Ingin Tahu Cara Over Kredit Motor Yang Benar? Coba Baca Sebentar!

Ingin Tahu Cara Over Kredit Motor Yang Benar? Coba Baca Sebentar – Ada banyak alasan kenapa orang-orang mencari tahu bagaimana cara over kredit motor yang mudah dan benar. Dimana salah satu tujuan dari melakukan over kredit adalah supaya bisa memiliki motor dengan harga yang lebih terjangkau dari harga yang sebenarnya. Umumnya penjualan motor dengan cara over kredit ini dijual lebih murah karena pihak penjual sebelumnya tidak mampu membayar cicilannya. Sehingga, hal ini membuat mereka harus menjual motornya dengan cara over kredit.

Cara Over Kredit Motor Yang Benar dan Aman

Untuk bisa melakukan over kredit ini dengan benar, maka ada  beberapa cara over kredit motor yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Sehingga, Anda bisa melakukan prosesnya dengan lancar dan juga bebas resiko. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk melakukan over kredit dengan benar dan mudah, antara lain:

cara over kredit motor

Penjual dan Penerima Over Kredit Harus Saling Berkomitmen

Agar tidak ada yang saling dirugikan, sebaiknya pastikan dulu bahwa baik itu dari pihak penjual ataupun dari pihak penerima over kreditnya sama-sama saling berkomitmen untuk melakukan hubungan kerja sama dengan baik. Selain itu, pastikan juga bila Anda sebagai seorang penjual, maka yang menjadi pembeli motor Anda harulah yang berpenghasilan tetap di setiap bulannya. Sehingga, dapat dipastikan bahwa pembeli mampu untuk membayar angsuran kredit setiap bulan.

Baca Juga: Menggadaikan Bpkb Motor Yang Aman Ada Triknya, Ini Dia..



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Sementara itu, bila Anda sebagai seorang calon pembeli, sebaiknya cek dulu apakah penjual tersebut adalah tangan pertama yang punya motor itu atau tidak. Pastikan ada kelengkapan bukti data yang lengkap tentang kepemilikannya. Akan jauh lebih baik pula bila Anda harus membeli dari orang yang sudah Anda kenal sebelumnya secara pribadi. Ini jauh lebih aman dibandingkan Anda membeli dari orang yang belum Anda kenal sebelumnya.

Kondisi Motor yang Mau di Over Kredit Harus Dipastikan Dulu

Bila Anda menjadi pihak penjual, sebaiknya perlihatkan barang Anda dulu yang mau diover kredit pada siapa saja yang mau membelinya. Beritahukan kondisinya apa adanya tanpa ada yang Anda tutupi. Ini jauh lebih baik berkata jujur bila dibandingkan Anda menutupi kekurangan motor tersebut. karena hal ini bisa berakibat fatal di kemudian hari dan bisa membuat pembeli merasa ditipu dan mengakibatkan sengketa pada kemudian harinya.

Sedangkan, bila Anda sebagai seorang pembeli, sebaiknya pastikan juga Anda telah mengecek kondisi motor tersebut dengan baik. Cari tahu apakah motor tersebut sesuai dengan yang sudah dideskripsikan atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah motor tersebut memang sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak.

Harus Sama-Sama Datang ke Perusahaan Leasing

Bila baik di antara penjual dan pembeli sama-sama sudah memastikan kondisi motor dan cocok, maka Anda bisa datang ke kantor perusahaan leasing atau kantor pembiayaan bersama dengan penjualnya atau pembelinya. Akan jauh lebih baik bila keduanya sama-sama datang ke tempat leasing supaya prosesnya bisa cepat berakhir dan bisa segera dilakukan.

Meskipun ada yang bilang bahwa umumnya proses dan cara over kredit motor ini bisa dilakukan tanpa harus ada campur tangan dari pihak leasing, namun ini sangat beresiko sekali. Karena bisa saja akan ada masalah di kemudian hari. Maka dari itulah, sebaiknya jangan pernah melakukan over kredit kepada individu secara langsung tanpa ada balik nama. Karena saat orang itu tidak membayar tagihannya, maka Anda yang akan ditagih pihak leasing tersebut. Karena proses pembeliannya masih menggunakan nama Anda.

Ingin Tahu Cara Over Kredit Motor Yang Benar? Coba Baca Sebentar! | Sinta Rizki Fadila | 4.5