Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic – Sobat Otorider tentu menyadari bahwa sepeda motor matic saat ini semakin diminati, permintaan konsumen terhadap motor dari tahun ke tahun memang selalu meningkat, sehingga tak heran kini motor matic dapat dengan mudah dilihat di hampir semua tempat, mungkin sobat Otorider pengguna motor bebek atau motor gede kadang bertanya, kira-kira apa sih hebatnya motor matic? kenapa kok semakin banyak yang pakai? Nah demi menjawab rasa penasaran Sahabat Otorider, dalam ulasan kali ini tim otorider.net telah menyiapkan bahasan tentang motor matic Yamaha, motor matic Honda dan Motor matic Suzuki.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Jika kita berbicara tentang inovasi baru, bukan berarti selalu punya nilai plus sebab pasti akan ada kekurangannya juga, hal itu berlaku juga pada motor matic, walaupun motor adalah seri keluaran lebih baru, pastinya akan ada kelebihan dan kekurangan motor matic dan manual dibanding motor bebek atau motor kopling, daripada terus bertanya-tanya, yuk disimak ulasan lengkap kelebihan dan kekurangan motor matic dan manual yang telah disiapkan berikut ini:

Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Simak juga ulasan : Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic 

Kelebihan Motor Matic

  • Dalam hal kenyamanan berkendara, kelebihan dan kekurangan motor matic yamaha sudah pasti motor matic lebih unggul karena motor jenis ini memang didesain khusus untuk kenyamanan.
  • Pada awalnya Motor matic memang didesain untuk wanita, desain praktis dan luwes disesuaikan dengan kepribadian kaum hawa sehingga lebih mudah digunakan oleh pemula.
  • Pengguna motor matic lebih simple tanpa perlu oper-oper gigi porseneling, khususnya di jalan macet atau tanjakan, cukup tancap gas untuk maju dan rem untuk berhenti.
  • Ruang yang sangat longgar untuk meletakkan kaki, bahkan bisa digunakan untuk meletakkan benda besar lain seperti tas atau gallon air dengan nyaman.
  • Bahkan untuk motor matic berukuran jumbo lebih nyaman untuk perjalanan jauh dengan membawa barang (seperti mudik).
  • Roda motor matic umumnya lebih kecil dan pendek sehingga akan lebih lincah digunakan untuk meliuk dijalanan yang ramai, hal ini terbantu juga dengan sifat gigi matic-nya.

Kelemahan Motor Matic

  • Konsumsi bahan bakar motor matic lebih boros sekitar 10% – 15% dibandingkan motor bebek dengan kelas yang sama, hal ini dikarenakan saat tarikan gas awal motor matic memerlukan energy gas lebih besar dari motor bebek sehingga putaran sentrifugal akan cukup menghasilkan gaya untuk memutar roda motor matic, apalagi jika motor matic terjebak macet, motor akan sering berhenti stop and go , sehingga tarikan awal yang hanya mengandalkan putaran sentrifugal sering dilakukan, juga saat melewati tanjakan panjang motor matic menimbulkan lebih banyak beban mesin karena tidak bisa menyesuaikan gigi, sementara motor kopling bisa menyesuaikan beban mesin melalui gigi-nya.
  • Karena diameter roda motor matic lebih kecil (dari motor bebek), menyebabkan ketidaknyamanan saat melewati jalan berlubang atau tidak rata.
  • Motor matic mengandalkan belt dan sentrifugal agar putaran roda sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan, maka dari itu pergantian belt secara berkala perlu dilakukan, harga sparepart belt ini masih tergolong cukup mahal.
  • Pada saat motor matic melewati jalan turunan curam, pengguna matic harus sering menekan rem agar bisa menyesuaikan kecepatan yang dikehendaki, akibatnya rem motor matic akan lebih cepat habis dan kanvas rem cepat gosong sehingga harus sering diganti atau dirawat agar menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, sementara motor kopling bisa menyesuaikan gigi saat berada di turunan, jadi motor ini lebih aman saat turunan dan lebih jarang mengerem sehingga kanvas rem lebih awet.
  • Akibat beban mesin motor matic lebih besar dari motor bebek, membuat mesin matic lebih cepat panas (terjadi pada motor matic produksi awal –awal), namun akhir –akhir ini motor maatic diproduksi menggunakan teknologi Liquid Cooler, sistim pendinginan menggunakan cairan ini bisa menjaga suhu mesin lebih stabil saat digunakan.

Galeri Motor Matic

Galeri Motor Matic CBU

Galeri Motor Matic Yamaha T-MAX

Galeri Motor Matic Yamaha X-Ride

Galeri Motor Matic Yamaha-X-Ride Trail

Galeri Motor Matic Honda Scoopy

Nah setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic kini Sobat Otorider bisa membandingkan kinerja matic dengan motor transmisi manual, sebenarnya kelebihan dan kekurangan motor matic honda ini bisa disesuaikan dengan selera atau kebutuhan Anda pecinta motor.

Demikian ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Motor Maticsemoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

kelebihan dan kekurangan yamaha x ride, kelemahan yamaha x ride, kelemahan x ride, plus minus yamaha x ride, motor matic, kelebihan dan kekurangan x ride, kekurangan yamaha x ride, kelebihan dan kekurangan xride, kelebihan dan kekurangan yamaha x ride 2015, kelemahan motor matic
Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic | Sabian | 4.5