Jangan Sembarangan Memakai Tutup Pentil, Bisa Pelek Rusak

Jangan Sembarangan Memakai Tutup Pentil, Bisa Pelek Rusak – Sekarang ini pilihan tutup pentil sudah semakin banyak ditawarkan. Selain itu, model dan warnanya pun juga semakin banyak. Sehingga, kita punya banyak pilihan untuk digunakan pada pelek kita. Namun meskipun begitu, jangan pernah sembarangan dalam memakai tutup ini.

Jangan Sembarangan Memakai Tutup Pentil, Bisa Pelek Rusak

Mau tahu kenapa?

Karena bila memakai tutup ini sembarangan, hal ini akan membuat pelek Anda bisa rusak. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan baik-baik dalam memilih tutup ini. Karena, bagaimana pun juga, tutup yang diletakkan pada ban sepeda motor ini sangat berperan penting sekali terhadap sebuah motor. Meskipun sayangnya ad abanyak yang masih melupakan akan fungsinya tersebut. Namun, ada juga yang memakai produk after market ini yang berasal dari logam.

Baca juga: Bila Ada Xabre senilai 13 Juta, Mau?

Yang pasti, perlu Anda ketahui bahwa tutup pentil ini pada dasarnya berperan penting sekali sebagai pelindung supaya kotoran tidak bisa masuk ke dalam lubang. Selain itu, kotoran juga tidak dapat mengganggal katup dan bisa menghindari terjadinya kebocoran. Hal ini terjadi dikarenakan tutup ini bisa berguna untuk mencegah masuknya angina ban yang terbuang ketika terjadi kebocoran halus di bagian katup pentil ini.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Namun, sekarang ini ada banyak sekali tutup pentil yang berasal dari after market yang menggunakan bahan dari logam. Sekalipun akan terlihat menarik bila dilihat dari segi desain dan juga dari segi warnanya, dan tutup ini juga bisa menjadikan motoris Anda telrihat lebih berbeda dibandingkan yang lainnya. Namun tetap saja Anda harus memperhatikan tentang berat dari tutup yang berasal dari logam tersebut.

Jangan memilih tutup yang terlalu berat. Karena, biasanya tutup after market yang digunakan untuk sepeda motor ini bentuknya jauh lebih ringan dan lebih pendek dari tutup yang digunakan untuk mobil. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan hal ini dengan baik-baik. Agar nantinya Anda tidak salah memilih tutup ini untuk motor Anda tersebut.

Karena, bila dipakaikan untuk mobil, sebenarnya tutup yang berasal dari logam ini tidak begitu berpengaruh terhadap pelek mobil. Hal ini dikarenakan pelek yang digunakan pada mobil ini umumnya jauh lebih lebar dan lebih tebal. Sedangkan untuk di bagian pelek motor, bila memakai tutup pentil yang berasal dari logam, hal ini akan membuat pelek menjadi cepat rusak.

Hal ini dikarenakan ketika Anda sedang melaju menggunakan sepeda motor Anda dengan kecepatan tinggi, hal ini akan dipengaruhi oleh gaya sentrifugal yang akan membuat seolah-olah seperti sedang mencabut pentil yang diletakkan pada pelek motor.

Sekalipun pengaruhnya ini sedikit, hanya saja untuk pelek tubeless dan pelek alloy, gaya yang telah disebutkan tersebut akan membuat sela karet menjadi digeser secara tidak langsung. Otomatis bila hal ini terjadi secara terus menerus, hal ini akan membuat angina ban menjadi bocor. Nah, di dalam ban yang dilengkapi dengan ban dalam ini, gaya tersebut akan menjadikan leher pentil seakan-akan digeser ke bagian lubang pelek.

Selanjutnya, lama kelamaan nanti hal tersebut bisa membuat terpapas di bagian kondisi yang ekstrem. Melihat hal tersebut, akan lebih baik bila Anda lebih memperhatikan tentang keamanan dan kenyamanan dari pada melihat dari segi keindahannya saja. Karena, untuk apa indah bila membaut Anda bisa merasa tidak aman saat berkendara. Tentu saja hal ini akan membuat keamanan dan kenyamanan Anda justru akan terganggu bila tidak bisa memilih tutup pentil dengan benar.

Jangan Sembarangan Memakai Tutup Pentil, Bisa Pelek Rusak | Sinta Rizki Fadila | 4.5