Tips Merawat Filter Udara Motor agar Selalu Bersih

Tips Merawat Filter Udara Motor agar Selalu Bersih – Kendaraan bermotor kini telah menjadi salah satu alat untuk transportasi yang sedang booming. Bahkan, saat ini ada banyak sekali berbagai macam jenis kehadiran motor yang semakin bervariasi saja. Namun meskipun begitu, Anda tidak boleh hanya menaikinya saja. Namun, pahami juga beberapa bagian motor itu sendiri agar nantinya Anda tidak akan bingung saat terjadi masalah yang tidak terduga.

Baca juga: Spesifikasi Motor Yamaha Vixion R 155 CC

Misalnya saja seperti di bagian filter udara motor. Bagian yang satu ini sering sekali bermasalah. Karena itulah, Anda harus selalu melakukan perawatan rutin dan selalu melakukan pengecekan secara rutin. Maka dari itulah, di bawah ini akan kami berikan bagaimana cara merawatnya supaya saluran udara bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya performa motor menjadi makin tangguh, antara lain:

Filter Udara Motor

Filter Konvensional

Untuk jenis filter yang satu ini sering sekali diguankan pada motor rakitan yang dibuat sebelum th 2005. Cara perawatannya sangat mudah! Anda hanya perlu membuka bagian penutupnya saja. Setelah itu, ambil bagian penyaringnya dan langsung saja cuci hingga bersih, atau bila perlu rendam saja sampai kotorannya tersebut hilang.

Setelah itu, keringkan saja filter tersebut di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Supaya lebih optimal, sebaiknya oleskan oli di bagian busanya hingga merata. Hal ini perlu Anda lakukan supaya nantinya kotoran yang melekat di bagian oli yang telah menembel dibusa dapat dibersihkan. Jika busanya telah mengeras, ganti saja dengan yang baru agar filter udara motor berjalan dengan normal lagi.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Filter Dry Element

Sedangkan untuk proses perawatan filter motor yang satu ini adalah cukup semprotkan udara menggunakan tegangan yang tinggi. Karena jenis filter motor ini termasuk dalam filter kertas kering, yang berasal dari kertas yang tebal sehingga dapat bertahan dengan lama. Dengan menyemprotkan udara bertegangan tinggi inilah akan membuat kotoran yang telah menempel di kertas langsung hilang.

Namun, jangan lupa untuk menyemprotkannya tersebut disesuaikan terhadap alur kertasnya sendiri. Supaya nantinya kotorannya bisa segera hilang. Sekalipun berasal dari bahan yang bisa bertahan lama, karena ukurannya tebal. Namun tetap saja filter ini wajib diganti. Berdasarkan sumber yang terpercaya, kertasnya harus segera diganti bila sudah mencapai di angka 8.000 km.

Filter Wed Elemen

Berbeda lagi dengan filter udara motor yang satu ini. Karena ini bukan lagi dari kertas kering. Justru untuk filter udara yang satu ini berasal dari kertas yang basah. Jika dilihat secara sepintas, memang filter ini hampir sama seperti filter dari kertas kering. Namun, jika dirasakan, filter ini terasa basah. Itu karena ada pelumas yang telah melapisinya. Hal ini sengaja dilakukan supaya kotoran yang telah masuk akan menempel ke dalam pelumas.

Sehingga, jika Anda ingin membersihkannya, maka Anda cukup memukul-mukulnya saja dengan ringan hingga nanti terlihat sebuah filter udara yang telah bersih. Hanya saja, Anda tidak boleh mencuci filter udara yang satu ini. Sekalipun berasal dari kertas basah, namun filter ini tidak boleh dicuci. Biasanya, hanya motor matic lah yang menggunakan jenis filter udara motor yang satu ini. Selain itu, hanya motor dari th 2014 ke atas yang umumnya menggunakannya.

Proses perawatannya pun juga sangat mudah. Hanya saja, Anda tetap harus mengganti bagian yang sudah tidak layak jika sudah mencapai km 15 ribu.

Tips Merawat Filter Udara Motor agar Selalu Bersih | Sinta Rizki Fadila | 4.5