Sudah Tahu Caranya Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online? Intip Caranya!

Sudah Tahu Caranya Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online? Intip Caranya – Baru saja beli motor baru, sekarang bingung mencari tahu bagaimana caranya cek pajak motor secara online? Nah, bagi pengguna motor kini Anda tak perlu repot-repot lagi untuk mengecek berapa besaran biayanya untuk membayar pajak motor Anda! Karena semuanya itu bisa dilihat secara online.

cek pajak online

Seperti yang telah diketahui, bahwa setiap pengguna kendaraan sepeda bermotor itu harus membayar 2 macam pajak. Yaitu, pajak tahunan kendaraan yang harus dibayar setiap tahun sekali, dan ada juga pajak yang harus dibayar setiap 5 tahun sekali. Pajak 5 tahun sekali ini biasanya disertai pula dengan penggantian plat nomor kendaraan dan juga STNK Anda.

Baca Juga: Ingin Coba Over Kredit Motor Tapi Masih Galau? Perhatikan Ini Dulu!

Untuk urusan pajak ini sayangnya beberapa orang awam harus bolak-balik ke samsat untuk mengecek biayanya dan membayar pajaknya. Yang menjadi permasalahannya sekarang adalah, untuk membayar biaya pajak di samsat itu membutuhkan waktu yang lama. Mengingat yang akan membayar pajak tidak hanya Anda saja. Sehingga, Anda harus siap mengantri bila membayar pajak lewat Samsat. Lalu, bagaimana solusinya?

Panduan Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Silahkan langsung saja kunjungi ATM yang paling dekat di rumah Anda. Kemudian, jangan lupa untuk melanjutkan transaksinya di ATM dengan cara memilih menu bayar, setelah itu pilih menu yang lainnya.
  2. Selanjutnya, silahkan pilih menu penerimaan negara atau pajak, dan pilih menu selanjutnya lagi. Yaitu, memilih e-Samsat. Di bagian ini, jangan lupa untuk mengisi nomor polisi kendaraan yang mau Anda bayar pajaknya.
  3. Setelah itu, Anda tinggal membayar pajaknya sesuai dengan angka yang tertera di ATM tersebut. Lalu bayar.
  4. Nah, bila sudah, jangan lupa simpan langsung struk pembayaran pajak yang telah keluar dari mesin ATM Anda tersebut. Anda bisa memperlihatkan struk butki ini bila sewaktu-waktu memang dibutuhkan adanya bukti pembayaran dari pihak yang berwajib.

Simple sekali kan?

Dengan mengetahui cara di atas, tentu saja hal ini membuat Anda harus lebih taat terhadap peraturan pajak yang berlaku. Berkat kecanggihan teknologi inilah maka tak ada salahnya bila Anda harus tidak telat dalam membayar pajak kendaraan Anda. Karena, selain Anda bisa melakukan cek pajak kendaraan bermotor Anda secara online lewat situs e-Samsat, Anda juga bisa mendapatkan kemudahan dalam hal pembayarannya.

Anda tak perlu lagi bingung untuk melewati proses antri terlebih dahulu. Karena yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet saja untuk menuju ke dalam akses portal e-Samsat. Selanjutnya, masukkan saja kodenya dan Anda akan mendapatkan konversi nomor polisi kendaraan bermotor Anda.

Kemudian, tinggal langsung bayar saja tagihannya lewat ATM, dan Anda bisa melakukan langkah pembayaran seperti halnya ketika Anda membayar pajak lewat ATM. Yang terpenting disini adalah, jangan lupa menyimpan struk pembayaran pajak kendaraan bermotor Anda. Karena struk ini nanti bisa dijadikan sebagai bukti yang sah bahwa Anda sudah membayar pajak kendaraan bermotor Anda.

Jadi, untuk Anda yang selama ini tidak mengikuti perkembangan tentang bagaimana caranya cek pajak kendaraan bermotor Anda ataupun bagaimana cara membayar pajak kendaraan motor Anda secara online, kini Anda bisa bersyukur. Karena pekerjaan Anda semakin lebih mudah dan ringan berkat kemudahan online. Cukup bermodalkan saldo rekening dan juga koneksi internet saja, Anda sudah bisa melakukan semua kegiatan secara online.

Sudah Tahu Caranya Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online? Intip Caranya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5