Fungsi Oli Mesin Itu Seperti Ini Lo Ternyata!

Fungsi Oli Mesin Itu Seperti Ini Lo Ternyata – Seperti yang telah diketahui bahwa pada dasarnya fungsi oli mesin itu penting sekali. Karena oli mesin ini umumnya sering dipakai untuk motor 4 tak yang berguna sekali untuk melindungi sejumlah part mesin motor yang digunakan. Karena pentingnya peran dari oli mesin ini, hal ini membuat diluncurkannya pula beberapa jenis merk oli mesin motor yang bervariasi.

Baca juga: Review: Oli Samping untuk Pengguna Kendaraan Bermotor

Anda bisa melihat betapa banyaknya oli mesin yang dijual saat ini. Entah itu untuk motor bebek dengan transmisi yang manual ataupun motor matic yang sudah menggunakan transmisi yang otomatis. Penentuan terhadap merk mesin motor dan jenisnya ini adalah sebuah tantangan tersendiri untuk Anda yang ingin membuat motor Anda menjadi lebih berperforma.

Fungsi Oli Mesin Itu Seperti Ini Lo Ternyata!

Inilah Fungsi Oli Mesin untuk Motor

Nah, melihat hal tersebut, akan lebih baik bila Anda harus mempelajari tentang fungsi oli mesin itu sendiri sebelum Anda membelinya. Karena bila sampai Anda salah pilih, hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi mesin motor Anda tersebut.

Meskipun sebenarnya kegunaan dari oli mesin itu hampir sama seperti fungsi oli pada umumnya. Oli pada dasarnya adlaah digunakan untuk pelumas yang bisa menjaga mesin motor terhadap gesekan piston agar bisa lebih diminimalisir. Selain itu, dengan pemakaian oli inilah juga akan berguna untuk meminimalisir silinder agar performa mesin bisa selalu tetap terjaga, dan proses pembakaran mesin motor pun bisa menjadi lebih sempurna.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Yang pasti, oli mesin 4 tak yang digunakan pada jenis motor ini umumnya mempunyai arah dan jalur sendiri. Jadi, oli mesin itu tidak sama seperti yang digunakan pada oli samping pada umumnya. Karena oli samping ini biasanya dimasukkan secara bersamaan ke dalam tangki bensin. Jadi bisa dibilang bahwa selain bisa meminimalisir terhadap gesekan, beberapa fungsi oli mesin itu pada dasarnya adalah sebagai berikut ini:

Untuk Pengontrol Suhu Mesin dan Berperan sebagai Pendingin

Ada sejumlah merk oli tertentu yang memakai tuttle dengan sebutan ahli dingin. Sebenarnya sebutan ahli pendingin ini tidak hanya sekedar omongan saja. Namun memang ada sejumlah pabrikan oli tertentu yang memang secara khusus menciptakan oli yang berfokus untuk menjadi pendingin terbaik.

Maka dari itulah, fungsi oli mesin ini umumnya adalah agar bisa menjaga temperatur mesin dengan baik. Dengan cara inilah nantinya membuat mesin motor menjadi lebih dingin dan tidak mudah panas dan rusak.

Sebagai Perapat

Selain hal tersebut, kegunaan yang lain dari oli mesin ini adalah untuk merapatkan antara silinder dengan piston. Ini adalah fungsi paling nyata dari oli mesin motor ini.

Sebagai Peredam

Maksud dari fungsi oli mesin disini adalah sebagai peredam  dari gesekan silinder dan gesekan piston. Sehingga, dengan pemakaian oli mesin motor inilah akan bisa selalu menjaga mesin motor bisa lebih tahan lama dan lebih baik.

Membantu Mesin menjadi Anti karat

Pada dasarnya, bagian dari spare part yang dilewati oleh oli ini biasanya lebih kuat dari serangan karat. Itu karena di dalam oli tersebut terdapat sebuah kandungan yang sifatnya adalah bisa melindungi terhadap serangan yang kuat. Namun, dengan pemakaian oli mesin pilihan inilah yang nantinya akan membantu bagian spare part ini lebih tahan terhadap karat. Itulah fungsi oli mesin yang harus diperhatikan bila Anda ingin tahu seperti apakah fungsinya tersebut.

Fungsi Oli Mesin Itu Seperti Ini Lo Ternyata! | Sinta Rizki Fadila | 4.5