Cara Mengurus BPKB Hilang Ternyata Murah, Ini Buktinya!

Cara Mengurus BPKB Hilang Ternyata Murah, Ini Buktinya – Cara mengurus BPKB hilang perlu anda lakukan secepanya, sebab BPKB adalah surat yang sangat penting untuk membuktikan kepemilikan dari sebuah kendaraan yang bisa dibarengi dengan STNK.

Pentingnya BPKB Pada Kendaraan

BPKB adalah salah satu surat penting pada kendaraan yang harus dimiliki dan dipegang oleh pemilik, sebab surat tersebut berisikan data rincian berupa kepemilikan dari kendaraan yang telah anda beli beserta juga faktur yang terlampir menjadi satu seperti layaknya buku. Bukan hanya itu BPKB juga penting digunakan untuk keperluan seperti modal usaha, dengan cara menjaminkan salinan BPKB yang ada kepada pihak yang bersangkutan.

Cara Mengurus BPKB Hilang

Namun bagaimana jika BPKB tersebut justru hilang ? Lupa menyimpan atau mungkin terjatuh, tentu anda perlu mengurung kembali.  Dengan memperhatikan ulasan ini, maka anda akan tahu bagaimana cara mengurus BPKB hilang dengan benar.

Baca Juga: Mengejutkan! Anda Tidak Akan Percaya dengan Layanan Call Center FIF, Ini Alasannya!

3 Cara Mengurus BPKB Hilang Yang Perlu Anda Lakukan 

Tidaklah sulit mengurus surat kendaraan motor yang hilang ini, anda hanya perlu mengikuti cara mengurus BPKB hilang seperti yang kami jelaskan pada 3 cara berikut ini.

Persiapan Beberapa Dokumen Yang Diperlukan Sebagai Pendaratan Untuk Pengurusan

Apabila BPKB anda hilang, maka anda harus segera membuat baru. Dan perlu mempersiapkan hal ini terlebih dahulu, kumpulan dokumen tersebut lalu datang ke Samsat terdekat. Dan data yang perlu dikumpulkan adalah.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Identitas diri seperti KTP dan juga SiM
  2. Formulir Permohonan BPKB ( sudah diisi )

Dokumen yang lain :

  1. STNK asli dan juga fotokopi dan juga catatan panjangnya
  2. Fotokopi BPKB
  3. BAP dari Bareskrim
  4. Surat keterangan BPKP ( tidak sedang dalam jaminan )
  5. Bukti iklan benarnya hilang BPKB melalui media massa
  6. Surat keterangan hilang lnya BPKB yang telah diberi materai dan ditandatangani pemiliknya

Lakukan Dengan Benar  Proses Pada Setiap Tahapan Pengajuan Hilangnya BPKB

Apabila tahap pertama sudah anda lewati dengan benar, maka selanjutnya adalah memastikan kembali. Misalnya pada iklan yang ditayangkan apakah sudah sesuai dengan ketentuan waktu pada aturannya. Dan rangkai yang perlu dilalui tersebut kurang lebih seperti ini

  1. Lakukan pengisian formulir data permohonan BPKB yang telah disertakan dengan hasil dari cek fisik yang pada kendaraan. Bawa ke Samsat untuk melakukan cek fisik kendaraan.
  2. Sertakan semua persyaratan ke bagian loket pada BPKB
  3. Berikan bukti pembayaran kebagian loket, kemudian terima bukti bahwa anda keterangan berkas persyaratan telah diserahkan.
  4. Tunggu dalam waktu sekitar 1 Minggu dan ambil

Besaran Biaya Yang Perlu Anda Keluarkan

Untuk mengurus BPKB yang baru, maka rincian biaya yang perlu anda keluarkan adalah

Untuk kendaraan beroda 2 yaitu motor

Biaya untuk penerbitan baru yaitu Rp 80.000 dan biaya untuk mengganti kepemilikan untuk setiap penerbitan yaitu Rp. 80.000 jadi total biaya yang perlu Anda persiapkan adalah Rp. 160.000

Untuk Kendaraan beroda 4 yaitu mobil

Biaya untuk penerbitan baru yaitu Rp 100.000 dan biaya untuk mengganti kepemilikan untuk setiap penerbitan yaitu Rp. 100.000 jadi total biaya yang perlu Anda persiapkan adalah Rp. 200.000

Mudah bukan ? Dan semua proses yang dilalui diatas bisa anda lakukan sendiri, dengan mendatangi kantor Samsat di daerah terdekat anda tinggal. Jadi tunggu apa lagi, lakukan sekarang dan urus surat penting tersebut sekarang juga.

Cara Mengurus BPKB Hilang Ternyata Murah, Ini Buktinya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5