[Tips]Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan ketika touring Motor Jarak Jauh

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan ketika touring Motor Jarak Jauh~Untuk menghilangkan kejenuhan akibat kegiatan sekolah yang padat, anak muda jaman sekarang lebih memilih untuk melakukan touring. Nah, tau nggak touring itu apa? Touring merupakan istilah keren dari melakukan perjalanan jauh.

Touring tentunya memiliki banyak manfaat, diantaranya kita akan merasa senang serta tenang. Dengan touring, kita dapat melihat sejuta keindahan dunia ini yang akan membuat otak kita lebih segar dan segala kejenuhan yang ada akan hilang.

Maka dari itu, touring biasanya dilakukan dengan menggunakan sepeda motor. Salah satu keuntungan jika menggunakan sepeda motor yaitu kita akan merasakan langsung sejuknya hembusan angin dari alam. Selain itu, menggunakan sepeda motor akan lebih praktis dan bebas dari kemacetan yang berkepanjangan karena ukurannya yang lebih kecil sehingga mudah melalui jalanan sempit.

Akan tetapi, touring tentunya tidak semudah dengan apa yang dipikirkan. Dalam hal ini, banyak hal yang perlu dipersiapkan agar touring yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar. Jika ingin mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam melakukan touring, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan ketika Touring Motor

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan ketika touring Motor

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan ketika touring Motor

1.Kendaraan dengan fisik yang baik dan nyaman digunakan

Sebelum touring, kendaraan adalah hal utama yang perlu dipersiapkan. Pilihlah motor yang baik, irit, serta nyaman digunakan. Sebaiknya bawalah motor kalian ke bengkel untuk memeriksa keadaan motor mulai dari kondisi mesin, rantai, ban, klakson, lampu,  kaki-kaki motor, rem depan, rem belakang, dan kaca spion. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik, jika ada yang bermasalah misalnya ban gundul maka segeralah ganti dengan yang baru. Setelah yakin kendaraan kalian aman, maka persiapkanlah hal yang lainnya.

2.Kesehatan

Kesehatan sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu touring. Mengapa? Sangat tidak masuk akal jika berkendara dalam keadaan sakit. Bukannya refreshing malah memperburuk keadaan. Jika tidak sehat, jangan pernah berpikir untuk melakukan touring atau jika kalian akan merasakan sendiri akibatnya.

3.Perlengkapan

Untuk perlengkapan, kita harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan membawa barang yang berlebihan karena akan merepotkan diperjalanan.  Nah terdapat beberapa barang yang diperlukan untuk melakukan touring, yaitu :

– Tool Kit, berguna jika terdapat kerusakan minor misalnya baut motor yang longgar.

-Sarung tangan, digunakan untuk menutupi tangan dari sinar matahari.

-Jaket, berguna untuk menghangatkan tubuh jika perjalanan memakan waktu hingga tengah malam.

-Masker, digunakan untuk menutupi hidung serta mulut dari debu.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

-Flat Tire Repair Kit, Alat ini sangat berguna jika ban bocor apalagi sedang berada di daerah yang jarang ditemukan bengkel maka kalian bisa menambal ban sendiri.

-Jas Hujan, Jika melakukan touring pada saat musim hujan maka jas hujan merupakan alat yang wajib dibawa agar tidak perlu lagi singgah untuk berteduh.

-Pakaian Ganti, digunakan jika melakukan touring motor lebih dari 1 hari agar pakaian tidak bau serta nyaman digunakan saat berkendara. Baju kaos pendek dapat menjadi pilihan kalian sebagai baju ganti ketika touring motor.

-Sandal dan sepatu, pada saat touring kalian dapat memilih sandal atau sepatu yang akan digunakan. Disarankan agar membawa keduanya, sepatu digunakan ketika berkendara agar kaki tidak panas sedangkan sandal digunakan setelah sampai tujuan.

-Kotak P3K, berguna jika salah satu dari teman touring kita jatuh atau kecelakaan sehingga kita dapat mmberikan pertolongan pertama. Obat-obatan yang perlu dibawa yaitu obat merah, perban, minyak gosok, dan minyak kayu putih.

-Uang Secukupnya, diperlukan untuk membeli air mineral ataupun cemilan sehingga tidak kelaparan.

-GPS / Peta fisik, digunakan jika tidak tau arah jalan atau tersesat. Biasanya orang yang sedang touring menggunakan smartphone sebagai GPS.

-Power Bank, digunakan untuk membuat hp bertahan hingga tujuan dengan kata lain digunakan supaya tidak kehabisan daya.

4.Tujuan dan rute

Sebelum melakukan touring, tentunya arah dan tujuan sudah pasti. Semua kemungkinan harus diperhitungkan, misalnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menempuh suatu jalur tertentu dan kita juga harus menentukan tempat persinggahan sehingga tidak kewalaha saat diperjalanan. Yang terpenting adalah rute yang akan kalian lalui harus terjamin keamanannya.

5.Alat Komunikasi

Ketika touring kita harus membawa alat komunikasi yaitu Hp. Sebaiknya membawa Hp android karena Hp android memiliki banyak fasilitas yang dapat berguna untuk melakukan touring. Fasilitas hp android yang berguna yaitu GPS digunakan untuk melihat peta, Internet digunakan untuk mencari informasi tentang tujuan dari touring seperti tempat rekreasi dll, dan kamera yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen.

6.Dokumentasi

Touring tidak lengkap tanpa dokumentasi. Touring merupakan suatu momen indah yang langka serta suatu pengalaman yang tak akan mungkin dilupakan. Maka dari itu, abadikanlah suatu momen yang tidak akan terulang untuk kedua kalinya. Sebaiknya gunakan kamera digital sehingga akan menghasilkan gambar dengan kualitas baik. Jika tidak ada, maka cukuplah gunakan kamera hp yang dimiliki.

Kesimpulan

sebelum melakukan touring, persiapkanlah segalanya dengan baik. Mulai dari kendaraan, kesehatan, perlengkapan, alat komunikasi serta dokumentasi harus dipersiapkan dengan matang. Hal ini bertujuan untuk keamanan serta kelancaran ketika berkendara. Jangan lupa meminta izin kepada orang tua agar dimudahkan segala urusan oleh Allah SWT.

Setelah membaca ulasan diatas, kalian pasti sudah mengetahui hal-hal apa yang perlu dipersiapkan untuk touring. Jangan lupa meminta izin kepada orang tua agar dimudahkan segala urusan oleh Allah SWT. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kalian.

Baca juga artikel sebelumnya : [Rekomendasi] Motor Matic Keren, Irit, dan Paling Ideal untuk Remaja Masa kini

Artikel Terkait:

  • hal-hal yang garus disiapkan ketika akan touring (1)
[Tips]Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan ketika touring Motor Jarak Jauh | yusrilabdulah | 4.5