Cara Mudah Mengecek Aki Motor

Cara mudah mengecek aki motor – Aki motor atau juga sering disebut Accu merupakan salah satu komponen sepeda motor yang memiliki peran yang sangat penting berhubungan dengan penyuplaian aliran listrik ke seluruh bagian motor mulai dari sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya, pada umumnya ada 2 jenis aki yang sering digunakan oleh pabrikan otomotif saat ini, yakni aki basah dan aki kering.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Untuk pembahasan kali ini tim redaksi Otorider.net telah menyiapkan ulasan – ulasan mengenai spesifikasi aki motor dan berbagai cara mudah mengecek aki motor serta mendeteksi aki motor tekor.

Fungsi aki itu sendiri adalah untuk menyimpan energy listrik dalam bentuk energy kimia yang nantinya akan digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik kendaraan bermotor untuk lebih jelas berikut pembahasan mengenai cara mengecek aki kering serta komponen – komponen yang ada di dalam aki :

Cara Mudah Mengecek Aki Motor Aki Shorai

Bagian – bagian Aki (Accu)

  1. Kotak Aki

Kotak baterai berfungsi sebagai pelindung luar untuk komponen – komponen yang berada di dalam aki, selain itu kotak baterai juga berfungsi sebagai ruang untuk endapan – endapan baterai bagian bawah.

  1. Tutup Aki

Bagian ini berfungsi sebagai penutup bagian atas aki, tempat dudukan terminal – terminal aki dan sebagai lubang ventilasi.

  1. Plat Aki

Pada aki terdapat 2 macam plat, plat positif dan plat negative yang grid-nya terbuat dari antimony dan paduan timah. Untuk plat positif dilapisi aktif oksida timah dan plat negative terbuat dari sponge lead, ukuran plat ini akan mempengaruhi besar kecilnya arus yang dihasilkan.

  1. Separator

Terletak diantara plat positif dan negative, bagian ini bertujuan untuk mencegah hubungan singkat antar plat.

  1. Sel

Penyekat yang membatasi unit plat positif dan negative disebut sel, sel –sel baterai yang dihubungkan secara seri antara satu dengan lainya akan menentukan tegangan aki yang dihasilkan.

  1. Penghubung sel

Plat logam yang dihubungkan dengan plat – plat baterai. Di setiap sel terdapat 2 plat penghubung untuk positif dan negative.

  1. Pemisah sel

Adalah bagian kotak baterai yang memisahkan tiap sel.

  1. Terminal aki

Terletak di bagian atas dari aki dan terdiri dari terminal positif dan negative.

  1. Tutup ventilasi

Hanya terdapat pada jenis aki basah, fungsinya sebagai tutup lubang pengisian air aki dan untuk membuang gas hydrogen yang dihasilkan dari proses pengisian.

  1. Larutan elektrolit

Merupakan cairan dalam aki yang berupa campuran asam sulfat dan air yang nantinya bereaksi dengan bahan aktif pada plat dan menghasilkan listrik.

Cara Mudah Mengecek Aki Motor Komponen Penting Aki Motor

Baca juga : Setting Motor Bebek 2 Tak Korek Harian

Setelah brader Otorider memahami komponen – komponen aki, tim redaksi otorider.net akan memberikan tips dan cara mudah mengecek aki motor yang bisa sobat Otorider bisa lakukan sendiri di rumah, ada beberapa cara untuk mengecek kondisi aki motor yang bagus ataupun aki motor soak diantaranya.

Cara Mudah Mengecek Aki Motor :

  • Cara pertama dengan meraba permukaan depan

Biasanya aki motor soak tersebut cenderung mengembung, jika casing aki dirasa menonjol atau gembung berarti menandakan aki sudah mulai rusak, biasanya hal ini terjadi karena reaksi elektrolit dalam aki yang mengeluarkan uap bertekanan yang menekan dinding aki.

  • Cara kedua memakai Volt Meter

Cara ini sangat akurat karena bisa langsung meninjau voltase aki menggunakan volt meter, lakukan pengecekan ini setelah aki di charge, ukur volt yang didapat (standarnya 12,4 volt), setelah itu pasang kembali aki, putar kunci ke posisi ON 2detik lalu matikan, jika tegangan kurang dari 12,4 volt berarti aki mengalami penurunan daya.

  • Ketiga dengan cara Korsleting

Cara cek kondisi aki dengan langsung menghubungkan kedua kutub aki agar terlihat percikan api, besar kecilnya percikan api menunjukkan daya dari aki tersebut namun jangan terlalu sering melakuakan cara ini karena bisa merusak aki serta aki motor cepat soak.

  • Terakhir dengan membaca Spidometer

Caranya, putar kunci kontak dalam keadaan ON, lalu nyalakan lampu sein kiri atau lampu sein kanan, jika spidometer aki ikut berkedip lemah itu artinya tegangan aki sudah tidak stabil bisa di katakan mulai soak.

Cara Mudah Mengecek Aki Motor Mengukur Daya Aki

Cara Mudah Mengecek Aki Motor Charger Accu Otomatis

Nah ulasan diatas menyajikan beberapa opsi cara mudah mengecek aki motor  yang bisa dilakukan sendiri jangan lupa untuk segera mencharge atau mengganti aki jika sobat Otorider menemukan masalah karena jika aki mulai rusak, maka nyala lampu akan lemah dan klakson motor bunyinya tidak kencang, cek secara berkala aki motor brader karena harga accu motor relatif mahal, dan bila hendak membeli aki motor baru pilihlah aki motor terbaik, dan jangan asal beli karena bisa saja brader kecewa jika aki baru kurang optimal.

Demikian ulasan mengenai Cara Mudah Mengecek Aki Motorsemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat Otoride terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

cara cek aki motor, cara mengecek aki motor, cara cek aki masih bagus atau tidak, cara mengukur tegangan aki motor, cara cek aki, cara mengecek aki, cara cek aki kering, cara mengecek aki basah, cek aki motor, cek aki
Cara Mudah Mengecek Aki Motor | Sabian | 4.5