Cara Dalam Tune Up mesin 4 Tak Harian

Cara Tune Up mesin 4 Tak Harian

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Cara Tune Up mesin 4 Tak  – Populasi pengguna motor 4 tak kian hari makin bertambah, mulai dari kalangan pemuda, orang tua, dan lain sebagainya, tentu saja motor yang digunakan ada yang hanya dipakai harian, ada yang suka digunakan touring, namun tak jarang pula ada juga yang suka dimodifikasi.

Korekan modifikasi motor harus dilakukan dengan benar dalam konsep di atas teori terlebih dahulu, basic teori yang dipakai ada, perangkat lunak perhitungan simulasi mesin di komputer sudah banyak tersedia, pemilihan part yang tepat guna, serta pengerjaan dengan ketelitian tinggi akan membawa hasil yang optimal.

Pada modifikasi motor Mesin utama korek mesin 4 tak terdapat di head silinder, cylinder head, kop, dexel, yang pasti Graham Bell mengambil kesimpulan dari risetnya bahwa “Takkan ada satupun mesin 4 tak dapat mengeluarkan tenaga dengan baik apabila ia tidak memiliki kemampuan untuk mengalirkan udara dengan baik pula”, inilah yang namanya efisiensi volumetrik, apakah improvement efisiensi volumetrik hanya dengan dicapai dengan melakukan port-polished? Tentu tidak, banyak cara lain, riset membuktikan bahwa mengeluarkan filter udara karburator itu saja sudah menambah debit aliran udara yang masuk dan tenaga di rpm sedang – atas terjadi penambahan.

Sobat yang mencintai modifikasi tentu tidak puas jika hanya mengandalkan setingan standart pabrik, oleh karena itu mengotak atik motor akan dilakukan untuk meningkatkan performa motor 4tak, namun untuk cara bore up motor 4 tak tidak bisa dilakukan sembarangan karena paling tidak dibutuhkan pengetahuan seputar bagian motor serta rumus bore up motor 4 tak, di kesempatan ini tim otorider.net akan membagi ulasan tentang seting motor 4tak kohar (korek harian) khusus bagi pecinta motor.

Seting Motor 4 Tak Korek Harian

Untuk bisa meningkatkan performa motor 4tak dari setingan pabrik, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diubah, hal yang harus difoukuskan pada korek motor harian ada 2 yakni fungsi kenyamanan dan keamanan, pada dasarnya kohar tidak perlu mengubah fungsi utamanya, dengan kata lain, perubahan pada kohar harus tetap mengikuti standar:

  • Patokan Kompresi

Yang pertama, batasan kompresi tidak boleh di seting terlalu boros, jika seting terlalu tinggi akibatnya bisa terjadi detonasi dan nggelitik, untuk patokan kompresi sebaiknya tidak melebihi perbandingan 11 : 1, total maksimal pangkasan kira – kira cukup 1mm saja.

Menghitung Kompresi

Untuk pangkasnya bisa berbagai cara, bisa pangkas antara blok 0,3 sampai 0,5mm, kepala silinder juga tidak boleh dipangkas lebih dari itu, cara lainnya bisa dengan mengurangi tebal paking blok dan head sekitar 0,3mm baru kekurangannya bisa ditambah lewat bubut, jika ingin memangkas alangkah baiknya cukup pilih salah satu saja antara blok atau kepala silinder untuk berjaga – jaga saat motor distandarkan lagi, jadi hanya cukup mengganti salah satunya, selanjutnya piston juga harus dipangkas agar posisinya sesuai dengan blok dan head.

Simak juga ulasan: 5 Daftar Motor Paling Mahal di Dunia

  • Memangkas Kem

Selanjutnya adalah mengolah kem, langkah pertama, tentukan tinggi angkatan klep (lift) jangan terlalu tinggi, sebagai patokan yang pas bisa menggunakan formula, tinggi klep 30% x diameter payung klep in, cara memangkasnya dengan mengikis rata setengah badan kem (bagian bawah atau gemuknya), jangan mengubah bagian pucuk kepalanya karena bisa mengubah lube center, untuk durasinya jangan terlalu lama cukup 300 derajat, dan untuk bukaan klep umunya durasi 2 – Lube Center, cara pangkasnya tinggal kikis rata pinggang bagian atas sesuai profil kem, untuk memangkas kem sebaiknya belajar dulu atau dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam modifikasi agar hasilnya bagus.

Pembuatan Noken As

  • Perlancar Aliran Gas

Lanjutkan ke lubang transfer dan buang di kepala silinder, pada lubang porting lakukan pengamplasan di bagian yang mirip kulit jeruk sampai jadi halus, tujuannya agar aliran gas semakin lancar.

Caranya sediakan amplas ukuran 220 (kasar) dan ukuran 400 (halus), lalu gesek secara merata pada permukaan lubang transfer menggunakan amplas kasar, saat bagian mirip kulit jeruk hilang, ganti gunakan amplas halus hingga permukaan rata dan terasa licin, setalah rata langsung cuci head dengan bensin agar bekas amplasan tidak tersisa, lalu semprot menggunakan kompresor angin agar kering.

Porting polish

  • Setel Karburator

Hal ini dilakukan agar menghindari kelebihan bensin, caranya dengan menurunkan penekan jarum sehingga posisi pelampung lebih tinggi, akibatnya volume bensin di mangkuk bisa berkurang, ada beberapa cara dalam meninggikan pelampung karbu, pertama bisa diganjal potongan amplas atau pelat, cara kedua dengan memanaskan penekan plastic kemudian ditekan sesuai keinginan (hati – hati meleleh), untuk meniggikan jangan lebih dari 0,5mm.

  • Pilih Knapot

Exhaust atau knalpot juga berperan penting dalam Cara Tune Up mesin 4 Tak  jadi pilihlah knalpot sesuai dengan karakter mesin, untuk panjang header knalpot ideal antara 58-64cm, hal penting yang perlu diperhatikan saat pilih knalpot adalah diameter lubang knalpot disamakan dengan diameter klep buang, kemudian lekukan knalpot jangan sampai mengubah diameter.

  • Pengaturan Sproket

Pasangan sprocket gir rantai merupakan kunci terakhir transfer tenaga mesin ke roda, jika ingin fokus akselerasi kencang maka perbandingan gir di ringankan, jika fokus ke top speed motor maka gir dibuat lebih berat, untuk kohar mengubah gir tidak perlu mencolok, cukup menambah atau mengurangi 1 – 2 mata gigi, baik depan atau belakang.

Seting Gear Set

Demikian ulasan mengenai Cara Tune Up mesin 4 Tak dan korek harian mesin 4 tak semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Tune up mesin motor, cara bore up motor 4 tak, cara tun up motor, cara porting motor 4 tak, cara tune up motor bebek, cara tune up mesin motor, cara tune up motor bebek 4 tak, cara tune up, tune up harian, apa itu tune up motor
Cara Dalam Tune Up mesin 4 Tak Harian | Sabian | 4.5