Ecu Motor Rusak Karena Hal Ini, Simak Penjelasannya!

Ecu Motor Rusak Karena Hal Ini, Simak Penjelasannya – Untuk menghindari penyebab ecu motor rusak, maka sebaiknya perhatikan dulu penyebabnya. Sehingga, dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab ECU motor bisa rusak, ini akan membantu Anda untuk mengatasi masalah ini sejak dini. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini, sebelum ECU ini bermasalah.

ecu motor rusak

Penyebab Internal Ecu Motor Rusak

  1. Efek umur bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada mesin ECU motor. Khususnya di bagian komponen resistor dan juga kapasitornya. Dengan begitu, saat usia motor injeksi cukup lama, setidaknya sudah berusia 8 tahun lebih, maka sudah wajar bila hal ini membuat mesin ECU menjadi rusak.
  2. Kesalahan dalam penanganan mesin saat melakukan perbaikan motor injeksi ini juga bisa menyebabkan ECU menjadi rusak. Hal ini bisa saja terjadi ketika ada mekanik yang telah mencabut ACCU dengan asal. Sehingga, hal ini menyebabkan terjadinya arus listrik yang berlebihan. Hal ini bisa saja terjadi karena aki motor tidak mengisi. Jadi, meski sifatnya masih sementara, namun hal ini bisa membuat mesin ECU menjadi cepat rusak.
  3. Bila umumnya pada motor biasa itu modifikasi motor membutuhkan asupan listrik yang besar pada perangkat yang telah dirancang dari pabrik, hal inilah yang membuat aki menjadi tekor. karena modifikasi motor butuh asupan listrik besar. Ini berlaku sama juga apda ECU motor injeksi.
  4. Ada salah satu bagian ECU yang tugasnya menajdi sensor. Saat bagian sensor ini rusak, hal ini menyebabkan terjadinya korslet di bagian sistem aliran listrik motor injeksi. Sehingga, bila masalah ini tidak segera diatasi, maka masalah ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan yang makin parah saja dibagian mesin ECU motor.
  5. Saat sensor mulai bermasalah, sebaiknya segera saja ganti ecu motor rusak ini dengan menggunakan sensor yang sesuai. Karena, bila sensornya tidak sama sesuai dengan standarisasi pabriknya, ini bisa membuat ecu motor rusak.

Baca Juga: Nmax Face Lift atau Pilih MT-15? Manakah yang Paling Super? Intip Jawabannya Disini!



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Penyebab Eksternal Ecu Motor Rusak

Ada banyak hal yang menyebabkan ECU motor menjadi rusak. Beberapa hal yang menyebabkan ECU motor eksternalnya bisa rusak adalah sebagai berikut ini:

  1. ECU motor telah terkena benturan yang keras.
  2. ECU motor telah basah karena terendam oleh air. Hal ini umumnya kerap terjadi di musim hujan saat banjir datang. Sehingga, hal ini membuat air hujan dan air banjir tersebut masuk ke sistem ACU. Terkadang hal ini juga bisa saja terjadi saat motor sedang dicuci.
  3. Dalam lokasi yang tidak sama, ini juga bisa membuat ECU motor bisa rusak. Seperti halnya di area lingkungan yang punya tingkat kelembaban yang tinggi. Hal ini bisa membuatnya langsung terkontaminasi oleh mesin ECU.
  4. Sambaran petir juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa ECU motor bisa rusak. Saat motor injeksi telah tersambar oleh petir, ini bisa membuat terjadinya kerusakan dalam mesin ECU. Maka dari itulah, jangan pernah menaruh sepeda motor tepat di bawah langit secara langsung agar terhindar dari sambaran petir.

Dengan memahami beberapa penyebab dari kenapa ecu motor rusak pada motor injeksi ini, kini Anda bisa merawat motor injeksi ini dengan benar. Sehingga, dengan memahami beberapa hal itu, Anda bisa lebih jeli lagi dalam membeli motor bekas di showroom.

Ecu Motor Rusak Karena Hal Ini, Simak Penjelasannya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5