Apa sih Fungsi Oli Samping itu? Simak berikut ini!

Apa sih Fungsi Oli Samping itu? Simak berikut ini – Umumnya fungsi oli samping untuk motor 2 tak itu penting sekali. Bahkan bisa dibilang bahwa oli yang satu ini bagaikan sebuah nyawa dari motor 2 tak ini. Dengan kehabisan kadar oli ini di bagian ruang pembakaran mesin motor membuat pembakaran mesinnya menjadi tidak optimal.

Fungsi Oli Samping

Selain itu, piston yang tidak terkena pelumas dengan baik, hal ini membuat piston menjadi macet. Sehingga, motor menjadi berhenti untuk maju. Karena itulah motor menjadi tidak bisa berjalan. Nah, dari sinilah penting untuk mengetahui peran khusus dari oli yang satu ini untuk motor 2 tak milik Anda tersebut. Sehingga, mesin motor menjadi lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: Solusi Bila Tiba-Tiba Kabel Gas Motor Terputus!

Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang mendasari sebagai fungsi oli samping yang harus Anda ketahui untuk menjaga motor 2 tak Anda supaya bisa lebih awet, antara lain:

Untuk Pelumas

Seperti yang telah diketahui, bahwa pada dasarnya fungsi vital dari sebuah oli itu adalah untuk pelumas piston dan juga beberapa part yang telah dilewati oleh oli samping ini. Jadi, bisa dibilang bahwa peran dari oli samping untuk motor 2 tak ini tak jauh berbeda dengan oli mesin untuk motor 3 tak. Yang membedakan hanyalah cara masuknya dan kinerjanya yang berbeda dengan mesin motor 4 tak.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk Vitamin

Yang dimaksud dengan vitamin disini adalah fungsi oli samping itu bisa dijadikan sebagai tambahan khusus untuk ruang bakar mesin motor. Dikarenakan merk, jenis, dan tipe dari oli samping yang tidak sama itu bisa berpengaruh terhadap performa mesin motor. Selain itu, hal ini juga bisa berdampak pada penghematan bbm motor.

Bahkan, ada sejumlah merk oli samping yang ternyata bila dipakai untuk motor 2 tak bisa mengurangi dan juga menambah asap untuk knalpot 2 tak ini. Hal ini menandakan bahwa fungsi oli samping itu penting sekali. Karena bisa mempengaruhi kinerja dari ruang bakar mesin motor. Sehingga, pemilihannya harus diperhatikan dengan baik.

Bisa Membantu untuk Menjaga Keawetan Head dan Silinder

Ini juga merupakan salah satu fungsi oli samping yang harus Anda. Hal ini dikarenakan oli samping ini nanti akan melumuri bagian head dan silinder dimana ini bisa membuat gesekan keras menjadi berkurang, sehingga dapat memperawet head dan siliner motor Anda nantinya. Maka dari itulah, motor harus selalu diberikan oli ini, khususnya untuk motor 2 tak.

Untuk Parfum

Pernahkah Anda mencium bau asap motor 2 tak yang aromanya tidak seperti biasa? Yaitu baunya harum layaknya permen karet atau bahkan sejenisnya. Ini juga yang menjadi salah satu kelebihan dari sejumlah merk oli samping yang beredar di negara kita. Oli samping ini nanti akan berguna untuk pengharum  asap dari knalpot motor 2 tak ini. Sehingga, akan lebih baik bila Anda menggantinya secara rutin.

Sehingga, asap yang dikeluarkan oleh motor ini menjadi tidak begitu bau saat terjadi pembakaran sepeda motor 2 tak ini. Nah, melihat hal tersebut, sudah jelas terlihat bahwa fungsi oli samping itu penting sekali untuk motor ini. Dengan menggunakan oli samping ini untuk motor 2 tak Anda, tentunya ini akan menjaga sepeda motor Anda bisa selalu tetap prima.

Apa sih Fungsi Oli Samping itu? Simak berikut ini! | Sinta Rizki Fadila | 4.5