Jika Bearing Motor Rusak, Maka Perhatikan Ini!

Jika Bearing Motor Rusak, Maka Perhatikan Ini – Bila bearing motor Anda rusak, maka sebaiknya harus segera diperbaiki sebelum akhirnya berdampak buruk bagi motor Anda nantinya. Karena, meskipun alat ini ukurannya kecil, namun ternyata bearing yang terdapat di bagian as roda itu berperan penting sekali terhadap sebuah kendaraan. Dimana salah satu fungsi utamanya adalah sebagai penstabil dan memperlancar putaran terhadap roda kendaraan motor. Itu artinya, jika bearing tersebut rusak, otomatis hal ini bisa mempengaruhi terhadap pemakaian kendaraan bermotor tersebut di jalanan yang menjadi tidak nyaman dan tidak aman. Tapi, seperti apakah pertanda bila bearing sedang rusak?

Baca Juga : Tips Memilih Ban Motor untuk Jalanan yang Tidak Mulus

Saat Anda merasa bahwa motor Anda seperti sedang goyang ketika sedang dikendarai, maka ini bisa dijadikan sebagai salah satu indikasi bahwa bearing motor Anda sedang rusak dan bermasalah. Bila hal ini sudah terjadi pada mesin motor Anda, dan harus segera mengganti bearing lama ini dengan bearing yang baru. Bila tidak, hal ini bisa membuat komponen motor yang lainnya menjadi ikut-ikut menjadi rusak.

Misalnya saja seperti tromol. Bahan ini adalah salah satu alat yang pertama kali akan terkena dampak buruk bila bearing sedang rusak namun masih saja digunakan. Ketika motor yan gberjalan tersebut berjalan dengan goyang-goyang, otomatis hal ini akan membuat posisi tromol dan rodanya menjadi tidak sesuai. Tentu saja posisi yang tidak simetris ini bisa membuat tromol menjadi rusak. Akibatnya, tidak hanya rusak saja, namun tromol ini menjadi kelihatan seperti bergelombang juga.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Selanjutnya, masih ada juga kampas rem. Saat terjadi kerusakan pada bearing motor, dan kemudian Anda tetap memaksakan untuk memakainya, maka hal ini bisa membuat kampas rem yang awalnya tidak habis merata namun justru menjadi cepat sekali aus. Hal ini dikarenakan adnaya tekanan yang terjadi secara tidak normal pada roda. Hal ini bisa terjadi karena bearing sedang rusak. Sehingga, hal ini bisa membuat kampasnya hanya mengigit pada 1 bagian tromol saja yang kemudian akan membuat kampas remnya menjadi bermasalah lagi.

Komponen yang lain yang bisa menjadi imbas bila bearing motor sedang rusak namun tidak segera diganti adalah rantai ban, gear, suspensi, shock breaker, beserta mesin motor. Semuanya itu bisa terkena getahnya bila Anda tidak segera mengganti bearing yang rusak. Karena itulah jangan pernah sepelekan pemakaian bearing ini. Bila terjadi masalah, maka segera saja ganti yang baru agar permasalahannya tidak sampai merambat jauh.

Sebenarnya ada sedikit hal yang bisa membuat bearing menjadi rusak dan cepat bermasalah. Yaitu, pertama karena jalanan yang dilewati oleh motor itu terlalu ekstrim, sering melintasi jalanan yang bergelombang, dan juga sering melewati jalanan yang berlubang. Otomatis hal ini akan membuat bearing lebih sering terkena hantaman saat melintasi jalanan yang bergelombang tersebut.

Penyebab yang lainnya adalah karena bagian tutup pelindung karet atau sealnya sedang rusak. Sehingga, air dan debu dapat secara langsung masuk ke dalam bearing. Bila sudah begitu, maka jika dibiarkan secara lama kelamaan bearingnya menjadi berkarat dan rusak. Penyebab yang etiga adlaha karena proses pemasangan bearing yang salah. Umumnya saat sedang memodifikasi sebuah kendaraan bermotor, dibagian rodanya akan diganti menggunakan velg; velg atau ban gambot ; ban cacing atau ban kecil.

Bahkan, terkadang bearing yang diletakkan tidak sesuai pada wadah, ha ini bisa membuat bearing menjadi cepat rusak.

 

Jika Bearing Motor Rusak, Maka Perhatikan Ini! | Sinta Rizki Fadila | 4.5