Cara Memperpanjang STNK secara Online, PRAKTIS No Ribet!

Cara Memperpanjang STNK secara Online, PRAKTIS No Ribet – Sebagai seorang warga negara yang disiplin dan baik, sudah seharusnya setiap warga harus rutin dalam membayar paja. Dari sekian banyak pajak yang dikenakan, pajak motor tidak boleh terlipakan. Pajak kendaraan bermotor ini sering kali disebut juga dengan perpanjangan STNK. Menariknya lagi adalah, kini ada cara untuk memperpanjang STNK secara online. Sehingga, ketika Anda berada jauh dari rumah, Anda tidak perlu pulang ke kampung halaman terlebih dahulu untuk memperpanjang STNK. Karena, semuanya dapat dilakukan secara online.

Mau tahu seperti apakah caranya?

Baca juga : Review Motor Yamaha MT 25 Terbaru 2018

Di bawah ini adalah beberapa langkah paling praktis untuk membayar STNK secara online, tanpa calo, antara lain:

Pertama, cobalah buka dulu situs e-samsat yang tersedia berdasarkan letak propinsi Anda tinggal. Karena setiap provinsi mempunyai alamat e-samsat yang tidak sama. Misalnya Anda tinggal di area Jawa Barat, maka pakai saja alamat dari e-samsat Jawa Barat. Perlu digarisbawahi, bahwa layanan ini tidak berlaku di antara antar provinsi. Hingga saat ini, ada 7 provinsi yang melayani e-Samsat. Yaitu Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, bila sudah masuk situsnya, maka segera isilah data kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya. Pilih kota kendaraan, bila plat motor Anda Bekasi, maka pilih saja bekasi. Sedangkan untuk Samsat, bisa diisi dimanakah samsat tempat kendaraan Anda dulunya diurus. Untuk kolom Nopol disini nomor plat motor Anda. Sedangkan kolom kode, bisa dituliskan nomor kode captcha yang tersedia. Setelah itu, pilih cari. Bila sudah, maka Anda akan masuk ke laman baru, yaitu tertulis data kendaraan Anda beserta biaya pajak yang harus dibayar. Bila sudah benar, tekan Ya.

Ketiga, silahkan pilih kota letak pengambilan nota pajak. Caranya isilah form yang dipakai untuk bukti pengambilan nota pajak yang nantinya diserahkan pada samsat kota Anda tinggal saat ini.

Ke-empat, kini Anda tinggal membayar pajak lewat mobile banking, ATM, dan juga bisa lewat internet banking. Pembayaran pajak lewat internet banking ini bisa dilakukan lewat beberapa situs yang tersedia. Cukup pilih menu bayar, dan pilih multi payment. Kemudian, pilih samsat berdasarkan tempat tinggal Anda, disertai dengan kode bayar Anda dari situs samsat yang sebelumnya. Setelah itu, pilih lanjutkan. Maka proses pembayaran telah selesai dibuat. Kemudian, langsung print out sebagai bukti pemabyaran yang bisa ditukar pada nota pajak kendaraan baru Anda. batasan waktu untuk penukaran nota pajak ini umumnya hanya selama 7 hari dari print out pembayaran tersebut.

Kelima, ambil saja nota pajaknya di samsat yang telah Anda daftarkan tadi di jam kerja berlangsung. Anda harus membawa print out untuk bukti pembayaran internet banking, lengkap dengan KTP, dan STNK yang asli. Bukan foto copy-nya. Kemudain, langsung menuju ke loket pembayaran. Biasanya, proses pengambilan nota pajak ini selama 5 menit sampai dengan 10 menit, tanpa ad abiaya tambahan ataupun kupon antrian. Cukup datang saja kepada petugas yang ada dalam loket tersebut. mudahs eakli, bukan?

Kini, dengan adanya layanan memperpanjang STNK secara online inilah membuat para perantau makin nyaman. Karena kini mereka tidak harus pulang dulu ke daerah asal, ataupun harus antri sampai berjam-jam untuk membayar pajak motor. Selamat mencoba!

 

Cara Memperpanjang STNK secara Online, PRAKTIS No Ribet! | Sinta Rizki Fadila | 4.5