak perlu malu jika banyak tanya pada penjual, dan jangan lupa untuk mencoba menawar harga motor.

  1. Berburu Motor Bekas

Bisnis jual beli motor bekas sudah menjamur dimana – mana, banyak pilihan buat brader jika menginginkan motor bekas, brader bisa mencari di dealer motor bekas yang terpercaya, pilihan motor bisa banyak disini, cara lainnya bisa dengan mencari iklan penjualan motor dari berbagai media, baik itu media cetak atau online, disini kebanyakan penjual motor bekas sedang butuh – butuhnya uang, sehingga harga yang ditawarkan bisa lebih murah dan bahkan masih bisa ditawar, dalam berburu motor bekas brader dianjurkan untuk mencari motor tetangga, maksudnya motor yang dekat – dekat saja dalam radius kota, dengan begitu pengecekan motor bisa mudah, dan pengurusan surat – surat kendaraan tidak makan terlalu banyak biaya, serta bisa meminimalisir penipuan.

  1. Riwayat Kendaraan Bagus

download (1)

Setelah menemukan penjual motor bekas, kali ini saatnya brader mengecek riwayat motor bekas, pastikan bahwa motor bekas yang dijual bukanlah motor curian, motor sitaan atau motor yang sedang dijadikan jaminan, selain itu cari tahu apakah motor pernah mengalami kecelakaan parah atau sudah ada part yang tidak orisinil, hal ini cukup penting bagi brader agar tidak ada masalah dikemudian hari.

  1. Cek Kondisi Roda

Lakukan pengecekan terhadap kondisi roda, bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chassis atau rangka tidak membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada chassis.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Cek Kondisi Kelistrikan

Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik starter motor, apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.

  1. Cek Rangka atau Sasis Motor

Perhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokan, jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan, hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.

  1. Cek Perpindahan Gigi

Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak, apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan, kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.

  1. Hidupkan Mesin Motor

Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam, karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm, serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.

  1. Cek Speedometer

Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran, lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut, jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera sobat diganti, tentunya akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

  1. Kelengkapan Surat Kendaraan 

download (2)

Kelengkapan dokumen motor bekas seperti STNK dan BPKB juga harus dipastikan sebab itu salah satu Cara Memilih Motor Bekas Berkualitas, brader pasti tidak mau menerima motor yang tidak ada surat –suratnya, karena bisa jadi illegal selain itu perhatikan apakah surat motor bekas itu resmi (bukan palsu) dan tidak sedang dijaminkan.

  1. Jangan Malu Bertanya

Yang namanya pembeli pasti menginginkan informasi yang lengkap, oleh karena itu aktiflah dalam bertanya, jika brader merasa ada yang janggal pada motor bekas, langsung tanyakan apa pernah ada masalah, karena mungkin saja ada informasi yang lupa diberitahukan atau dirahasiakan pada brader sebagai calon pembeli.

  1. Test Drive

images

Nah, sambil brader bertanya lakukan test drive pada motor bekas yang akan dibeli, hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi motor bekas secara langsung, selain itu brader juga bisa membuktikan informasi yang diberikan oleh penjual tadi, apakah sesuai atau tidak, pada umumnya hal yang wajib di cek pada motor adalah rem, tingkat kekerasan shock, akselerasi, kelistrikan motor, kondisi mesin motor dan lain – lain.

  1. Negoisasi Tenang dan Tidak Terburu – buru

images (1)

Akhirnya jika memang sudah menemukan kecocokan pada motor pilihan, proses terakhir adalah negoisasi, karena yang namanya motor bekas harganya pun bisa disesuaikan dengan harga pasar dan kondisi motor, lakukan penawaran harga yang rasional sesuai harga pasar dan tidak terlalu jauh dari harga yang ditawarkan, usahakan jangan terburu – buru, lakukan dengan santai jika memang harga belum cocok, brader masih bisa mengecek motor bekas dari penjual lain sampai menemukan yang benar – benar pas.

Demikian ulasan Cara Memilih Motor Bekas Berkualitassemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • tips membeli motor matic bekas (49)
  • tips beli motor bekas (35)
  • tips membeli motor bekas (33)
  • cara memilih motor bekas berkualitas (29)
  • cara mengecek mesin motor bekas (19)
  • tips membeli motor bekas di showroom (18)
  • cara mengecek mesin motor (15)
  • cara mengecek motor bekas (11)
  • cek motor bekas 2 tak (2)
  • beli new cb150r bekas tips (1)
15 Cara Memilih Motor Bekas Berkualitas Secara Detail | Sabian | 4.5