5 Tanda Ini Bukti Harus Ganti Ban, Bagaimana Motormu?

5 Tanda Ini Bukti Harus Ganti Ban, Bagaimana Motormu – Ketika Anda  menggunakan sepeda motor, maka komponan ban sepeda motor akan menjadi hal utama yang Anda  perhatikan. Ketika ban sepeda motor sudah mulai tidak enak, maka hal yang biasa dan akan Anda  lakukan adalah dengan melakukan ganti ban. Tentunya melakukan ganti ban bukan asal saja.

ganti ban

Akan ada beberapa pertimbangan yang membuat Anda  akan mengganti ban sepeda motor yang telah Anda  pakai tersebut. Kondisi ban sepeda motor yang baik tentunya tidak akan mengharuskan Anda  melakukan ganti ban. Beda halnya dengan kondisi ban sepeda motor yang sudah tipis dan membahayakan, tentunya akan menjadi kewajiban Anda  untuk melakukan ganti ban nantinya.

Baca Juga: Mau Ganti Velg Motor Matic Bekas yang Aman, Ini Tipsnya!

Nah, agar dalam menggunakan motor tersebut Anda  akan merasa nyaman, usahakan memang keadaan dan melakukan pengecekan ban sepeda motor yang masih dalam keadaan baik. Kalau memang ada yang ganjal pada ban sepeda motor tersebut, maka usahakan untuk segera melakukan penggantian.

Gejala Harus Mengganti Ban Motor

Berikut ini ada 5 tanda bagi Anda  untuk segera melakukan ganti ban sepeda motor, diantaranya adalah:

Goyang Saat Berbelok

Tanda pertama untuk melakukan penggantian ban sepeda motor, adalah terasa goyang saat Anda  sedang berbelok. Ketika Anda  menggunakan ban sepeda motor yang dalam keadaan baik, maka saat Anda  sedang berbelok, maka yang akan Anda  rasakan pada ban sepeda motor adalah rasa mulus dan tanpa halangan.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kalau memang keadaan ban sepeda motor sudah mulai goyang padahal Anda  jalan di jalan mulus beraspal, maka hal ini merupakan salah satu tanda kalau ban sepeda motor sudah tidak sebaik awal dan Anda  harus melakukan penggantian pada ban sepeda motor tersebut juga.

Terlalu Membal

Tanda kedua untuk ganti pada ban sepeda motor adalah terlalu membal. Ketika Anda  menggunakan ban sepeda motor yang membal, maka bukan berarti ini merupakan ban dengan kualitas bagus. Untuk ban sepeda motor yang mempunyai kualitas bagi merupakan bahan yang bisa berjalan sesuai dengan shockbeckernya saat dipakai pada jalan yang tidak mulus.

Ketika Anda  menggunakan ban sepeda motor membal, maka hal ini tidak lentur. Dan tentunya dengan hal tersebut, maka ban sepeda motor tidak akan tahan dengan hantaman dari yang ada di jalanan.

Ada Benjolan Di Bagian permukaan Ban

Tanda ketiga untuk melakukan penggantian ban sepeda motor adalah adanya benjolan pada bagian permukaan ban sepeda motor tersebut. Umur ban sepeda motor yang sudah lama bukan berarti sudah bagus untuk dipakai selamanya. Umur ban sepeda motor yang sudah lama biasanya akan ditandai dengan adanya benjolan pada bagian permukaan ban sepeda motor tersebut. Kalau ada benjolan di ban sepeda motor ini juga membuat Anda  bisa bahaya saat menggunakan motor.

Sejajar Dengan TWI

Tanda keempat untuk harus mengganti ban sepeda motor adalah ban yang sudah sejajar dengan TWI. Ketika permukaan dari ban sepeda motor sudah dekat dengan TWI, maka bisa dikatakan memang permukaan dari ban sepeda motor tersebut sudah makin menipis dan harus diganti dengan segera.

Alur Kembang Sudah Menipis

Tanda kelima untuk mengganti ban sepeda motor adalah alur kembang yang sudah makin menipis. Kebanyakan ban sepeda motor memang akan mempunyai alur garis yang melindungi ban dari air. Kalau alur kembang dari ban sepeda motor makin menipis, maka Anda  juga akan mudah tergelincir saat jalan diatas jalan yang basah atau genangan air.

5 Tanda Ini Bukti Harus Ganti Ban, Bagaimana Motormu? | Sinta Rizki Fadila | 4.5