Cara Menyalakan Motor di Pagi Hari agar Motor Lebih Awet

Cara Menyalakan Motor di Pagi Hari agar Motor Lebih Awet – Salah satu proses perawatan motor yang paling mudah dan mendasar itu adalah bagaimana proses dan cara menyalakan motor di pagi hari supaya meisn motor bisa menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Cara Menyalakan Motor di Pagi Hari agar Motor Lebih Awet

Bagaimanapun juga, performa motor yang bagus adalah impian semua orang. Hal ini dikarenakan performa yang bagus akan membantu pengguna untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Karena, bila terjadi hal-hal buruk yang tidak terduga, sudah pasti ini akan merepotkan sekali. Maka dari itulah, sebaiknya pahami lebih dulu tentang bagaimana cara menyalakan motor di pagi hari agar Anda bisa lebih aman dan kendaraan motor Anda bisa lebih awet.

Baca juga: Akibat Jika Tangki Bensin Motor selalu Kosong

Karena, meskipun menyalakan mesin motor itu terlihat sangat mudah sekali. Namun, ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara menghidupkan motor yang benar itu. Sehingga, untuk orang-orang yang asal menyalakan motornya, hal ini membuat motornya menjadi lebih cepat rusak dan harus di bengkel. Terlebih sekarang ini kebanyakan motor sudah memakai system injeksi atau system PGM-FI, sehingga proses perawatannya harus benar-benar diperhatikan.

Cara Menyalakan Motor di Pagi Hari

Di bawah ini adalah cara menyalakan motor di pagi hari yang benar agar kendaraan bermotor Anda bisa menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak, antara lain:

Periksalah Kapasitas Olinya



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Anda harus memeriksa oli transmisi dan oli mesinnya sebelum Anda menyalakan kendaraan bermotor Anda. Jangan sampai kehabisan. Bila perlu gantilah oli secara berkala. Sehingga, Anda tahu apakah kualitas oli Anda masih bagus atau tidak. Anda bisa memperhatikan dari buku panduan untuk pemakaian motor Honda Anda, sehingga kenyamanan berkendara menjadi lebih baik dan tidak terganggu.

Perhatikan Stide Stand Switch dan Posisi Kunci Kontak

Salah satu hal termudah dalam menyalakan kendaraan Anda adalah dengan cara memutar kunci kontak dalam posisi yang ON. Namun, jangan sampai lupa untuk memperhatikan standardnya, yaitu stide stand switch. Hal ini dikarenakan mesin tidak akan bisa dinyalakan bila standar samping motor masih dalam kondisi yang turun.

Deteksi Lampu MIL atau Malfunction Indicator Lamp

Ketika lampu indicator malfunction indicator lamp sedang menyala, maka ECU nanti akan mendeteksi sendiri saat ada kerusakan di bagian sensor system injeksinya. Nah, dalam hal ini, kedipan untuk lampu indicator MIL nya bisa diketahui dengan cara membaca seputar berapa jumlah kedipan yang muncul. Hal ini berguna sekali agar bisa mendeteksi terhadap kerusakan yang terjadi di system motor.

Bila ternyata ada kedipan di bagian malfunction indicator lamp ini, maka itu artinya memang sedang ada kerusakan di bagian system PGM-FI motor. Bila hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa saja motor Anda ke bengkel terdekat untuk mendapatkan analisa lebih lanjut.

Pilih Starter

Bila lampu MIL Anda tidak berkedip, itu artinya sensor injeksi sedang tidak ada masalah. Jadi, silahkan hidupkan saja motor Anda ketika lampu MIL ini sudah padam. Untuk motor Honda itu umumnya punya 2 macam starter. Yaitu electric starter dan juga kick starter. Bila Anda berpikir bahwa menyalakan motor menggunakan kick starter itu bisa membuat tegangan yang disimpan dalam baterai menjadi lebih awet, maka sebenarnya menggunakan cara menyalakan motor di pagi hari electric starter pun juga demikian.

Karena saat memakai cara ini, maka tegangan yang dibuang langsung otomatis diisi lagi oleh regulator ketika mesin sudah dalam kondisi yang menyala.

Cara Menyalakan Motor di Pagi Hari agar Motor Lebih Awet | Sinta Rizki Fadila | 4.5