Fungsi Dan Manfaat Gas Spontan Pada Motor

Taukah kamu apa itu gas spontan pada motor? Pada umumnya gas spontan banyak digunakan oleh pembalap motor, sebab jarak diameter pada saat gas ditarik tidak terlalu panjang . sedangkan pada gas motor yang standar biasanya mempunyai jarak diameter yang sedikit panjang, oleh karenanya saat gas motor ditarik terlalu panjang dan lama tangan mudah pegal. Di bawah ini beberapa ulasan tentang fungsi dan manfaat gas spontan yang terdapat pada motor.
Gas spontan merupakan gas motor yang jarak diameternya menjadi lebih pendek, sehingga tarikan gasnya sangat minim, akan tetapi memaksimalkan kecepatan laju motor hingga titik akhir. Itulah alasan kenapa disebut gas spontan.
Jadi, gas motor yang pada umumnya menggunakan gas standar yang jarak diameternya lebih panjang, sedangkan untuk gas sepontan jarak diameternya lebih pendek, dan gas spontan ini kebanyakan digunakan oleh pemuda pemuda yang memiliki hobby balapan motor, karena dengan tarikan gas motor spontan ini akan memaksimalkan kecepatan motor di arena balapan.
Apabila motor kalian sudah memiliki kecepatan yang sangat bagus, ditambah lagi dengan pemasangan gas spontan, maka tarikan motor kalian bisa melaju dengan kecepatan yang luar biasa. Sebaliknya jika motor kalian kecepatannya biasa biasa saja maka laju motornya tidak terlalu kuat.
Nah…menurut kalian kerenan yang mana yah? Yang gas standard atau yang gas spontan? Yang jelas semuanya bagus, tergantung keperluan atau keinginan kita sendiri. Jika kalian ingin speda motor yang tarikan gasnya pendek dan cepat kalian bisa memilih menggunakan gas spontan, jika ingin tarikan gasnya normal seperti biasanya, kalian bisa tetap memakai gas standard.
Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini contoh gas spontan :
Disaat memutar gas dengan memakai gas spontan maka mesin motor tersebut akan lebih cepat menuju RPM tinggi di bandingka dengan motor yang menggunakan gas standard.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Fungsi daripada gas spontan ini adalah untuk memaksimalkan putaran saat pengendara motor memutarkan bagian grip pada gasnya. Peminat gas spontan ini sangat banyak, terutama mereka yang mempunyai motor cross sudah pasti mereka menggunakan gas spontan. Karena bentuk sirkuit motor cross jaraknya lebih pendek, setelah itu naik dan turun untuk trek yang dilewatinya. Ada juga loh yang sampai terangkat ke udara jadi pengemudi motornya sedikit kesulitan memutar gasnya jika putaran gasnya terlalu berlebihan. Oleh sebab itu untuk memudahkan dan juga supaya lebih cepat tertuju ke putaran mesin pada RPM tinggi terbentuklah gas spontan untuk motor cross.
Dimasa sekarang ini gas spontan telah diapplikasikan dengan berbagai jenis motor, tidak hanya pada motor cross tapi pada lomba balap motor underbone dan juga drag race.
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan gas spontan yang perlu kalian ketahui, diantaranya:

Kelebihan pada gas spontan tentunya lebih cepat dan singkat dalam putaran posisi pengaturan bukanya karburator disaat kita mengemudi sepeda motor atau saat sedang balapan. Akan tetapi banyak juga loh yang salah mengartikan hal ini yakni motor yang mesinnya memiliki tenaga yang dibawah standard menggunakan gas spontan, dan akan berakibat fatal. Artinya ketika suplay kebutuhan bahan bakar yang disuplay tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin tersebut hingga bahan bakarnya akan terbuang sia sia loh. Contohnya ketika kita sedang memakan sesuatu dan masih mengunyah tapi kita malah tambah satu atau dua suap lagi sehingga pada mulit kita akan penuh dan sulit untuk mencernanya dan mungkin kita akan membuangnya lagi. Jadi kalian bisa bayangin sendirikan…dari contoh sederhana itu berlaku untuk gas spontan pada mesin yang lambat. Jika dalam lomba balapan motor harus perlu dicermati lagi yah guys tidak hanya asal pasang.
Nah…jika gas spontan dipasngkan pada motor yang tenaga mesinnya kuat dan bagus (motor cross), maka memang gas spontan ini dibutuhkan karena bukaanya cepat dan perputan mesin bakarnya juga cepat ketika menyuplai langsung terbakar dan out.
Bagaimana dengan MotoGP dan Superbike? Apakah keduanya menggunakan gass spontan?
Berdasarkan beberapa sumber yang kami peroleh dari internet, jawabannya itu adalah tidak, kenapa demikian? Sebab motoGP dan Superbike srkuit yang dilaluinya sangat panjang dan terdapat beberapa tikungan tajam, sehingga para rider memerlukan cara halus cara menarik gas supaya tidak tergeser ketika membuat gas motonya. Jika masih penasaran, mungkin kalian bisa datang ke pameran motor dan disana kalian bisa mencobanya pada moge (moor gede) atau motor sport lainnya saat gasnya ditarik pasti jarak diameternya lebih panjang.

Jadi itulah rangkuman tenang gas spontan untuk motor, kalau perputan mesin motor kalian rendah lantas ingin menggunakan gas spontan, pilihlah gas spontan yang menggunakan perputaran panjang dan jika ingin menggunakan gas spontan yang perputarannya pendek otomatis motornya akan boros bahan bakar minyak.

Sekian informasi tentang Fungsi dan Manfaat Gas spontan untuk Motor, semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih karena sudah mampir di blog ini, don’t forget to like comment and share yah guys…!

Artikel Terkait:

  • fungsi gas spontan motor matic (1)
  • kelebihan gas pontan motor (1)
  • kelebihan gas spontan daytona (1)
  • manfaat pake gas spontan buat ninja rr (1)
  • manfat gas spontan bagi vixion (1)
Fungsi Dan Manfaat Gas Spontan Pada Motor | iyhan | 4.5