Cara Cek Pajak Motor Paling Mudah

Cara cek pajak motor paling mudah – Sekarang ini teknologi sudah semakin berkembang dengan pesatnya. Sehingga, semua hal yang dinilai sulit, kini semuanya semakin mudah dengan adanya perkembangan sebuah teknologi.

Apalagi penggunaan internet sekarang ini sudah semakin popular saja. Hal ini mulai menggantikan beberapa peran keseharian semua orang. Karena, cukup dengan memakai sebuah internet saja, Anda bisa melakukan banyak aktivitas. Misalnya saja seperti berbelanja, transfer uang, kirim barang, bahkan untuk cek pajak motor juga bisa, sekaligus membayar tagihannya.

Baca juga: [Review] Spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Keluaran terbaru Honda Vario 125 eSP

Dari sinilah jelas terlihat bahwa pemerintah sekarang ini mulai beradaptasi dengan banyaknya pengguna internet di tengah masyarakat. Hal tersebut terlihat dari bagaimanakah akses layanan masyarakat yang diberi oleh pemerintah lewat internet.

Cara Cek Pajak Motor

Misalnya saja seperti SAMSAT atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yang bisa diakses lewat Dispenda, Polri, dan juga Raharja.

Samsat inilah yang nantinya bertugas untuk mengeluarkan STNK untuk semua pemilik kendaraan bermotor, entah itu berupa mobil besar, kendaraan pribadi, dan sepeda motor.

Jadi, sekarang ini banyak area, khususnya di kota besar sudah menyediakan layanan dengan system pembayaran online untuk pajak dari kendaraan bermotor. Misalnya saja seperti di Jakarta dan di Jawa Timur.

Cara Cek Pajak Motor secara Online

Di samping system pembayaran untuk pajak kendaraan  sekarang ini bisa dilakukan dengan cepat, selain itu dengan adanya internet inilah membuat semua orang kini bisa melakukan cek pajak motor dengan mudah secara online.

Ada banyak informasi yang bisa didapatkan dengan mengecek pajak motor secara online, meliputi tanggal jatuh tempo, spesifikasi kendaraan, jumlah nominal pajak yang wajib dibayarkan, dan info denda terkait dengan keterlambatan bagi yang telat membayar pajak.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk yang masih penasaran, berikut ini adalah cara untuk cek pajak motor secara online berdasarkan daerahnya yang sudah berhasil otorider.net rangkum, antara lain:

DKI Jakarta

Sebagai pusat ibu kota, DKI Jakarta ini adalah contoh yang bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakatnya. Cara untuk mengecek pajak kendaraan bermotor di area Jakarta ini adalah dengan mengunjungi situsnya di http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB.

Disinilah Anda bisa mengisi form yang disediakan, lalu klik proses. Sehingga, Anda akan mendapatkan smeua informasi yang sedang Anda cari.

Jawa Barat

Beda dengan DKI Jakarta yang sudah menerapkan basis online, Jawa Barat sayangnya belum keseluruhan menggunakan layanan online. Kalaupun sudah mengadopsi teknologi, layanan yang diberikan ini sudah bisa diakses dengan menggunakan SMS.

Sementara untuk proses pembayarannya ini bisa dilakukan ke dalam banyak cara. Misalnya saja lewat ATM, lewat SMS banking, dan lewat internet banking. Lebih lengkapnya bisa diakses disitus ini http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.

Jawa Timur

Jawa timur sendiri sudah bisa melakukan cek pajak motor secara online dengan mengunjungi situsnya langsung di http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.

Jawa Tengah

Sedangkan untuk jawa tengah bisa mengaksesnya lewat situs http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Sedangkan untuk cara lainnya bisa dilakukan dengan SMS, yaitu cukup SMS dengan menggunakan format: JATENG (spasi) nomor plat kendaraan bermotor. Misalnya saja JATENG H123AA. Kemudian, kirim ke nomor 9600.

Yogyakarta

Sedangkan untuk yang ada di Yogyakarta, Anda bisa mengecek pajak motor Anda lewat situs http://infonjkbdiy.com/.

Cara Cek Pajak Motor Via App Smartphone

Disamping lewat situsnya secara langsung atau lewat SMS, sekarang ini Anda juga bisa melakukan cek pajak motor lewat aplikasi bantuan smartphone yang bisa Anda unduh di Google Play Store. Anda bisa mengunduhnya secara gratis pada aplikasi dengan logo e-Samsat. Setelah itu buka, dan masuk ke halamannya. Selesai.

Cara Cek Pajak Motor Paling Mudah | Sinta Rizki Fadila | 4.5