Kampas Kopling Cepat Aus? Intip Solusinya!

 Kampas Kopling Cepat Aus? Intip Solusinya – Kampas kopling penyebab persoalan yang kerap kali dialami oleh pengendara motor, dimana motornya selalu merasakan kehausan. Padahal sebenarnya anda baru saja mengecek dan memastikan ketersediaan kampas pada kopling motor, tetapi tidak disangka sudah habis kembali dan terasa boros sekali.

Kampas Kopling

Padahal anda sendiri telah memastikan bahwa anda telah menyertai motor seperti biasanya, tidak ada yang aneh dan masih mencangkul jarak tempuh yang sama setiap harinya. Terapi permasalahan ini, terus saja terjadi dan sulit untuk dimengerti. Apa yang sebenarnya terjadi pada motor anda ?

Penyebab Kampas Kopling Yang Sering Haus Ternyata Ini

Bukan hanya permasalahan seputar pemakaian saat berkendara saja yang dapat mempengaruhi borosnya penggunaan kampas pada kopling, tetapi juga masih ada diantaranya penyebab lainnya yang menimbulkan permasalahan pada bagian motor tersebut.

Baca Juga: Perseleneng Motor Jadi Begini Akibat Kalian Sering Lakukan Ini

Yang dapat memicu dan menjadi penyebab lainnya dari permasalahan ini adalah proses perakitannya, tepatnya ketika anda melakukan kegiatan bongkar pasang dan ganti komponen baru pada motor. Seperti yang dikatakan oleh seorang juragan dari sebuah produk kampas kopling, yang sudah memiliki nama terkenal namanya adalah Robert Chong.

Dimana ia menjelaskan ada sekian banyak titik penyebab diantaranya seperti, tingkat kualitas dari produk kampas dan pelumas yang digunakan pada motor.

“ Banyak sumber yang menyatakan penyebabnya tipikal berkendara, kualitas pelumas dan kampas. Bukan semuanya karena itu “ jelasnya ( Robert Chong )



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Ia juga menjelaskan secara lebih lanjut, untuk mengecek bagian pelat kopling dimana anda harus dapat memperlihatkan posisi dari lingkar luar. Sebab pelat benar – benar harus bisa terpasang dengan posisi yang baik dan benar, karena apabila salah posisi maka bagian permukaannya akan tergerus dan hal tersebut yang dapat menyebabkannya menjadi cepat haus. Beda halnya dengan kampas, mau terpasang dengan posisi apapun tidak akan bermasalah dan berpengaruh apapun

Dimana ada yang perlu anda perhatikan dalam hal pemasangan, agar tidak terpasang secara terbalik dan dapat berakibat pada borosnya kampas. Dimana pada posisi dari lingkar luarnya, terlihat sisi yang sedikit bundar dan sisi lain bersiku dengan ketajaman yang berbeda.

Cara pemasangan yang perlu diperhatikan adalah melihat bagian dari lingkar luar pada siku yang tampak tajam atau tampak bundar apabila diposisikan kearah bagian dalam. Dan perlu dihindari posisi berhadapan yang terjadi pada ke -2 bentuknya.

Hal ini ditegaskan oleh seorang mekanik dari Bekasi yang bernama Andre Bule, ia berkata perlu dihindari adanya pemborosan yang diakibatkan kelirunya pemasangan, yang setelah memperhatikan ketepatan pemasangan anda juga perlu menggunakan pelumas terbaik.

Seperti ini kata – katanya “ Hindari pemborosan kampas kopling karena kesalahan pemasangan kedua bagian yang bersiku tajam dan bagian bundar itu. Baru setelah itu pakailah pelumas dengan kualitas sesuai kendaraan dan perbaiki cara berkendaranya “

Dan sebagai tambahannya yang perlu diperhatikan sebagai poin tambahan dari solusi kampas pada kopling yaitu, sebaiknya sebelum dipasang rendam terlebih dahulu selama 1 jam saja menggunakan oli dan boleh saja menggunakan yang bekas tidak masalah.

Dengan melakukan cara yang disarankan diatas, maka anda akan mendapatkan motor yang komponen kampas kopling tersebut terasa padat lebih dari sebelumnya, serta akan dapat dengan mudah bersatu dengan bagian pelatnya.

Hal ini dijelaskan oleh mekanik motor bernama Wibowo, yang berkata “ Dengan cara redam ini, kampas kopling akan lebih padat dan langsung menyatu dengan pelat. Jauh lebih awet bila tak direndam. Untuk merendamnya cukup 1 jam sebelum dipasang “

Kampas Kopling Cepat Aus? Intip Solusinya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5