Cara Mudah Setting Karburator Motor

Cara Mudah Setting Karburator Motor – Karburator motor adalah salah satu komponen penting sepeda motor yang turut andil memastikan motor berfungsi dengan baik, komponen ini berfungsi mengkonversi bensin menjadi gas, bensin yang naik keluar bercampur dengan udara menjadi kabut/gas yang merupakan campuran udara dengan BBM, gas ini akan masuk ke dalam ruang pembakaran untuk kemudian di olah menjadi energi, kemudian menggunakannya sesuai kebutuhan mesin, oleh karena itu para bikers untuk selalu rajin cara membersihkan karburator motor agar berfungsi dengan baik.

Cara Mudah Setting Karburator Motor Karburator Koso

Sobat otorider yang ingin memastikan karburator berfungsi dengan baik, cara servis karburator motor dan cara menyetel karburator motor dapat langsung pergi ke bengkel langganan bila ada masalah dengan karburator dan menyerahkannya pada mekanik kesayangan, meski demikian, ternyata cara setting karburator motor biar irit dapat dilakukan sendiri tanpa perlu pergi ke bengkel namun sebelum melakukan cara setting karburator motor 4 tak dan mengetahui cara kerja karburator motor 2 tak, mari terlebih dahulu mengetahui informasi teknis mengenai karburator itu sendiri.

Secara teoritis cara kerja karburator motor 2 tak dan cara kerja karburator motor yang sempurna dari karburator harus dengan perbandingan 1:15 yang artinya setiap 1 gram bensin harus tercampur dengan 15 gram udara, apabila udara lebih dari 15 gram mesin jadi mudah mati, jika udara kurang dari 15 gram yang terjadi mesin akan boros bensin, dibawah ini tim otorider.net akan membeberkan lebih jelas fungsi dari komponen karburator dan cara setel karburator motor sendiri.

Komponen KarburatorCara Mudah Setting Karburator Motor

Komponen karburator dan fungsinya :

  • Float chamber : menyimpan bensin saat belum digunakan.
  • Klep/ jarum pelampung: mengatur masuknya bensin ke dalam mangkuk karburator.
  • Pelampung : mengatur kadar tetap bensin di dalam karburator.
  • Kantung gas: mengatur banyaknya gas yang masuk.
  • Pemancar jarum : memancarkan bensin pada saat motor di gas.
  • Jarum skep : mengatur besarnya semprotan bensin yang masuk ke nozzle saat motor di gas.
  • Pemancar induk : memancarkan bensin saat motor di gas full.
  • Pemancar stasioner : memancarkan bensin pada saat stasioner/ langsam.
  • Baut gas : setelan posisi skep sebelum di gas.
  • Baut udara : mengatur banyaknya udara yang akan dicampur bensin.
  • Choke valve : menutup udara luar yang masuk ke karburator.

Baca Juga : Tips – Tips Merawat Karburator Motor Matic



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Sementara, cara kerja karburator motor yang berfungsi baik dan Cara Mudah Setting Karburator Motor adalah saat mesin dihidupkan kompresi dari silinder piston akan mengsisap udara melalui spuyer yang ada di dalam karburator, maka tekanan udara dipermukaan akan rendah dan dari dalam spuyer akan memancarkan bensin, pemancaran tersebut berupa atomisasi yang disebabkan oleh udara yang masing-masing mengalir ke spuyer melalui saluran udara baik berupa slow jet atau main jet, sehingga bisa bercampur antara udara dengan gas yang diperlukan oleh motor (proses venture).

Dalam perjalanannya, seringkali karburator mengalami masalah, seperti gas motor terasa terasa sangat berat, atau gas nya terlalu kencang (mbandang) yang biasanya terjadi karena kesalahan dalam cara setel karburator motor, untuk itu tim redaksi otorider.net akan membagi tips dan Cara Mudah Setting Karburator Motor dan cara membersihkan karburator motor tanpa berlama-lama mari kita langsung bahas seting karburator yang benar.

Cara Mudah Setting Karburator Motor :

  1. Supaya hasil maksimal, brader bisa dengan mudah cara membersihkan karburator motor dengan membersihkan kotoran yang ada di karburator terlebih dahulu.
  2. Putar setelan angin ke kanan hingga maksimal, kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek lakukan kurang lebih 1,4 sampai 1,5 putaran dan untuk motor sport lakukan hingga 2,5 putaran.
  3. Setelan gas untuk putaran 3000 sampai 5000 rpm.
  4. Coba hidupkan mesin sebagai tolak ukur.
  5. Kemudian setel baut angin hingga kira-kira posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak meletus walau sekecil apapun. untuk motor bebek kira kira antara 1,4 sampai 1,6 putaran, sedangkan untuk motor sport dari 2,4 sampai 2,6 putaran.
  6. Selanjutnya jika sudah terasa suara mesin tertinggi maka coba turunkan pelan-pelan setelan baut gas hingga posisi idle atau istilah orang-orang mesin tidak mudah mati (biasanya sekitar 900 -1100 rpm).
  7. Lalu cobalah untuk men-gas motor brader, cek apakah sudah berada di posisi idle (mesin tidak gampang mati) dan tarikan sudah enak, jika sudah maka motor sudah enak digunakan dan sudah irit.
  8. Jika mesin masih mati atau bermasalah, maka ulangilah mulai dari langkah pertama (sampai Sahabat otorider benar-benar terbiasa).

Cara Mudah Setting Karburator Motor Karburator Mikuni 36''

Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas, niscaya tarikan motor sobat Otorider akan lebih spontan dan lebih efisien, serta bisa lebih hemat bahan bakar, semoga tips tentang Cara Mudah Setting Karburator Motor diatas bisa bermanfaat, jangan lupa untuk selalu membersihkan karburator secara berkala, karena seringkali karburator yang kotor akan menghambat proses pembakaran di dalamnya sehingga menyebabkan mesin tersendat.

Demikian ulasan mengenai  cara merawat Karburator Motor tanpa harus ke bengkel, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat, terima kasih telah berkunjung di Otorider.net jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • cara menyetel karburator motor honda (262)
  • cara membuat motor kencang melalui karburator (233)
  • cara setting karburator (132)
  • setelan jarum skep biar irit (121)
  • cara menyetel karburator (100)
  • cara setting karburator 2 tak (95)
  • cara menyetel karburator motor 4 tak (77)
  • cara nyeting motor (70)
  • setting karburator (68)
  • cara seting motor (63)
Cara Mudah Setting Karburator Motor | Sabian | 4.5