Inilah Perbedaan Mencolok dari Cafe Racer, Chopper, Bobber, Scrambler

Inilah Perbedaan Mencolok dari Cafe Racer, Chopper, Bobber, Scrambler – Saat ini, motor custom memang sedang hits sekali. Bahkan, bisa dibilang bahwa motor jenis ini sebenarnya sudah ada dari dulu kala. Sejak hadirnya bapak Presiden Joko Widodo yang kerap muncul dengan motor berbentuk custom, bergaa chopper. Hal ini membuat pesona dari motor custom makin meningkat saja. Apalagi, putra sulung dari bapak Presiden, yaitu Gibran ternyata sangat menyukai modifikasi motor juga.

baca juga

Terakhir, motor custom yang digunakannya adalah bergaya cafe racer. Sehingga, hal ini membuat motor ini makin digandrungi banyak orang. Jadi, seperti apakah perbedaan dari setiap motor custom itu? Simak penjelasan perbedaan di antara masing-masing di bawah ini:

Motor Cafe Racer

Motor dengan aliran berupa cafe racer ini memiliki tampilan yang sangat minimalis. Karena modifikasinya sendiri lebih terpaku pada tampilan motor dari Grand Prix di tahun 50-an yang lalu. Umumnya, motor custom ini menggunakan stang jepit dan memiliki model tangki yang terlihat sejajar tepat di bagian ekor motornya yang juga mengapit pada bagian jok pengendara. Sehingga, motor ini lebih sering dinaiki untuk 1 orang saja.

Namun, saat ini banyak para manufaktur sepeda motor mulai memperhatikan minat dari para konsumennya yang tinggi akan model motor berupa cafe racer. Motor ini dapat terlihat pada motor Triump. Karena ada 2 model ini. Yaitu, berbentuk Street Cup dan juga berbentuk Thruxton. BWM sendiri memiliki model berupa R nine T racer, Yamaha XSR 900 Abart, Ducati Scrambler Cafe Racer, Royal Enfield Continental GT, dan juga Harley Davidson XL 1200 CX.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Motor Bobber

Motor boober yang satu ini telah mengawali lahirnya dari modifikasi terhadap motor custom chopper yang ada di daratan AS. Yaitu, sebagai negara yang telah memproduksi lahirnya motor Harley Davidson.  Untuk motor Bobber itu sendiri umumnya memotong dan melepas fender di bagian depan dan belakang agar menjadikan motor ini terasa lebih ringan. Karena umumnya, penampilan dari motor Bobber ini terlihat begitu besar, dan terlihat berat.

Umumnya, motor ini paling enak bila dipakai untuk menempuh perjalanan dari jarak jauh. Karena itulah, motor bobber ini mempunyai kharakteristik yang khas sekali. Yaitu memakai ukuran ban yang lebih tebal dari motor pada umumnya. Bahkan, dari Indian Motorcycle, sudah memperkenalkan sebuah motor Scout Bobber di tahun 2018. Dimana ada beberap bagian motor yang telah didesain ulang. Yaitu di bagian spatboard depan dan juga di bagian belakang. Kemudian, memberikan pilihan warna yang baru pada knalpot dan di bagian velgnya.

Motor ini telah dihadirkan dengan sebuah stang berbentuk street trackter yang lengkap dengan spionnya berbentuk bar end. Untuk di bagian belakangnya sendiri dilengkapi pula dengan jok tunggal yang memiliki lapisan kulit yang sangat ipis.

Motor Chopper

Motor yang satu ini sangat mengutamakan penampilan dari karakter sang pengendara dan juga penampilan motornya.  Performa mesinnya benar-benar handal. Di bagian rangkanya sendiri menjadi sudut kemiringan pada fork depan, dengan posisi duduk yang dibuat lebih rendah. Untuk handle barsnya sendiri diganti dengan berbagai macam pilihan type. Dari yang berbentuk extreme high bars sampai dengan yang berbentuk extreme low bars.

Motor Scrambler

Untuk motor custom yang satu ini menggunakan  roda dual purpose. Untuk stangnya berbentuk fatbar, ada pula ground clerarance dan juga posisi knalpot yang dibuat lebih tinggi untuk mengoptimalkan fungsi motor.

 

Inilah Perbedaan Mencolok dari Cafe Racer, Chopper, Bobber, Scrambler | Sinta Rizki Fadila | 4.5