Inilah yang Terjadi Jika Ecu Motor Milikmu Rusak, Simak Gejalanya!

Inilah yang Terjadi Jika Ecu Motor Milikmu Rusak, Simak Gejalanya – Saat ini teknologi ecu motor sudah tidak asing lagi. Hal ini dikarenakan teknologi sudah makin canggih dan makin maju saja dalam perkembangan kendaraan bermotor. Sehingga, hal ini membuat banyak produk motor yang dibuat ke dalam sistem motor injeksi atau Fuel Injection (Fi). Hal ini dikarenakan jumlah peminatnya sudah makin banyak, sehingga hal ini membuat banyak produsen mulai menciptakannya.

ecu motor

Meskipun beberapa di antaranya banyak juga yang masih menggunakan sepeda motor dengan teknologi karburator. Namun, jika ditinjau dari segi keiritannya, sepeda motor injeksi jauh lebih irit dari pada menggunakan sepeda motor dari karburator. Maka dari itulah, saat ini banyak orang lebih suka menggunakan motor injeksi. Meskipun sampai pada saat ini teknologi ini masih punya kelemahan yang membutuhkan pengembangan di kemudian hari.

Baca Juga: Nmax Face Lift atau Pilih MT-15? Manakah yang Paling Super? Intip Jawabannya Disini!

Dimana salah satu kelemahan dari sepeda motor injeksi adalah bisa langsung mati total saat bensinnya benar-benar kering. Sehingga, hal ini bisa membuat sistem perapian sepeda motor tersebut menjadi rusak. Namun meskipun begitu, sepeda motor berbentuk injeksi ini termasuk ke dalam salah satu motor yang cocok sekali untuk kegiatan touring. Hal ini dikarenakan sepeda motor injeksi jauh lebih praktis, dibandingkan sepeda motor karburator.

Fungsi Ecu Motor



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Bila Anda cukup paham dengan apa yang membuat aki motor menjadi tekor, sudah pasti Anda akan mengenal seperti apakah fungsi ecu motor sendiri. Karena, bagi motor injeksi, yang paling berperan penting untuk menjalankan sistemnya adalah ECU. Jadi, bisa dibilang bahwa fungsi ECU ini sebenarnya sama halnya dengan aki. Dengan begitu, Anda harus tahu apa yang menjadi penyebab kerusakannya, agar bisa mengatasi permasalahan Ecu yang rusak.

Gejala Mesin ECU Rusak

Bagi motor injeksi, ECU adalah Engine Control Unit yang menjadi pusat pengendali untuk rangkaian mesin sepeda motor injeksi. Sehingga, saat ECU-nya rusak, ini bisa membuat semua sistem komponsn mesin motor injeksi ini juga menjadi rusak. Beberapa gejala yang memperlihatkan tanda-tanda ECU motor rusak adalah sebagai berikut ini:

  1. Motor yang tidak langsung menyala saat distarter, sehingga harus distarter sampai berulang kali. Saat ini terjadi pada motor injeksi Anda, maka Anda harus curiga. Karena itu berarti bahwa ada yang tidak beres terhadap ECU sepeda motor injeksi Anda.
  2. Bila keterangan kontak On Mil telah redup, atau bahkan mati sampai tidak terlihat apakah masih menyala atau tidak sistem injeksinya, maka ini bisa dikatakan bahwa ECU sedang rusak.
  3. Saat jarum yang bertugas menunjukkan injeksi sudah aktif tidak bergerak kembali, sehingga memperlihatkan bahwa bahan bakarnya belum keluar dan kendaraannya tidak menyala. Hal ini berarti bahwa ECU harus segera diperbaiki, karena sedang rusak.

Akibat Jika Ecu Motor Telah Rusak

Setelah melihat beberapa hal di atas, maka bisa dikatakan bahwa yang menjadi penyebab kenapa sampai tidak ada pengapian dalam mesinnya, maka ini bisa membuat motor tidak bisa menyala. Jadi, akibat bila ECU rusak adalah, mesin motor menjadi tidak bisa menyala lagi. Sesudah Anda memastikan sepeda motor injeksi Anda telah mengalami gejala kerusakan pada ECU-nya, itu menandakan bahwa ECU injector sedang rusak. Sehingga, tidak ada solusi yang lain selain harus menggantinya agar dapat dipakai kembali.

Inilah yang Terjadi Jika Ecu Motor Milikmu Rusak, Simak Gejalanya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5