Efek Modifikasi Elektroda Busi yang Dipotong

Efek Modifikasi Elektroda Busi yang Dipotong – Melakukan modifikasi terhadap elektroda busi adalah hal yang biasa saat ini. Hal ini dilakukan agar kendaraan bisa semakin terlihat cantik dan indah. Umumnya, proses modifikasi ini dilakukan karena pemilik motor merasa ada yang kurang tepat dengam tampilan motor standard dari pabriknya. Bila hasilnya nanti berhasil, tentu saja ini akan mampu memberi kepuasan tersendiri untuk pemiliknya.

Efek Modifikasi Elektroda Busi yang Dipotong

Akan tetapi, bagaimanakah bila yang dimodifikasi tersebut adalah sebuah komponen yang vital? Misalnya saja memodifikasi bagian busi. Padahal, seperti yang telah diketahui, bahwa melakukan modifikasi busi itu tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan saja. Hal ini dikarenakan busi itu menyangkut kinerja dari mesin motor sendiri. Terlebih bila melkaukan modifikasi busi ini untuk mendapatkan durability dan performa. Tentu saja ini harus benar-benar diperhatikan.

Baca juga: Kesalahan Utama dalam Membeli Sepeda Motor dengan Cara Kredit

Supaya kendaraan bisa terasa lebih bertenaga, maka tak sedikit pula bila pemilik kendaraan menjadi melakukan sebuah modifikasi di bagian elektroda busi. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana bila melakukan modifikasi dengan cara memotong bagian ini? Seperti apakah efeknya nanti? Sebelum Anda melakukannya, sebaiknya Anda perhatikan ini dengan baik-baik. Supaya nantinya Anda tidak merasa kecewa setelah melakukan modifkasi motor tersebut.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Lebih jauhnya lagi tentang dampak dan efek dari melakukan modifikasi busi ini, sebaiknya perhatikan penjelasan lengkap yang akan disampaikan oleh technical support dari PT NGK Busi Indonesia, yaitu Diko Oktaviano. Berdasarkan Diko, proses untuk perkembangan teknologi busi ini bisa mempengaruhi terhadap efek quenching dengan bentuk elektrodanya. Fasilitas ini begitu mempengaruhi terhadap kinerja busi saat menjalankan aktivitas pengapian terhadap motor tersebut.

Seperti yang telah diketahui, bahwa bentuk elektroda busi ini bermacam-macam. Semuanya itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Lantas, bagaimanakah bila busi standard tersebut dibentuk seperti busi dari tipe motor yang lainnya? Bagimana bila bagian ini dipotong tepat di bagian ground elektroda?

Nah, melihat hal tersebut, ada baiknya bila Anda harus lebih cermat dalam memangkas bagian elektroda dan juga seterusnya. Pasalnya, berdasarkan prinsip utama dari teknologi busi, yaitu digunakan untuk meredam efek quenching saat inti api diharapkan supaya tidak cepat padam ketika sedang proses pengapian.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan bentuk elektroda busi tersebut bisa menghalangi adanya pertumbuhan inti api ketika busi sedang bekerja. Karena itulah, modifikator dengan cara memotong bagian elektroda ground ini bisa membuat proses penyebaran api semakin lebih cepat. Dalam hal ini, posisi untuk memangkas bagian elektrodanya ini bisa dilakukan ke dalam banyak posisi.

Umumnya, hal ini dilakukan oleh para modifikator yang handal. Namun, bila Anda berfokus pada elektroda ground yang sudah dipangkas dan dijadikan sejajar terhadap elektroda pusatnya, maka Anda harus lebih berhati-hati. Karena diharapkan ketika sedang terjadi percikan, maka itu berarti bahwa kemunculan api tersebut bsia menjadi lebih bebas karena tidak dihalangi oleh elektroda.

Nah, dari penjelasan tersebut, maka tujuan utama dilakukannya proses modifikasi pemotongan elektroda busi itu bisa membuat terciptanya api yang bisa bersentuhan secara langsung. Dimana api ini bisa muncul dikarenakan udara dan bakar bakar telah terkompresi tanpa ada halangan. Itu artinya, hal ini bisa membuat efek quenching di dalam bagian elektroda busi ini bisa menjadi lebih ditekan.

Karena itulah, dampak yang jelas terlihat dari modifikasi ini adalah seperti itu. Jadi, akankah Anda tetap melakukan modifikasi tersebut?

Artikel Terkait:

  • evek busi d potong (1)
Efek Modifikasi Elektroda Busi yang Dipotong | Sinta Rizki Fadila | 4.5