Cara Mengatasi Masalah pada Karburator Motor

Pengguna kendaraan bermotor tentu saja tidak asing dengan permasalahan yang dihadapi pada kendaraan bermotor mereka. Kadang – kadang, bila Anda telat atau terlambat dalam melakukan pengisian bahan bakar, hal tersebut akan membuat terjadinya masalah pada kendaraan bermotor Anda.

Cara Mengatasi Masalah pada Karburator Motor

Salah satu permasalahan yang timbul dalam kendaraan bermotor pada umumnya adalah RPM yang tidak stabil, sehingga ketika motor sedang dipanaskan, atau dalam kondisi diam, maka saat pengguna tidak menarik tuas motor, namun gasnya tiba – tiba mengeras dan kemudian melemah kembali, maka artinya RPM nya bermasalah.

Baca juga: Mudik Lebaran dengan Motor Scoopy 2016

Cara Mengatasi Permasalahan Karburator Motor

Ada juga permasalahan motor tersendat – sendat ketika ditarik lambat, seperti halnya sedang tidak memiliki tenaga. Hal tersebut bisa terjadi karena karburator motor sedang bermasalah. Jadi, bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada karburator sebuah motor, antara lain:

Mesinnya tersendat – sendat ketika stasioner

Masalah yang seperti ini bisa terjadi ketika terdapat campuran bahan bakar yang telah di venture dengan udara tersebut tidak seimbang. Hal ini membuat proses pembakaran motor menjadi tidak sempurna. Hal inilah yang kemudian menyebabkan hentakan tenaga yang berguna untuk mendorong pistonnya dalam menggerakkan motornya menjadi semakin melemah. Akibatnya, motor menjadi tersendat – sendat.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Maka dari itulah, jika motor Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya putar setelan dari sekrup udaranya menjadi searah jarum jam atau kea rah penutup. Ini akan berguna untuk meningkatkan campuran udara menggunakan bahan bakar. Setelah itu, pindahkan posisi pilot jet ke bagian tingkat yang jauh lebih besar, dan gantilah jarum skepnya atau throttle menggunakan jaruh berdiameter kecil. Ini akan memantu campuran udara dan juga bahan bakar menjadi lebih besar semburannya ke ruang bakar mesinnya.

Tarikan Motor sudah Mulai Melemah

Permasalahan yang seperti ini sama seperti yang sebelumnya. Karena hal tersebut bisa terjadi dikarenakan campuran antara udara dan bahan bakarnya tidak sempurna sama seperti ukuran pada umumnya dari pabrik. Sehingga, jika Anda mengalami permasalahan seperti itu, sebaiknya langsung ganti bagian main jetnya menggunakan ukuran yang jauh lebih besar.

Motor Ada Asap Hitamnya yang Didapat dari Knalpot

Masalah yang seperti ini bisa terjadi karena karburator motor yang terlalu basah. Sehingga, hal ini membuat asupan dari bahan bakar ke bagian lubang venture menjadi berlebihan. Hal tersebut akhirnya membuat takaran yang seharusnya menjadi justru sebaliknya. Sehingga, udara yang masuk tersebut menjadi sedikit.

Untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara memutar sekrupnya ke dalam setelah udara keluar atau tepat ke bagian melepas. Sehingga, udara bisamasuk ke dalam lubang. Setelah itu, langsung ganti spuyer pilot jetnya dari yang awalnya menggunakan ukuran yang kecil dan harus anti jarum skep menjadi ukuran yang jauh lebih besar.

Putaran Mesin Motor menjadi Melemah dan Mengambang

Permasalahan yang seperti ini biasanya sering kali terjadi ketika pengguna motor sedang menarik tuas gas, namun seperempat dari ukuran yang biasanya ternyata putaranmesinnya tidak naik. Hal tersebut membuat motor menjadi sulit untuk dijalankan. Ini bisa terjadi karena bahan bakar yang telah masuk ke dalam lubang venture karburator motor tidak banyak.

Nah, untuk mengatasi masalah karburator motor ini bisa dilakukan dengan menggunakan jarum skep yang kecil dan dengan cara memutar skep setelan udara tepat kea rah jarum jam. Dengan begitu, udara yang telah masuk ke dalam venture langsung ditekan dengan kuat, tepat ke ruang bakar.

Cara Mengatasi Masalah pada Karburator Motor | Sinta Rizki Fadila | 4.5